Tuesday, 24 April 2018

Resep Cara Memasak Ayam Asam Manis Nanas

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Seperti namanya, resep kali ini menggunakan saus asam manis yang digabungkan dengan potongan daging ayam yang sudah digoreng lebih dahulu supaya lebih kering. Resep ayam asam manis menggunakan bahan bahan dan bumbu kuliner asli Indonesia yang memang sudah terkenal cita rasanya yang khas dan lezat. Menggunakan bahan nanas untuk memberikan rasa manis asam ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sari jeruk manis yang berasal dari perasan jeruk manis memberikan cita rasa yang spesial dan khas di resep masakan ayam asam manis ini. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, salah satu tips nya adalah penggunaan bahan bahan yang berkualitas dan masih segar. Gunakan ayam kualitas bagus yang masih segar dan bahan bahan yang lain yang kualitasnya benar benar bagus. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihata cara membuat ayam asam manis nanas di bawah ini ya.

Bahan bahan Resep Ayam Asam Manis Nanas (Pedas)

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam tanpa jeroan ukuran sedang besar. Cuci bersih ayam dan potong potong 8-12 potong sesuai selera.
  2. Buah nanas ukuran sedang sebanyak 1 buah. Kupas kulitnya agak dalam dan potong kecil kecil (bisa berbentuk segitiga atau segi empat kecil).
  3. Garam dapur beryodium sebanyak 6 sendok kecil atau sendok teh. 4 sendok untuk campuran daging ayam dan sisanya untuk membuat saus asam manis.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 10 siung. 6 pcs dihaluskan untuk campuran ayam dan 4 pcs cukup di memarkan untuk membuat resep saus asam manis.
  5. Perasan air jeruk nipis sebanyak kurang lebih 4 sendok makan. Setengah bagian untuk dilumuri di daging ayam dan sisanya untuk bahan sausnya.
  6. Bawang bombay ukuran sedang sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis untuk bumbu saus (bahan saus).
  7. Air sari jeruk manis sebanyak 400 ml. Bisa diambil dari perasan buah jeruk manis supaya lebih sehat (bahan saus).
  8. Saus tomat kualitas bagus sebanyak 6 sendok makan. Gunakan merek terkenal supaya hasilnya lebih lezat (bahan saus).
  9. Gula pasir bersih sebanyak kurang lebih 2 sendok makan (bahan saus).
  10. Kacang polong untuk bahan pelengkap saus sebanyak kurang lebih 80-100 gram (bahan saus).
  11. Jahe ukurang sedang besar sebanyak 2 ruas jari orang dewasa. Kupas kulitnya seadanya dan iris tipis tipis supaya aroma lebih keluar (bahan saus).
  12. Tepung maizena kurang lebi sebanyak 4 sendok teh. Larutkan dan campur dengan sedikit air supaya saus lebih kental (bahan saus).
  13. Margarin sebanyak 2 sendok makan (bahan saus).
  14. Buah cabai merah dan cabai rawit keriting secukupnya sesuai selera apabila suka pedas (bisa dihilangkan apabila tidak suka pedas).
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu saus dan menggoreng daging ayamnya.

Cara Membuat Ayam Asam Manis

  1. Langkah pertama adalah mengolah daging ayamnya. Ambil satu wadah kecil dan masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, air jeruk nipis dan garamnya. Campur dan aduk semua bahan sampai rata.
  2. Tuang dan lumuri daging ayam yang sudah dipotong dengan larutan bahan bahan diatas sampai semua bagian terkena. Aduk aduk supaya semua bagian benar benar tercampur rata.
  3. Diamkan sebentar selama 14-18 menit supaya bumbu meresap ke dalam dagingnya.
  4. Siapkan penggorengan dan beri minyak seukupnya. Hidupkan dengan api sedang kecil dan goreng daging ayam diatas hingga matang. Jangan terlalu lama supaya daging tidak gosong dan keras. Angkat dan tiriskan sebentar sambil kita membuat bumbu sausnya.
  5. Saatnya kita membuat resep saus asam manis. Siapkan penggorengan dengan sedang kecil dan beri margarin secukupnya untuk menumis.
  6. Masukkan bawang bombay yang sudah dirisi dan bawang putih yang sudah dimemarkan. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  7. Masukkan jahe yang sudah diiris tipis tipis, garam dapur beryodium, saus tomat yang sudah dipersiapkan, cabai yang sudah dipotong potong (kalau suka pedas) dan gula pasirnya. Aduk aduk kembali sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Masukkan air jeruk nipis dan air sari jeruk manisnya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan rata.
  9. Masukkan tepung maizena yaang sudah dilarutkan terlebih dahulu. Aduk aduk kembali supaya bahan tercampur rata sampai mendidih.
  10. Masukkan nanas yang sudah di potong potong dan kacang polongnya. Aduk aduk kedua bahan tadi dengan bahan saus lain supaya tercampur rata dan bahna meresap semua.
  11. Masukkan potongan daging ayamnya. Aduk aduk sebentar supaya saus asam manis nanasnya meresap ke dalam daging ayam. Angkat dan siap disajikan.

Artikel Terkait