Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Bumbu Resep Daging Teriyaki Enak Sederhana Enak

Seperti juga resep masakan Jepang lainnya, Resep Daging Teriyaki ini pasa umunya rasanya juga sedikit pedas karena menggunakan beberapa pcs buah cabai, paprika dan lada bubuk sebagai bumbu utamanya. Kalau memang teman teman berniat untuk membuat hidangan beef teriyaki ini buat semua anggota keluarga, termasuk anak anak maka penggunaan buah cabai dan lada bubuknya bisa dikurangi atau dihilangkan. Seperti juga cara membuat resep masakan Indonesia lain yang berbahan daging, daging sapi yang digunakan sebenarnya tidak perlu dicuci terlebih dahulu supaya tekstur daging sapi yang berserat tidak rusak dan rasanya tetap empuk. Cukup direbus sambil kotoran yang muncul dibuang lalu diganti air bersihnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan bumbu beef teriyaki apa saja yang dibutuhkan dan cara membuat daging teriyaki supaya empuk dan lezat.

Bahan bahan Dan Bumbu Resep Daging Teriyaki

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi yang masih segar kurang lebih sebanyak 600 gram saja. Sebaiknya menggunakan daging sapi yang kandungan lemaknya sedikit, seperti daging sapi has dalam, has luar, tanjung dan gandik.
  2. Kecap Teriyaki kualitas bagus kurang lebih sebanyak 8 sampai 9 sendok makan. Saus kecap ini memegang peranan penting, jadi sebaiknya benar benar memilih kecap yang berkualitas terbagus.
  3. Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Kupas kulit luar bombaynya lalu potong potong lebar per bagiannya.
  4. Cabai hijau besar kurang lebih sebanyak 5 buah atau sesuai selera. Cuci bersih, buang bijinya lalu iris iris kecil (bisa bentuk kotak atau persegi panjang).
  5. Buah paprika kalau suka kurang lebih sebanyak 1 buah saja (bisa dihilangkan kalau tidak suka pedas). Cuci bersih lalu potong potong juga sesuai selera.
  6. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu potong potong kecil atau dicincang kasar.
  7. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 4 cm saja. Cuci bersih jahe, kupas kasar kulitnya lalu memarkan supaya aromanya mudah keluar saat dimasak nantinya.
  8. Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil. Bisa dikurangi atau dihilangkan kalau tidak suka pedas.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  10. Gula pasir sedikit saja secukupnya sesuai selera.
  11. Minyak goreng atau sayur secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbu daging teriyaki.
  12. Air bersih secukupnya.

Cara Membuat Daging Teriyaki Enak Sederhana

  1. Langkah pertama siapkan panci dan beri air secukupnya. Masak sampai mendidih lalu masukkan daging yang akan digunakan.
  2. Masak daging sampai setengah matang dan hilangkan busa atau kotoran kotoran yang muncul (untuk membersihkan daging dan menggantikan proses mencuci dengan air).
  3. Buang airnya dan ganti dengan air baru. Masak air kembali sampai mendidih lalu masukkan daging diatas ke dalamnya.
  4. Rebus daging sapi yang digunakan untuk membuat resep daging teriyaki ini sampai empuk lalu angkat dan potong potong bentuk kotak kotak (kurang lebih sebesar 5cm-6cm saja).
  5. Setelah daging sapinya sudah empuk dan dipotong, siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak goreng secukupnya.
  6. Masukkan bawang putih, bawang bomay, jahe yang sudah dimemarkan, paprika dan cabainya. Aduk aduk semua bumbu supaya tercampur rata sampai tercium bau harum khas tumisan.
  7. Masukkan daging sapi yang sudah empuk dan dipotong potong sebelumnya ke dalam wajan penggorengan.
  8. Aduk aduk supaya daging tercampur dengan bumbunya dan masak sampai meresap atau dagingnya berubah warna.
  9. Masukkan garam dapur beryodium, sedikit gula pasir, merica halus dan kecap teriyakinya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  10. Tuang air bersih ke dalamnya (kurang lebih 500ml-600ml) dan aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  11. Masak sampai bumbu meresap ke dalam dagingnya sambil diaduk aduk lalu angkat.
  12. Sebelum dimatikan cicipi sebentar dan tambahkan saus kecap teriyaki atau garam dapur apabila diperlukan.

Post a Comment