Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Memasak Semur Ayam Lezat

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga dengan resep masakan ayam kecap, tampilan resep masakan ayam semur ini juga didominasi dengan warna hitam kental. Tentu saja, ini dikarenakan salah satu bumbu semur yang paling pokok adalah kecap manis. Untuk itu, untuk membuat atau memasak resep semur ayam yang enak dan legit, kecap manis yang kita gunakan harus benar benar kental dan berkualitas bagus. Untuk merek apa yang akan digunakan, masing masing pasti punya favorit tersendiri bukan. Yang penting gunakan kecap manis yang benar benar kualitasnya bagus supaya seluruh anggota keluarga akan menyukai semur ayam yang sudah kita buat.
Tentu saja, selain kecap yang berkualitas, bahan utama berupa daging ayam yang kita gunakan harus menjadi perhatian utama kita. Buat yang suka dengan ayam kampung tentu hasilnya akan lebih enak dan lezat. Tetapi kalau menggunakan ayam potong rasanya juga nikmat kok, asal ayam yang digunakan masih segar dan bagus. Selain itu ada bahan bahan dan rempah rempah lain yang juga yang dibutuhkan untuk membuat bumbu semurnya. Walaupun di tengah masyarakat ada 2 macam resep dasar semur, yaitu semur jawa dan semur betawi, tetapi bumbu bumbu yang digunakan hampir sama kok. Sebut saja pala, batang serai, lada atau mungkin juga cabai kalau memang berniat untuk membuat ayam semur pedas. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat tips cara membuat resep masakan dengan bumbu semur supaya rasanya enak, empuk dan legit.

 

Bahan bahan dan Bumbu Resep Semur Ayam Spesial Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam segar kurang lebih sebanyak 500 gram atau 1/2 ekor ayam ukuran sedang besar. Bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung sesuai selera. Cuci bersih dengan air mengalir kemudian potong potong menjadi 4-6 atau sesuai selera.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kupas lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg (bumbu halus).
  3. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja (bumbu halus).
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja (bumbu halus).
  5. Kecap manis kental kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 ml.
  6. Kaldu ayam bubuk atau instan secukupnya sesuai selera supaya aroma dan rasanya lebih gurih dan enak.
  7. Pala yang sudah diparut sampai halus kurang lebih sebanyak 1/2 butir saja. Bisa juga menggunakan pala halus sedikit saja.
  8. Lada halus atau bubuk secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  9. Batang serai ambil bagian putihnya saja kurang lebih 1 batang saja kemudian memarkan supaya aromanya keluar.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  11. Kentang kondisi bagus kurang lebih sebanyak 3 buah ukuran sedang. Kupas kulitnya lalu potong potong bentuk dadu dan goreng dahulu sampai matang sebelum dicampur dengan bahan lain.
  12. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 liter saja.
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan menumis bumbu semur ayamnya.

 

Cara Membuat Semur Ayam Yang Empuk dan Enak Dengan Mudah

  1. Langkah pertama siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya lalu goreng daging ayam yang sudah dipotong potong sebentar saja sampai setengah matang lalu angkat.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe nya sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan cara diuleg supaya bumbunya nanti lebih terasa dan lebih harum saat ditumis.
  3. Masak dan tumis bumbu semur yang dihaluskan diatas bersama dengan batang serai yang sudah dimemarkan sebelumnya. Aduk aduk dan masak sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  4. Masukkan daging ayam yang sudah digoreng setengah matang sebelumnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan sisa bahan lainnya ke dalam penggorengan diatas dan masak dengan api kecil. Jangan lupa diaduk aduk sampai bumbunya meresap ke dalam daging ayamnya.
  6. Jangan lupa cicipi dahulu dan tambahkan garam atau kecap apabila diperlukan lalu masak sampai kuahnya mengental.
  7. Angkat, beri taburan bawang goreng lalu angkat dan sajikan

Post a comment for "Resep Cara Memasak Semur Ayam Lezat"

Loading...
loading...