Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara membuat Empek Empek Sutra Empuk Enak

Kumpulan Resep Makanan - Kalau teman teman sudah pernah membuat empek empek lenjer Palembang pasti tidak akan kesulitan untuk membuat pempek sutra ini. Ya, cara membuatnya bisa dibilang mirip sekali. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat resep empek empek sutra ini juga bisa dibilang hampir sama, hanya mungkin komposisi dan perbandingan jumlah tepung terigu dan tepung tapioka atau tepung sagu taninya yang sedikit berbeda (disarankan untk memakai tepung sagu tani supaya lebih empuk dan enak). Untuk resep yang akan kita buat kali ini perbandingan antara kedua bahan utama tersebut jumlahnya sama sehingga tekstur dan tingkat kekenyalannya lebih empuk dan rasanya lebih enak dibandingkan resep biasanya.
Mungkin ada beberapa teman atau anggota keluarga yang tidak suka dengan aroma ikan tengiri atau malah alergi dengan resep masakan ikan, bahan ikan yang digunakan bisa diganti kok dengan udang, daging ayam ataupun daging sapi. Walaupun berbeda dengan resep aslinya, teman teman tidak perlu khawatir kualitas dan rasa yang dihasilkan sama sama enak dan membuat ketagihan kok. Tentu saja selain resep cara membuat empek empek sutra nya, untuk menghasilkan makanan khas Palembang yang enak dan lezat juga membutuhkan saus cuka atau biasa disebut cuko yang enak dan pas rasanya. Untuk yang sudah tidak sabar, silahkan melihat cara membuat empek2 beserta bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan bahan Untuk Membuat Resep Empek Empek Sutra Enak dan Empuk

  1. Bahan utama yang dibutuhkan berupa ikan tengiri yang sudah difillet kurang lebih 1 ekor. Bersihkan lalu potong potong kecil supaya mudah saat dihaluskan. Bisa juga diganti dengan daging, ayam ataupun udang yang sudah dihaluskan.
  2. Tepung terigu yang sudah diayak halus kurang lebih sebanyak 1 gelas saja.
  3. Tepung sagu tani atau tepung tapioka kurang lebih sebanyak 1 gelas juga.
  4. Bawang putih yang sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  6. Telur ayam kurang lebih sebanyak 2 butir saja.
  7. Daun bawang kalau suka secukupnya. Cuci bersih lalu cincang halus sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
  8. Air bersih secukupnya.
  9. Kaldu untuk memperkuat rasa kalau suka. Bisa dihilangkan kalau tidak terlalu suka pempek yang beraroma kuat.

Cara Membuat Empek-empek Sutra Khas Palembang Yang Praktis dan Cepat

Langkah pertama haluskan fillet ikan, daging, ayam ataupun udang yang akan dipakai bersama dengan air matang secukupnya. Bisa menggunakan blender dengan diberi sedikit air supaya mudah.
Siapkan wadah untuk adonan yang agak besar kemudian tuang blenderan ikan bersama dengan garam dapur, telur ayam, kurang lebih 1 gelas air dan daun bawang yang sudah dicincang halus kemudian aduk aduk sampai rata.
Tuang tepung sagu dan tepung terigunya sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung. Kalau kurang bisa ditambahkan sedikit air, tetapi ingat jangan sampai terlalu encer ya (tekstur yang bagus tidak terlalu cair).
Ambil satu plastik bungkus es dan masukkan adonan diatas kedalamnya kemudian tutup rapat. Jangan lupa beri sedikit ruang karena nanti adonannya akan sedikit mengembang.
Siapkan kukusan dan kukus adonan pempek diatas sampai benar benar matang atau kurang lebih selama 20 menit sampai 25 menit saja. Bisa juga direbus di air mendidih sampai matang.

Bahan Dan Cara Membuat Cuko Pempek Sutera Khas Palembang

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah gula merah kualitas bagus kurang lebih sebanyak 130 gram saja atau sekitar 5 sendok gula merah yang sudah disisir.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja. Kupas kulitnya lalu potong potong supaya mudah nanti saat akan diuleg halus.
  3. Asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok saja.
  4. Buah cabai merah atau cabai galak secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 8 sampai 11 pcs.
  5. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Air bersih matang secukupnya untuk bahan campurannya.
  8. Cara Membuatnya : langkah pertama haluskan bawang putih yang sudah dikupas bersama dengan buah cabai rawit, gula pasir secukupnya dan garam dapur secukupnya sampai halus rata.
  9. Siapkan panci ukuran sedang kecil dan beri air bersih secukupnya lalu masak sampai mendidih.
  10. Masukkan bahan yang sudah diuleg halus diatas ke dalam panci dan tambahkan gula merah yang sudah disisir halus dan asam jawanya.
  11. Aduk aduk dan masak sampai airnya sedikit berkurang atau kurang lebih selama 30 menit.
  12. Matikan kompornya dan saring supaya kotoran yang mungkin menempel dari gula merahnya dan ampas lainnya hilang.

Post a Comment