Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Sambal Goreng Kentang Enak

Kumpulan Resep Makanan - Resep sambal goreng kentang memang salah satu resep masakan tradisional yang tidak kenal jaman. Mulai dari jaman kita kecil hingga saat ini pun resep masakan sambal goreng ini tetap menjadi primadona. Bahkan di hari hari spesial ataupun acara spesial. Sambal goreng kentang petai ini selalu menghiasi meja makan keluarga Indonesia.
Pada umumnya, resep sambal goreng kentang petai ini citarasanya cukup pedas. Tetapi buat teman teman yang kebetulan bermasalah dengan penyakit lambung atau maag, penggunaan buah cabai merah nya bisa dikurangi sesuai selera. Atau bisa juga sebaliknya ditambah atau diberi tambahan cabai merah keriting buat teman teman yang benar benar hobi makan pedas. Untuk bumbu sambal goreng kentangnya tidak perlu dikurangi. Cukup nanti disesuaikan garam dapur nya saja supaya lebih pas rasanya. Untuk yang sudah tidak sabar, silahkan melihat cara membuat sambal goreng nya beserta bahan bahan dan bumbu sambal kentang apa saja yang dibutuhkan dibawah ini.

 

Bahan bahan Resep Sambal Goreng Kentang Petai Dengan Santan

  1. Sesuai namanya, resep tradisional ini membutuhkan kentang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Kupas kulit kentang lalu cuci dengan air bersih kemudian dipotong potong bentuk kotak kecil sesuai selera.
  2. Buah petai kurang lebih 1 papan saja (bisa dihilangkan kalau tidak suka). Kupas kulit luarnya lalu belah menjadi dua mata petainya.
  3. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 2 lembar saja.
  4. Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih 1 batang saja. Cuci bersih lalu dimemarkan atau digeprak supaya aromanya keluar.
  5. Santan asli yang diambil dari parutan buah kelapa kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  6. Lengkuas yang sudah dimemarkan kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  8. Daun salam kurang lebih sebanyak 1 lembar saja.
  9. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kentang dan menumis bumbu sambal goreng kentangnya.

 

Bahan Bumbu Sambal Goreng Kentang Spesial

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung saja. Kupas kulit luarnya juga lalu potong potong menjadi beberapa bagian.
  3. Buah cabai merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-8 buah. Cuci bersih lalu iris iris supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  4. Jahe kurang lebih sepanjang 1 cm saja.
  5. Buah tomat ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja supaya warnanya lebih menarik.
  6. Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  7. Kaldu instan rasa ayam sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.

 

Cara Membuat Sambal Goreng kentang Yang Mudah Dan Praktis

  1. Langkah pertama siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak goreng secukupnya. Masukkan kentang yang sudah dipotong dadu lalu masak sampai matang dan berwarna keemasan lalu tiriskan.
  2. Haluskan dan uleg bumbu diatas, seperti buah cabai, bawnag merah dan putih, tomat, kemiri, jahe dan beri garam serta kaldu instan secukupnya sampai benar benar halus supaya aroma dan rasanya lebih nikmat.
  3. Siapkan penggorengn dengan api sedang kecil dan tuangkan 2 sendok makan minyak goreng.
  4. Masukkan bumbu halus diatas dan masak sambil diaduk aduk sebentar supaya tercampur rata.
  5. Masukkan potongan petai, batang serai, daun jeruk, lengkuas yang sudah dimemarkan dan daun salamnya lalu aduk aduk sampai matang dan tercium bau harum khas tumisannya.
  6. Tuang santan, air asam jawa dan gula merahnya lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata.
  7. Aduk aduk terus sampai santannya agak menyusut lalu masukkan potongan kentang yang sudah digoreng sebelumnya (atau bahan lain seperti udang, ati atau lainnya).
  8. Masak dan aduk aduk kembali sampai bumbu meresap ke dalam kentangnya dan agak mengering.
  9. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur kalau diperlukan, aduk aduk kembali sampai kering lalu angkat dan sajikan.

Post a Comment