Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Bumbu dan Cara Memasak Resep Oseng Mercon Daging

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga resep daging yang lain, resep oseng oseng kali ini juga banyak mengandung gizi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Seperti zat besi, protein yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari hari, selenium, omega 3, vitamin B3 kompleks dan yang lainnya. Selain itu, kandungan vitamin C dari buah cabai yang akan kita gunakan juga baik buat tubuh. Selain bumbu dasar seperti bawang merah dan bawang putih, dalam resep oseng mercon ini kita juga akan menggunakan beberapa bahan bahan rempah rempah asli Indonesia. Selain memberikan citarasa yang berbeda, penggunaan beberapa bahan rempah ini juga membuat oseng oseng mercon nya nanti akan mempunyai citarasa yang khas dan spesial yang pasti akan mebuat yang menikmatinya ketagihan akan kelezatannya.

Untuk teman teman yang mempunyai masalah dengan lambung atau perut sebaiknya lebih berhati hati dalam mengkonsumsi resep masakan oseng oseng daging mercon ini. Atau kalau memang benar benar ingin sekali ikut mencicipinya, sebaiknya komposisi dan jumlah cabai yang digunakan sedikit dikurangi dan jangan terlalu banyak. Hal ini bisa mengurangi gangguan pencernaan yang mungkin timbul dikarenakan pedasnya Resep Oseng Mercon Daging yang akan kita buat nanti.
Untuk pemilihan bahan daging yang akan digunakan untuk resep oseng mercon kali ini, bagian mana saja bisa digunakan asal tidak terlalu banyak mengandung lemak. Lemak yang berlebihan bisa membuat citarasa masakan oseng daging kali ini sedikit berbeda dan membuat kuahnya nanti cepat mengumpal sehingga tidak sedap dipandang. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan bumbu oseng apa saja yang dibutuhkan dan cara membuat oseng mercon yang benar dan mudah di bawah ini.

Bahan Bahan Resep Oseng Mercon Daging Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar sebanyak kurang lebih setengah kg saja. Bisa digunakan daging tetelan, iga atau bagian yang lain sesuai selera. Potong daging kecil kecil bentuk dadu kurang lebih sepanjang 1cm.
  2. Gula merah atau gula jawa sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 5 gram saja.
  3. Lengkuas kurang lebih sepanjang 5 cm saja. Cuci bersih lalu iris kecil kecil kemudian di memarkan supaya mudah meresap dengan bumbu lain.
  4. Air bersih matang kurang lebih sebanyak 350 ml. Bisa ditambahkan saat proses pemasakan kalau kuahnya sudah menyusut tetapi dagingnya belum empuk.
  5. Daun salam kurang lebih sebanyak 3-4 lembar saja supaya aroma khasnya keluar.
  6. Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  7. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris kecil kecil supaya mudah saat akan dihaluskan (bumbu halus).
  8. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja. Kupas kulitnya lalu potong kecil kecil supaya mudah saat diuleg nantinya (bumbu halus).
  9. Buah cabai rawit merah sesuai selera dan tingkat kepedasan yang digingkan atau kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Sisakan beberapa pcs untuk ditaruh di kuahnya dan sisanya untuk dihaluskan (bumbu halus).
  10. Buah cabai merah keriting atau cabai besar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 50 gram – 60 gram (bumbu halus).
  11. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa (bumbu halus).
  12. Garam dapur beryodium secukupnya seusai selera.
  13. Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  14. Minyak goreng untuk menumis bumbu halusnya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 5-6 sendok makan saja.

Cara Membuat Oseng Oseng Mercon Spesial Dengan Mudah

  1. Langkah pertama adalah rebus daging terlebih dahulu sampai agak empuk lalu tiriskan baru kemudian potong daging menjadi bentuk dadu dengan ukuran kurang lebih sepanjang 1 cm saja.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, jahe dan sebagian cabe rawit merahnya sampai halus. Bisa menggunakan blender tetapi sebaiknya teman teman menggunakan cara manual dengan cara di uleg supaya aromanya lebih keluar dan harum saat ditumis nantinya.
  3. Siapkan penggorengan dan beri minyak yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan api sedang kecil.
  4. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas bumbu tumisan.
  5. Masukkan daun salam dan lengkuasnya lalu aduk aduk kembali sebentar sampai semua bumbu tercampur merata.
  6. Masukkan daging yang sudah dipotong dadu diatas ke dalam wajan lalu aduk aduk kembali sampai semua daging dan bumbunya tercampur rata.
  7. Tuang air matang yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam wajan lalu masak sambil sesekali diaduk aduk sampai dagingnya matang dan empuk.
  8. Tambahkan air apabila airnya sudah menyusut tetapi dagingnya belum empuk.
  9. Masukkan garam dapur beryodium, kecap manis, gula dapur, sebagian buah cabai rawitnya dan gula merahnya. Aduk aduk kembali semua bahan sampai merata dan masak sampai bumbu oseng merconnya benar benar meresap ke dalam dagingnya.
  10. Cicipi dulu dan tambahkan garam dan gula pasir kalau diperlukan kemudian aduk aduk lagi sampai semuanya merata.
  11. Angkat dan sajikan dengan sepiring nasi putih hangat.

Post a Comment