Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kue Sus Lembut Isi Vla

Kumpulan Resep Makanan - Resep Kue Soes dengan isi vla vanila memang menjadi salah satu primadona di kelasnya. Tentu saja, masih ada banyak variasi kue basah yang lain yang bisa kita buat, seperti kue mendut, kue wajik atau yang lainnya. Tetapi tentu saja, resep sus dengan saus vla vanila ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat rasanya enak dan dicari banyak orang. Hal ini bisa dilihat di penjual penjual kue keliling yang biasanya lewat di depan rumah. Bahkan kue satu ini juga bisa kita temukan dengan mudah di mall mall ataupun pusat perbelanjaan modern di dekat rumah. Memang kalau dibandingkan dengan kue basah tradisional yang lain, harga kue satu ini memang sedikit lebih mahal. Padahal kalau teman teman tahu, cara membuat kue sus ini bisa dibilang cukup mudah dan bahan bahan yang dibutuhkankannya pun sangat sederhana dan cukup sedikit.
Seperti juga dengan kue sus kering  atau resep kue basah lainnya, untuk membuat kue soes vla vanila supaya hasilnya empuk, lembut dan enak, bahan bahan yang digunakan harus benar benar diperhatikan dengan cermat. Terutama tepung yang digunakan harus benar benar halus dan disaring terlebih dahulu supaya adonannya nanti lembut. Selain loyang, mixer dan oven, untuk membuat kue satu ini juga membutuhkan spuit untuk membentuk adonannya. Kalau tidak ada, teman teman bisa menggantinya dengan plastik biasa yang ujungnya dilubangi kok. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resepnya dibawah ini.

Bahan bahan Untuk Membuat Kue Soes Lembut dan Saus Vlanya

  1. Seperti kue basah lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein tinggi sebanyak 150 gram. Pastikan tepung yang digunakan baru dan sudah diayak terlebih dahulu sampai benar benar halus.
  2. Gula pasir kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  3. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  4. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 125 gram saja. Gunakan margarin yang bagus supaya rasanya nanti lebih enak dan gurih.
  5. Air bersih atau air matang kurang lebih sebanyak 0.2 liter saja.
  6. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
  7. Bahan bahan untuk membuat saus vlanya.
  8. Tepung maizena sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 5 gram supaya teksturnya lebih kental.
  9. 2 butir Telur ayam yang diambil bagian kuning telurnya saja.
  10. Gula pasir kurang lebih sebanyak 80 gram saja.
  11. Perasa vanila atau pasta rasa vanila sedikit saja.
  12. Susu cair sapi supaya lebih enak sausnya kurang lebih sebanyak 0.5 liter. Kalau tidak ada, bisa diganti dengan susu bubuk yang sudah dicairkan atau susu kental manis.

Cara Mudah Membuat Resep Kue Sus Vla Yang Praktis dan Cepat

  1. Langkah pertama adalah membuat adonan untuk membuat kue soes nya terlebih dahulu.
  2. Siapkan oven yang akan digunakan dan panaskan sampai mencapai suhu kira kira 200 derajat.
  3. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang kuenya dan jangan lupa diolesi dan dilapis permukaannya terlebih dahulu dengan mentega supaya nanti tidak lengket. Bisa juga ditambah taburan sedikit tepung.
  4. Sambil menunggu oven panas, kita siapkan adonanannya.
  5. Siapkan panci dan tuang air yang sudah dipersiapkan sebelumnya bersama dengan gula pasir, mentega dan garam dapurnya. Masak dan aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai medidih.
  6. Tuang tepung terigu protein tingginya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai rata dan adonan kalis lalu matikan.
  7. Tuang adonan diatas ke dalam wadah lain atau mangkuk dan tunggu sampai adonan dingin.
  8. Setelah adonan kue sus nya dingin, masukkan telur ayam nya sambil dikocok satu persatu sampai habis dan adonan tercampur rata.
  9. Siapkan plastik segitiga dan spuitnya (ukuran spuit silahkan disesuaikan dengan model dan besar kecilnya kue yang akan dibuat).
  10. Masukkan adonan kue diatas ke dalam plastik segitiga dengan ujung spuitnya lalu bentuk diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarin tadi. Ulangi sampai adonan habis.
  11. Masukkan loyang kedalam oven yang sudah panas dan masak kurang lebih selama 30 menit – 40 menit sampai matang dan berwarna agak kecoklatan kemudian angkat dan dinginkan.
  12. Langkah kedua kita akan membuat saus vla vanila atau coklatnya.
  13. Ambil wadah mangkuk lalu tuang 200 ml susu cairnya.
  14. Tuang tepung maizenanya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata.
  15. Kocok lepas telur ayamnya lalu masukkan dan aduk aduk sampai tercampur rata dengan adonan tepung diatas.
  16. Siapkan panci dan tuang sisa susu cairnya bersama dengan gula pasir, perasa atau pasta vanila dan masak sambil diaduk sampai mendidih.
  17. Setelah mendidih, tuang campuran susu dan tepung maizena ke dalam panci lalu aduk aduk kembali supaya tercampur rata sampai mendidih kemudian sisihkan dan dinginkan.
  18. Langkah ketiga belah kue soes yang sudah matang, tetapi jangan sampai putus.
  19. Masukkan saus vlanya ke dalam plastik spuit kemudian tuang dan semprotkan ke kue yang sudah dibelah tadi. Ulangi sampai habis.

Post a Comment