Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Soto Banjar Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Buat teman teman yang kebetulan sangat sibuk, mungkin lebih praktis kalau membeli resep masakan asli Kalimantan ini. Tetapi buat teman teman yang kebetulan lagi ada waktu luang, membuat sendiri resep soto banjar pasti lebih menyenangkan. Tidak hanya untuk makan malam atau makan siang bersama keluarga tercinta, salah satu variasi resep asli Indoensia ini juga sangat cocok untuk dihidangkan di saat ada acara spesial di rumah atau lingkungan, seperti acara Arisan, Halal Bihalal, pertemuan RT, ulang tahun anak atau acara lainnya. Teman teman yang tidak biasa memasak pun tidak perlu khawatir untuk mencobanya, karena cara membuat soto banjar cukup sederhana dan mudah diikuti. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu soto banjar yang diperlukan dan cara membuatnya dibawah.

Bahan dan Bumbu Resep Soto Banjar Spesial Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 ekor ayam segar ukuran sedang atau kurang lebih seberat 1 kg. Potong ayam menjadi beberapa bagian supaya mudah untuk memasaknya.
  2. Air bersih untuk membuat kuah kaldu ayamnya kurang lebih sebanyak 2.5 liter.
  3. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs. Sebaiknya menggunakan bawang merah lokal supaya aromanya lebih terasa. Kupas kulitnya lalu dihaluskan.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs. Kupas kulitnya lalu haluskan buat bumbu.
  5. Merica butir kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja dan haluskan.
  6. Daun salam kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 lembar saja.
  7. Kapulaga kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  8. Cengkih kurang lebih sebanyak 4 pc.
  9. Kayu manis kurang lebih sepanjang 3 cm.
  10. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 cm saja. bakar sebentar lalu memarkan supaya aromanya keluar.
  11. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak satu setengah sendok makan. Bisa ditambahkan atau dikurang sesuai selera.
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu soto banjar.
  13. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3-4 butir. Rebus telur sampai matang lalu belah menjadi 2 untuk pelengkap.
  14. Soon putih kurang lebih sebanyak 110 gram. Masukan soon ke dalam air panas dan rendam sebentar sampai matang lalu siram dengan air dingin supaya proses pemasakannya berhenti dan tiriskan.
  15. Daun bawang segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1-2 batang. Cuci bersih lalu potong kecil kecil untuk ditaburkan di atasnya nanti.
  16. Bawang goreng siap pakai kurang lebh sebanyak 3 sendok makan untuk taburan.
  17. Seledri segar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2-3 batang saja. Cuci bersih lalu potong kecil kecil untuk bahan taburan diatas kuahnya nanti.
  18. Jeruk nipis segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 pcs. Potong dan belah jeruk menjadi beberapa potongan kecil.
    Kecap manis secukupnya.

Cara Membuat Soto Banjar Enak Asli Kalimantan Selatan

  1. Cara membuat resep soto banjar ini sebenarnya cukup sederhana dan tidak terlalu berbeda jauh dengan resep soto lainnya.
  2. Langkah pertama ambil panci ukuran agak besar dan masukkan air bersih yang sudah dipersipkan dan rebus sampai mendidih.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong sesuai selera, daun salam dan jahe yang sudah dimemarkan. Aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan garam dapur beryodium yang sudah dipersiapkan dan aduk lagi. Rebus kuah soto sampai daging ayamnya empuk dan kaldunya keluar.
  5. Angkat daging ayamnya dan tiriskan sebentar sampai agak dingin. Potong dengan atangan atau suwir suwir daging ayam nya yang yang sudah empuk lalu taruh di temapt lain.
  6. Kuah soto tetap di masak dan dididihkan, tetapi dengan api kecil saja sambil menunggu mempersiapkan bumbu lain.
  7. Ambil penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bawang merah, bawang putih dan merica yang sudah dihaluskan. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  8. Masukkan kayu manis, 4 pcs cengkih, pala dan 3 pcs kapulaga ke dalamnya. Aduk aduk hingga tercium bau harum dari bumbu dan rempah rempah tersebut lalu angkat.
  9. Masukkan bumbu resep kuah soto banjar di atas ke dalam rebusan kuah sotonya. Aduk aduk supaya bumbu tercampur rata ke dalam kuahnya dan sampai bumbu meresap dan tercium bau harum bumbunya.
  10. Siapkan mangkok atau tempat lain buat sajian. Masukkan potongan suwiran daging ayam nya dengan bahan pelengkap lain, seperti soon dan ketupat.
  11. Siram dengan kuah soto lalu taburi bagian atasnya dengan bahan taburan, seperti bawang goreng, jeruk nipis, daun seledri dan daun bawangnya.
  12. Tambahkan kecap dan sambal apabila teman teman suka. Soto Banjar Lengkap dengan telur rebus siap untuk dihidangkan.

Post a Comment