Thursday, 8 March 2018

Artikel Fungsi Gendang Melayu Alat Musik Tradisional

loading...
Fungsi Gendang Melayu Alat Musik Tradisional. Gendang Melayu dan jenis Gendang lainnya pada dasarnya sama, sebab alat musik tersebut adalah alat musik yang sejenis. 

Cara Pembuatan Alat Musik Gendang Melayu

Dalam Pembuatan alat musik ini dengan cara melubangi bagian kayu menggunakan peralatan tradisional sehingga membentuk dan menghiasi gendang. walaupun cara tersebut cukup menguras tenaga karena harus menghaluskan bahan baku agar suara yang dihasilkan terdengar sempurna. Maka Pilihlah pohon dengan lingkaran kayu yang besar, kemudian di potong dengan ukuran 35-45 cm. pada bagian kayu dilubangi dengan pahat hingga tipis. dan bagian muka tempat menempel kulit dibuat agak tipis kira-kira setebal ibu jari. Pada bagian belakangnya dibuat agak tebal dan diberi lingkaran setebal setengah atau 2 jari, dan kayu yang biasanya digunakan adalah dari jenis kayu mahoni. Sedangkan kulitnya biasanya menggunakan kulit hewan ternak seperti kambing. 
 


Fungsi Alat Musik Gendang Melayu

Pada Zaman Dahulu gendang dipakai sebagai pengiring dalam seni bela diri pencak silat yang sampai sekarang masih digunakan dibeberapa daerah diindonesia selain itu biasa juga digunakan sebagai musik iring-iringan pengantin, menyambut tamu dan lain lain. Serta kadang digunakan dalam pementasan seni.

Cara Memainkan Alat Musik Gendang Melayu

Alat musik Gendang melayu ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan sambil dipeluk dalam posisi duduk. Agar bunyinya lebih nyaring pada lingkaran kulit bagian dalam dipasak dengan menggunakan rotan bulat disebut sentung.  gendang ini lazimnya digunakan untuk polaritme lagu-lagu daerah serta pengiring tari,serta lagu-lagu melayu.

Artikel Terkait