Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Agar agar Santan

Kumpulan Resep Makanan - Tentu saja, ada beberapa macam tips membuat agar agar yang harus diperhatikan, seperti komposis air dan serbuk agar agarnya harus benar benar pas supaya didapat tekstur yang kenyal dan nikmat. Selain itu, setelah agar agar selesai direbus dan dicampur dengan bahan lain, resep makanan ini sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan agar tingkat kekenyalannya tepat dan  teksturnya lembut sangat dikunyah. Apabila teman teman berniat menambahkan bahan yang lain, sebaiknya di olah di tempat yang berbeda dan dimasukkan saat agar agar masih panas supaya bisa menyatu sempurna dengan adonan agar agarnya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan resep agar agar santan sederhana di bawah.

Bahan bahan Resep Agar Agar Santan Sederhana

  1. Seperti resep agar agar yang lain, bahan utama yang dibutuhkan adalah satu bungkus agar agar powder atau bubuk. Untuk merek, silahkan menggunakan favorit masing masing.
  2. Santan kental kurang lebih sebanyak 200 ml saja. Lebih baik menggunakan santan dari perasan buah kelapa supaya hasilnya lebih gurih dan enak. Kalau tidak ada, bisa menggunakan santan instan yang banyak di jual di toko.
  3. Gula pasir untuk memberikan rasa manis di agar kurang lebih sebanyak 150 gram.
  4. Air bersih matang kurang lebih sebanyak 800 ml.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih cuma setengah sendok kecil atau sendok teh).
  6. Daun Pandan ukuran sedang besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2-3 lembar. Cuci bersih dahulu sebelum digunakan kemudian di ikat untuk mempermudah saat proses pemasakan.
  7. Cetakan agar agar sesuai keinginan (bisa bentuk kotak, bulat, persegi, buah buahan atau yang lain).

Cara Membuat Agar Agar Santan Sederhana

  1. Seperti bahan bahan yang diperlukan, cara membuat agar agar sangat sederhana sekali.
  2. Langkah pertama ambil satu wadah atau panci ukuran sedang, masukkan agar agar powder yang sudah dipersiapkan diatas, gula pasir dan air bersih matang yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil dan taruh panci diatasnya. Masukkan daun pandan yang sudah diikat ke dalamnya.
  4. Aduk aduk kembali sampai adonan agar agarnya mendidih.
  5. Masukkan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk kembali supaya garam tercampur rata dengan bahan yang lain.
  6. Masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk lagi sampai mendidih. Jangan sampai berhenti mengaduk supaya santan tidak pecah.
  7. Masukkan adonan agar agar santan ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan. Dinginkan di suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau di buat campuran minuman es.

Post a Comment