Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk Lembut

Tips Rahasia Resep Donat Kentang Spesial Anti Bantat

  • Tepung yang digunakan harus menggunakan tepung berprotein tinggi. Biasanya sih yang bagus tepung cakra atau tepung yang memang dibuat untuk membuat mie ataupun roti.
  • Telur ayam yang digunakan untuk membuat adonan resep donat kentang jangan yang dingin ya. Kalau memang sudah dimasukkan ke kulkas keluarkan terlebih dahulu dan tunggu sampai beberapa menit atau jam sampai tercapai suhu ruang.
  • Adonan donat harus diuleni atau diaduk dengan tangan sampai benar benar kalis dan elastis. Jadi kalau adonan donat nya ini ditarik tarik tidak putus dan melar seperti karet.
  • Setelah diuleni diamkan dan tutupi dengan serbet kain basah atau plasti supaya nanti adonat donat kentang nya bisa mengembang sempurna.
  • Suhu saat proses cara membuat donat kentang sangat berpengaruh terhadap proses pengembangan adonan donat. Semakin dingin suhu di ruangan tersebut akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Jadi sesuaikan saja. Sebagai patokan adonan harus mengembang kurang lebih 2 kali dari sebelum didiamkan.
  • Ragi untuk mengembangkan adonan donat ini bersifat unik dan tidak bisa ketemu langsung dengan garam. Jadi saat garam dan mentega akan dimasukkan adonan harus setengah kalis terlebih dahulu.
  • Minyak goreng harus banyak saat menggoreng dan jangan terlalu panas supaya nanti tidak cepat gosong.
Kumpulan Resep Makanan - Selain donat kentang, sebenarnya kita juga bisa membuat aneka donat lain untuk cemilan anak anak ataupun anggota keluarga lain di rumah. Sebut saja donat madu khas Bandung, donat kampung ataupun donat JCO. Nah kalau donat yang terakhir itu menggunakan tepung khusus, yaitu tepung komachi yang membuatnya mempunyai tekstur lembut dan berongga dibagian dalamnya. Masing masing variasi resep kue diatas mempunyai bahan dan cara sendiri. Mungkin lain kali bisa dicoba supaya tidak bosan. Untuk bahan dan cara membuat donat kentang lembut, empuk dan anti bantan bisa dilhat dibawah ya.


Bahan bahan
  • Bahan utama adalah tepung terigu yang berprotein tinggi yang biasanya dibuat untuk mie rumahan atau roti kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Tunggu kentang halus sampai dingin ya sebelum dicampur dengan bahan adonan donat kentang lainnya supaya raginya nanti bisa bekerja maksimal.
  • Telur ayam diambil bagian kuningnya saja kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Ragi atau fermipan kualitas bagus supaya mengembang sempurna kurang lebih sebanyak 11 gram saja.
  • Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 75 gram.
  • Susu bubuk kurang lebih sebanyak 50 gram.
  • Gula halus atau biasa disebut juga gula kastor kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  • Air dingin secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 ml saja.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng donat nya.

Cara membuat donat kentang
  1. Pertama ayak tepung terigunya kalau diperlukan sampai benar benar halus dan terbebas dari kotoran.
  2. Ambil wadah buat adonan dan masukkan tepung protein tinggi bersama dengan ragi, gula halus dan susu bubuknya. Aduk aduk menggunakan spatula semua bahan resep donat kentang tadi sampai rata.
  3. Cara membuat donat kentang berikutnya adalah tuang kentang yang sudah dihaluskan bersama dengan 4 butir telur ayam dan air dinginnya kemudian aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai tercampur rata dan setengah kalis.
  4. Masukkan garam dapur beryodium dan menteganya kemudian uleni kembali menggunakan tangan sampai benar benar kalis dan terlihat licin di permukaan adonan donatnya.
  5. Diamkan adonan yang sudah kalis tadi supaya mengembang kurang lebih selama 21 menit sampai 30 menit. Sebaiknya bagian atasnya ditutupi dengan kain serbet ya.
  6. Setelah itu ambil adonan donat kentang tadi secukupnya kemudian bentuk bulatan dan beri lubang ditengahnya seperti seperti roda.
  7. Ulangi sampai adonan resep donat kentang nya habis setelah itu diamkan dan tutupi kembali supaya mengembang dan empuk kurang lebih 20 menit sampai setengah jam.
  8. Siapkan penggorengan dengan minyak cukup banyak untuk menggoreng donat kentangnya.
  9. Masukkan donat yang sudah dibentuk kemudian goreng sampai berubah warna kemudian balik. Sebaiknya goreng menggunakan supit sambil agak diputar supaya bentuk bagian tengahnya rapi dan bagus dan tidak berantakan.
  10. Setelah matang angkat dan tiriskan sebelum ditaburi dengan gula halus atau dihias.
Selesai sudah cara membuat donat kentang empuk dan super lembut dengan bahan sederhana diatas. Ternyata tidak sesulit yang kita perkirakan bukan. Asal mengikuti tips dan langkah langkah cara buat donat diatas,

Post a Comment