Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Soto Ceker Ayam Empuk

Kumpulan Resep Makanan - Tidak hanya cocok untuk menu makanan orang dewasa, kandungan gizi dari ceker ayam tentu saja juga sangat baik untuk pertumbuhan anak anak ataupun untuk mencukupi kebutuhan gizi manula. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa kaki ayam ini mengandung banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebut saja Kalsium, Protein, Fosfor, Kalori, kandungan kolagen, lemak, Omega dan yang lainnya. Bahkan beberapa penelitian menunjukan bahwa kandungan gizi resep soto ayam ceker ini sebanding dengan sirip ikan hiu yang sudah sangat terkenal sekali manfaatnya buat kesehatan.

Seperti resep soto ayam lainnya, soto ayam ceker juga memerlukan beberapa bahan umbian khas negara tropis, seperti jahe, lengkuas dan kunyit. Sebaiknya bakar sebentar kunyit dan jahe nya (tidak wajib) sebelum dihaluskan supaya nanti lebih wangi hasilnya. Walaupun cara membuat resep soto ceker cukup sederhana, tetapi langkah langkah yang akan kita berikan di bawah sebaiknya dilakukan secara berurutan supaya hasilnya sesuai yang dinginkan.

Bahan bahan Resep Soto Ceker Sederhana

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah ceker atau kaki ayam yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1 kg. Gunakan ceker yang masih segar supaya hasilnya lebih gurih dan lezat.
  2. Lengkuas kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  3. Batang serai bagian putihnya saja yang berkualitas bagus 1 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan dan dicampur dengan bumbu soto ayam ceker yang lain.
  4. Daun jeruk yang sudah dicuci bersih sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  5. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak satu ruas jari orang dewasa saja.
  6. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  7. Daun bawang untuk bahan pelengkap taburan di atas soto cekernya sebanyak 2 pcs. Cuci bersih lalu potong dan iris kecil kecil.
  8. Soun secukupnya. Rendam dahulu dengan air panas dan dinginkan sebelum digunakan untuk bahan pelengkap.
  9. Tauge yang sudah dicuci bersih dan direbus sampai matang secukupnya untuk bahan pelengkap.
  10. Daun seledri segar yang sudah dicuci bersih secukupnya. Potong dan iris bagian daunnya untuk bahan pelengkap dan taburan di atas kuahnya.
  11. Air bersih kurang lebih sebanyak 1.5-1.7 liter untuk merebus dan membuat kuah sotonya.
  12. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Bahan dan Bumbu Soto Ayam Ceker

  1. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 4 pcs. Kupas kulitnya lalu iris kecil kecil supaya mudah untuk dihaluskan.
  2. Kunyit atau dikenal juga dengan kunir kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa. Kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian.
  3. Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan.
  5. Lada putih secukupnya seusai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5-1 sendok kecil.
  6. Minyak sayur atau minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

Cara Membuat Soto Ceker Empuk

  • Setelah dicuci bersih dan direbus sebentar, siapkan panci dan beri air bersih yang sudah dipersiapkan lalu rebus ceker ayam.
  • Masukkan lengkuas, 2 lembar daun salam dan serai ke dalam panci diatas lalu tunggu sampai air mendidih sambil sesekali diaduk aduk.
  • Sambil menunggu air rebusan ceker ayamnya mendidih, teman teman bisa menyiapkan menghaluskan bumbu soto ceker yang akan ditumis, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit dan lada nya. Sebaiknya proses menghaluskan bumbunya memakai cara manual, yaitu dengan di uleg supaya aromanya lebih keluar.
  • Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya. Masukkan bumbu bumbu halus diatas lalu bolak balik sampai tercium bau harum khas tumisan dari bumbu bumbu tersebut.
  • Masukkan jahe dan daun jeruk ke dalam penggorengan diatas lalu tumis lagi sampai matang dan bolak balik supaya tercampur rata.
  • Masukkan bahan tumisan ke dalam panci rebusan cekernya (setelah mendidih) dan aduk aduk supaya tercampur dengan kaldu cekernya.
  • Masukkan garam dapur secukupnya sesuai selera. Tambahkan gula apabila diperlukan.
  • Masak terus dan sekali diaduk aduk sampai ceker benar benar matang dan teksturnya empuk lalu matikan apinya.

Post a Comment