Sunday, 11 March 2018

Resep Cara Memasak Ayam Bakar Bumbu Kuning Lezat Gurih

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Teman-teman mungkin pernah menjumpai pedagang ayam keliling setengah jadi yang sudah dibumbui disekitar rumah. Biasanya ayam yang mereka jual kan berwarna kuning bukan. Nah itulah resep masakan ayam yang menggunakan resep dasar bumbu kuning. Kebanyakan dari kita mungkin sering membeli barang yang dijual pedagang tersebut. Rasanya yang enak, lezat dan harga yang sangat terjangkau memang menjadikan daya tarik tersendiri. Yang paling penting lebih praktis, pas sekali apabila kita lagi malas malasnya masak di rumah. Tinggal digoreng, jadilah resep masakan ayam yang enak buat menu resep masakan sehari-hari di rumah. Padahal selain digoreng, ayam yang kita beli tadi bisa juga dibuat ayam bakar lho. Cara membuat ayam bakar bumbu kuning sangat mudah. Tinggal ayam yang kita beli tadi dibakar di atas bara api. Atau kalau lagi malas bisa dipanggang di oven atau dibakar diatas teflon anti lengket.
Sesuai dengan warna dasar bumbunya, resep dasar bumbu kuning yang kita gunakan ini memang menggunakan rempah kunyit sebagai salah satu bahan utamanya. Tentu saja ada rempah-rempah lain yang digunakan sehingga resep ayam bakar bumbu kuning ini rasanya lezat dan mantab. Seperti batang serai, lengkuas, jahe dan tentu saja bawang putih dan merah. Tetapi memang kunyit lah yang membuat bumbu ayam bakar ini mempunyai ciri khas warna kuning yang cantik.

Yang paling penting dan yang menjadi rahasia atau tips cara membuat ayam bakar bumbu kuning ini supaya gurih, enak dan lezat terletak pada santan dan kunyitnya. Santan yang digunakan harus santan alami atau yang didapat dari perasan buah kelapa. Selain itu kunyit yang digunakan harus dibakar dahulu sebelum dihaluskan bersama dengan resep dasar bumbu kuning lainnya. Hal ini supaya aroma khas kunyitnya lebih harum dan warnanya nanti juga lebih bagus dan cantik tampilannya. Tentu saja, untuk membuat resep masakan ayam bakar yang super enak dan lezat, sebaiknya kita menggunakan ayam kampung. Tetapi kalau tidak ada, ayam potong atau ayam negeri pun bisa kita buat untuk resep ayam bakar bumbu kuning ini. Untuk bahan dan bumbu kuning selengkapnya silahkan lihat dibawah ini ya.

Bahan Resep Ayam Bakar Bumbu Kuning Spesial

  1. Bahan utamanya berupa ayam segar yang baru dipotong ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 ekor. Sebaiknya menggunakan ayam kampung atau ayam negeri.
  2. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 7 sampai 8 lembar saja. Cuci bersih daunnya kemudian buang bagian tengah tulangnya.
  3. Parutan kelapa ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 0.5 buah saja. Peras kelapanya dan ambil santannya kurang lebih sebanyak 400 ml saja.
  4. Cengkeh kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  5. Serai yang diambil bagian batang putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih lalu geprak dan memarkan.
  6. Kapulaga kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja. Larutan ini bisa dibuat dari campuran 2 sendok air bersih dengan 1 sendok kecil asam jawa.
  8. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.75 sendok makan.
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis resep ayam bumbu kuningnya.

Bahan Resep Dasar Bumbu Kuning nya

  1. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari atau kira-kira 3 cm saja. Bakar kunyitnya sebelum dihaluskan dengan bumbu lain.
  2. Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Goreng kemiri tanpa minyak atau sangrai sebentar.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs saja.
  5. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 cm saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  6. Pala halus atau bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1.2 sendok kecil saja.
  7. Jintan sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  8. Ketumbar butir kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  9. Adas manis kurang lebih bsebanyak 0.25 sendok kecil saja. Bisa dihilangkan kalau susah mencarinya.
  10. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 cm saja.
Cara membuat ayam bakar bumbu kuning sederhana
Cara membuat ayam bakar bumbu kuning mudah

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kuning Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama potong ayam kampung atau ayam negeri yang akan dimasak menjadi 4 sampai 8 potong sesuai selera.
  2. Cuci bersih dengan air mengalir supaya sisa darah dan kotoran lainnya yang ada di daging ayamnya hilang kemudian tiriskan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, kunyit, ketumbar dan bumbu ayam bakar lainnya sampai halus. Sebaiknya diuleg dengan tangan supaya aroma dan bumbunya lebih harum daripada menggunakan blender.
  4. Siapkan wajan ukuran agak besar kemudian minyak goreng kurang lebih sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbunya.
  5. Masukkan daun jeruk, kapulaga, batang serai, cengkeh dan bumbu yang sudah dihaluskan diatas kedalam wajan penggorengan.
  6. Aduk-aduk semua bahan diatas sampai rata dan tercium bau harum khas tumisan ayam bumbu kuningnya.
  7. Setelah harum, masukkan potongan daging ayam diatas kemudian aduk-aduk sampai rata.
  8. Masukkan gula pasir dan garam dapur beryodium kemudian aduk-aduk kembali.
  9. Masukkan santan kental nya sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai habis.
  10. Terus diaduk-aduk sampai bumbunya meresap kemudian tuang air asam jawanya.
  11. Aduk-aduk kembali sampai daging ayamnya matang dan tes rasa. Tambahkan garam dan gula pasir kalau diperlukan kemudian aduk-aduk kembali sampai empuk. Ingat, jangan sampai santan di bumbu kuningnya pecah ya.
  12. Setelah matang matikan kompor dan siapkan bara api, oven atau panggangan ayam lainnya (bisa juga menggunakan wajan teflon).
  13. Bakar ayam sambil diolesi dengan sisa bumbu ayam bakar kuningnya diatas sampai matang dan tercium bau harum bumbunya.

Artikel Terkait