Thursday, 8 March 2018

Cara Membuat Nasi Goreng Ayam Udang Enak

loading...

Mudahnya Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Di Rumah

Kumpulan Resep Makanan - Sebenarnya cara membuat nasi goreng itu tergantung selera bumbu masing-masing dan juga bahan pelengkap kesukaan masing-masing. Dengan menggunakan tambahan aneka bahan  dan bumbu-bumbu akan membuat nasi goreng ini semakin nikmat. Mau lebih mudah lagi? Saat ini bahkan sudah tersedia bumbu nasi goreng instan yang sudah jadi. Tinggal mencampur dengan sedikit bumbu lain dan nasi putih, maka jadilah resep nasi goreng spesial yang enak dan lezat. Tetapi bagi mama muda atau remaja putri yang belum berpengalaman dalam hal memasak nasi goreng, memang sebaiknya jika belajar dulu dan mengikuti panduan yang sudah ada. Di panduan resep nasi kali ini kita akan memberikan cara membuat nasi goreng yang lengkap dengan menggunakan bumbu nasi goreng ala restauran sehingga membuatnya spesial.
Cara membuat nasi goreng rumahan ini memang mudah dan sederhana. Tetapi tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya lezat dan mantap. Faktor pertama untuk membuat resep nasi goreng yang enak adalah nasi putihnya. Nasi putih yang kita gunakan harus pas tingkat kelembekannya. Sangat disarankan untuk menggunakan nasi yang gembur atau sedikit pera untuk memasak nasi goreng. Hal ini supaya butiran nasinya tidak lengket satu sama lain saat dimasak dan digoreng. Selain itu supaya bumbu nasi gorengnya bisa benar-benar meresap di tiap butiran nasinya.

Selain enak dan lezat, resep nasi goreng yang akan kita masak nanti juga banyak mengandung nilai gizi lho. Dari sepiring nasi goreng yang kita buat mengandung protein, karbohidrat dan beberapa vitamin penting lainnya. Belum lagi dari kandungan gizi udang, telur ataupun daging ayam sebagai pelengkapnya. Pasti sudah penasaran bukan cara memasaknya, yuk simak resep cara membuat nasi goreng enak dengan bumbu spesial berikut ini.

Bahan Untuk Membuat Resep Nasi Goreng
  1. Bahan utama berupa nasi putih sebanyak dua piring. Pilih dan gunakan nasi yang gembur atau pera karena lebih mudah untuk digoreng daripada nasi yang lembek. Dinginkan nasi sebelum digunakan sampai benar-benar dingin dan tidak ada uapnya.
  2. Daging ayam goreng yang sudah matang yang sudah disuwir-suwir atau diiris kecil secukupnya.
  3. 5 butir bakso daging lalu iris tipis-tipis. Bisa juga diganti dengan sosis siap saji.
  4. Telur ayam ukuran sedang sebanyak 1 sampai 2 butir saja.
  5. 100 gr daging udang segar, bersihkan bagian dalam dan kupas kulit luar nya.
  6. 3 siung bawang merah ukuran sedang, bersihkan dengan cara mengupas kulit bawang bagian luarnya.
  7. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak dua siung saja. Bersihkan dan kupas kulit bagian luarnya.
  8. 2 buah cabe rawit ukuran sedang. Bisa lebih kalau memang suka pedas.
  9. Daun bawang segar kurang lebih 1 batang ukuran sedang. Cuci bersih daun bawangnya dan iris-iris. Bisa juga diganti dengan daun bawang prei.
  10. Tiga sendok makan margarin untuk menggoreng.
  11. Merica bubuk atau halus setengah sendok kecil atau sesuai selera.
  12. Kecap manis kental sesuai selera.
  13. Garam dapur dan penyedap makanan secukupnya sesuai selera.
Langkah Cara Membuat Resep Nasi Goreng
  1. Langkah pertama adalah uleg dengan tangan dan haluskan bumbu-bumbu nasi goreng tadi seperti bawang merah, bawah putih dan buah cabe rawit sesuai selera.
  2. Setelah itu siapkan wajan penggorengan dan panaskan. Biarkan dulu sampai panas kemudian masukkan mentega sebanyak kurang lebih tiga sendok makan saja.
  3. Kemudian panaskan hingga mentega menjadi cair.
  4. Setelah itu masukkan telur diatas ke dalam ajan penggoregan. Aduk terus sehingga menjadi orak-arik.
  5. Langkah selanjutnya masukkan bumbu nasi goreng yang sudah diuleg tadi kedalam wajan. Aduk semua bahan terus hingga bumbu matang dan keluar aroma khas yang sedap.
  6. Masukkan udang yang sudah dikupas tadi bersamaan dengan beberapa irisan bakso tau sosi dan ayam yang sudah disuwir.
  7. Aduk terus semua bahan tadi sampai daging udang berubah warna.
  8. Setelah itu masukkan irisan daun bawang yang sudah diiris-iris kedalam wajan kemudian aduk sebentar.
  9. Ketika semua bahan hampir matang, tuang nasi putih yang sudah dipersiapkan kedalam wajan.
  10. Aduk-aduk dengan bumbu lain sampai merata dengan nasi putihnya.
  11. Kemudian tuang bahan-bahan lainnya seperti garam dapur, merica halus, dan kecap manis. Aduk lagi bersama dengan bahan lain sampai bumbu nasi gorengnya tercampur rata.
  12. Aduk-aduk terus semua bahan nasi dan bumbu nasi gorengnya selama kurang lebih lima menit atau sampai semua bahan matang.
  13. Tes rasa apakah rasa nasi goring sudah pas di lidah atau belum. Jika belum maka bisa diberikan garam dapur dan kecap sedikit saja.
  14. Kemudian aduk lagi semua bahan sampai benar-benar merata disemua bagian.
  15. Ambil piring atau mangkuk dan tata nasi goreng tadi di atas piring sajian.

Artikel Terkait