Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Ayam Bacem Goreng Khas Jogya

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga membuat tahu dan tempe bacem ataupun gudeg jogja, Resep Ayam Goreng Bacem juga menggunakan jinten dan gula jawa sebagai salah satu bumbu rahasianya. Selain itu untuk merebus ayamnya digunakan juga air kelapa supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Sebenarnya bisa juga menggunakan air bersih biasa, cuma supaya hasilnya lebih lezat dan mendekati Resep Ayam Bacem yang ada di tempat asalnya memang harus menggunakan air kelapa ini. Sebenarnya di Jogja sendiri Resep Ayam Goreng Bacem ini bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung. Tetapi buat saya pribadi rasa masakan bacem yang menggunakan bahan ayam kampung rasanya lebih gurih dan lebih enak dibandingkan dengan ayam negeri atau potong. Untuk lebih jelasnya mengenai bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dan bumbu ayam bacem serta cara membuatnya silahkan melihat di bawah ini.

Bahan Bahan Resep Ayam Bacem Goreng Enak

  1. Sesuai namanya, kali ini kita membutuhkan 1 ekor ayam ukuran sedang besar yang sudah dicuci bersih dan dipotong potong (jangan terlalu kecil supaya tidak hancur saat di goreng nantinya). Bisa menggunakan ayam potong tetapi lebih baik dan lebih maknyus kalau menggunakan ayam kampung yang masih segar.
  2. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs. Kupas kulitnya lalu iris tipis tipis supaya mudah saat akan dihaluskan (bumbu halus).
  3. Ketumbar kurang lebih sebanyak 1.5 sendok makan. Sangrai ketumbar sebentar sebelum dihaluskan (bumbu halus).
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulit bawang putihnya lalu iris tipis tipis juga untuk dihaluskan (bumbu halus).
  5. Jinten kurang lebih 3/4 sendok kecil untuk dihaluskan dengan bumbu halus yang lain (bumbu halus).
  6. Air kelapa kurang lebih sebanyak 1 liter untuk merebus ayam dengan bumbu ayam bacem lainnya supaya hasilnya lebih mantap. Kalau tidak ada bisa juga menggunakan air biasa tetapi nanti komposisi gula jawanya agak ditambah supaya pas legitnya.
  7. Kecap manis kualitas bagus yang cukup kental kurang lebih sebanyak 4-5 sendok makan.
  8. Gula merah kualitas bagus kurang lebih sebanyak 70-80 gram saja. Potong tipis menyamping atau potong sisir gula supaya mudah untuk dicampurkan dengan  bahan lainnya.
  9. Air asam jawa yang berasal dari pencampuran 100 ml air bersih dengan asam jawa kurang lebih sebanyak satu sendok makan lalu saring dan diambil airnya untuk bumbu Resep Masakan Ayam Bacem Gorengnya.
  10. Daun salam yang bagus kurang lebih sebanyak 6 pcs saja.
  11. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok makan.
  12. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok makan.
  13. Lengkuas ukuran sedang besar 2 pcs saja. Cuci bersih lalu geprek supaya aroma nya keluar.
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam yang sudah dibacem.

Cara Membuat Resep Ayam Goreng Bacem Yang Mudah

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus atau biasa disebut juga mengungkep ayam yang akan digunakan dengan bumbu bacem nya.
  2. Siapkan panci ukuran agak besar lalu masukkan air kelapa yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu masak dengan api sedang.
  3. Masukkan bumbu halus, 2 potong lengkuas, air asam jawa dan daun salamnya. Aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan garam dapur beryodium, gula pasir, gula merah yang sudah disisir dan kecap manis kental yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk lagi supaya semua bahan benar benar tercampur rata lalu masak lagi sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih masukkan potongan daging ayamnya lalu aduk aduk supaya semua bagian ayam tercampur dengan bumbunya.
  6. Masak daging ayam sambil sesekali diaduk aduk sampai daging matang dan empuk atau airnya sudah hampir habis.
  7. Matikan api lalu angkat ayamnya dan tunggu sampai ayam sudah agak dingin sebelum digoreng.
  8. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil saja dan beri minyak agak banyak. Masukkan daging ayam bumbu bacemnya lalu goreng tetapi jangan terlalu lama supaya tekstur daging luarnya tidak gosong.
  9. Angkat dan sajikan ayam bacem bersama sambal dan nasi putih yang masih hangat.

Post a Comment