Sunday, 18 March 2018

Resep Roti Maryam Empuk Beserta Cara Membuatnya

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Walaupun banyak yang mengkonsumsi kue maryam ini sebagai cemilan, tetapi sebenarnya nikmat juga lho buat pengganti sarapan di pagi hari. Kandungan karbohidrat dari resep roti maryam ini cukup tinggi sehingga cocok sekali untuk pengganti sarapan atau pengganjal lapar sebelum waktunya makan siang atau makan malam. Untuk menambah selera, kita bisa memberikan topping sederhana diaatasnya, seperti honey, saus coklat, SKM, selai strawbery atau parutan keju.
Buat yang ingin menyimpan kue maryam ini buat stok atau dinikmati di lain waktu, adonan resep maryam yang sudah jadi cukup dimasak setengah matang saja. Setelah itu bisa disimpan di freezer buat beberapa hari. Saat ingin menyantapnya tinggal memanaskan dengan wajan anti lengket. Buat yang sudah tidak sabar, silahkan melihat bahan-bahan resep roti maryam empuk dan enak dibawah ini ya.

Bahan-bahan Resep Roti Maryam Yang Enak dan Empuk

  1. Bahan utama yang dibutuhkan berupa tepung terigu serbaguna kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja. Jangan lupa diayak dahulu sampai halus supaya terhindar dari kotoran dan gumpalan-gumpalan.
  2. Susu kental manis kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  3. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 1 butir.
  4. Kuning telur ayam sebanyak 1 pcs saja.
  5. Susu bubuk kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  6. Blueband cake atau bisa juga menggunakan margarin merek lain kurang lebih sebanyak 110 gram saja untuk campuran adonan roti maryam.
  7. Margarin kurang lebih 100 gram untuk olesan dan lainnya.
  8. Air hangat secukupnya atau kurang lebih sebanyak 225ml saja.
  9. Minyak goreng baru kurang lebih sebanyak 55ml.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  11. Gula pasir secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Roti Maryam Yang Mudah Dan Praktis

  1. Langkah pertama siapkan satu wadah dan masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya bersama dengan garam dapur beryodium, gula pasir dan susu bubuknya. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  2. Siapkan satu wadah lain dan masukkan air hangat yang sudah dipersiapkan bersama dengan 1 kuning telur dan 1 butir telur ayam. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Panasi dan cairkan 110 gram margarinnya kemudian sisihkan.
  4. Tuang campuran air hangat dan telur diatas sedikit-demi sedikit ke dalam wadah berisi tepung sambil diaduk-aduk sampai adonan tercampur rata dan kalis.
  5. Masukkan sedikit demi sedikit margarin yang sudah dicairkan sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata. Kalau dirasa masih terlalu encer, bisa ditambahkan tepung terigu secukupnya sampai kalis dan lentur.
  6. Bagi adonan secukupnya dan betuk seperti bulatan (kira2 jadi 14 bulatan).
  7. Ambil margarin yang kedua dan oleskan pada tangan kemudian oleskan pada bulatan adonan kue maryamnya.
  8. Setelah itu celupkan ke minyak dingin supaya tidak lengket dan diamkan minimal 2.5 jam sampai semalaman. Lakukan hingga semua adonan terolesi minyak.
  9. Siapkan telenan plastik atau tempat rata lainnya dan olesi bagian atasnya dan tangan dengan minyak supaya tidak lengket.
  10. Ambil adonan yang sudah dibulatkan dan pipihkan hingga benar benar tipis atau bisa juga dipipihkan dengan cara diputar (seperti penjua martabak).
  11. Olesi adonan yang sudah dipipihkan dengan mentega hingga rata ke semua adonan.
  12. Gulung adonan roti maryam diatas menjadi panjang kemudian gulung dan bentuk kembali melingkar seperti bentuk obat nyamuk.
  13. Siapkan wajan teflon anti lengket dengan api sedang.
  14. Setelah teflon panas panggang adonan yang sudah dibentuk diatas sampai matang dan berwarna agak kecoklatan. Ulangi sampai adonan habis.
  15. Untuk stok, cukup dipanggang setengah matang saja kemudiang tunggu sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Artikel Terkait