Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Pindang Ikan Bumbu Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Untuk membuat resep masakan pindang ikan ini terasa lezat dan sedap, kunci utama yang harus diperhatikan adalah penggunaan bumbu rempah dan bumbu dapurnya. Dengan pemilihan bumbu yang tepat, kuah resep pindang ikan yang kita akan buat nanti bisa benar benar nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih. Selain rasanya yang lezat, tentu saja resep ikan yang akan kita buat kali ini banyak sekali mengandung gizi, vitamin dan omega 3 yang bagus sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Apalagi kalau disantap saat malam atau cuaca yang lagi dingin, kuah resep pindang ikan ini yang sedikit berlemak dan perpaduan rempah rempahnya bisa memberikan energi yang bagus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bahan bumbu, salah satu tips untuk membuat resep masakan ikan yang enak dan lezat adalah pengolahan ikan yang digunakan.

Pastikan ikan benar benar dicuci bersih dari darah yang menempel dan kotoroan lainnya. Selain untuk menghilangkan bakteri, biasanya darah yang menempel tersebut juga meninggalkan bau amis. Pastikan untuk mencuci ikan di air mengalir. Selain itu, sebelum dimasak menjadi resep masakan pindang ikan, tips memasak yang lain adalah daging ikan yang sudah dicuci bersih harus dilumuri terlebih dahulu denga perasan air jeruk nipis. Ini membantu sekali untuk menghillangkan bau amis khas ikan dan menambah kesegaran di resep masakan yang kita buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bumbu pindang ikan dan cara membuat masakannya dibawah ini.

 

Bahan bahan Resep Pindang Ikan Yang Enak dan Lezat

  1. Ikan nila, gurame, bandeng atau jenis ikan air tawar lainnya yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 1 kg saja.
  2. Buah jeruk nipis untuk mengurangi dan menghilangkan bau khas ikannya kurang lebih sebanyak 2 buah. Potong potong dan peras air jeruknya.
  3. Serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci bersih lalu memarkan sebelum digunakan.
  4. Lengkuas secukupnya atau kurang lebih sepanjang 5-6 cm saja. Cuci bersih lalu memarkan.
  5. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm saja. Memarkan dahulu sebelum dicampur dengan bumbu lainnya.
  6. Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
  7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja.
  8. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  10. Daun kemangi secukupnya sesuai selera.
  11. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
  12. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  13. Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 10-15 pcs.. Bisa ditambahkan juga buah cabai rawit dan cabai hijau kalau memang benar benar suka pedas.
  14. Buah tomat merah kurang lebih sebanyak 3 buah. Cuci bersih lalu belah menjadi 4-5 bagian untuk mempercantik tampilannya.
  15. Air bersih secukupnya untuk merebus ikan dan bumbunya.

 

Bahan Bumbu Pindang Ikan Nila, Bandeng dan Gurame

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung saja.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung juga.
  3. Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih lalu buang bijinya.

 

Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Nila, Bandeng atau Gurame Yang Mudah dan Praktis

  1. Langkah pertama adalah siangi dan cuci bersih ikan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotorannya kemudian potong menjadi 2 atau sesuai selera. Bersihkan bagian luar ikan sampai benar benar bersih dengan cara menekan sedikit menariknya keluar dengan pisau. Hati hati jangan sampai membuat dagingnya robek.
  2. Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih diatas dengan air jeruk nipis sambil sedikit diremas remas sampai semua bagian terkena rata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih selama 15 menit saja).
  3. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 1250 cc).
  4. Sambil menunggu airnya mendidih, haluskan bahan bumbu pindang ikannya diatas, seperti bawang merah, bawang putih dan cabainya.
  5. Masukkan bumbu halus diatas ke dalam panci yang berisi air beserta jahe dam lengkuas yang sudah dimemarkan, serai dan daun salamnya. Aduk aduk sebentar sampai mendidih.
  6. Masukkan ikan nila atau gurame yang sudah dicuci bersih kemudian aduk aduk sebentar.
  7. Masukkan air asam, gula merah, buah cabai, kecap manis, gula pasir dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk kembali sampai masak dan ikannya matang.
  8. Setelah matang dan airnya menyusut (kurang lebih selama 15 menit), masukkan daun kemangi dan irisan tomatnya.
  9. Jangan lupa cicipi sebentar dan tambahkan garam dapur, gula dan kecap kalau diperlukan lalu angkat dan sajikan.

Post a Comment