Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Enak

Kumpulan Resep Makanan - Walaupun cara membuat bubur sumsum ini cukup sederhana, tetapi tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya sempurna dan teksturnya lembut merata. Beberapa kejadian yang sering dialami teman teman biasanya hasil jadinya tidak lembut dan ada gumpalan gumpalan kecil tepung. Hal ini dikarenakan proses pencampuran tepung berasnya yang tidak merata. Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya teman teman mencampur tepung berasnya terlebih dahulu dengan sebagian santan baru dicampur dengan santan lainnya yang direbus. Salah satu ciri khas dari resep bubur sumsum adalah aromanya. Untuk itu jangan lupa untuk menggunakan daun pandan untuk campuran resep buburnya dan kuah gula jawanya. Untuk yang suka dengan aroma kayu manis, bahan ini bisa juga ditambahkan saat membuat saus gulanya. Selain itu, supaya aroma dan rasanya legit, sebaiknya digunakan santan kental yang diperoleh dari perasan parutan kelapa. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat resepi bubur sumsumnya di bawah.

Bahan bahan Resep Bubur Sumsum Enak

  1. Bahan utama untuk membuat resep ini adalah 100 gram tepung beras kualitas bagus. Gunakan tepung beras yang bagus, putih bersih dan tidak bau apek supaya hasilnya sempurna.
  2. Santal Kental yang alami kurang lebih sebanyak 650 ml. Sebaiknya menggunakan santan yang dibuat dari persan 1 buah kelapa supaya lebih legit dan gurih rasanya.
  3. Garam dapur beryodium supaya lebih gurih secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  4. Daun pandan ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 lembar saja supaya aromanya lebih harum alami. 3 lembar nanti digunakan untuk membuat buburnya, 2 lembar untuk campuran saus gulanya dan 1 lembar untuk membuat kuah santannya. Jangan lupa buat simpulan terlebih dahulu supaya lebih rapi.
  5. Gula merah atau gula jawa sebanyak kurang lebih 250 gram. Potong sisir halus gula supaya mudah saat dimasak menjadi saus gulanya nanti.
  6. Santan kental untuk membuat kuah santannya kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  7. Garam dapur beryodium untuk campuran kuah santannya sedikit saja.

Cara Membuat Bubur Sumsum Yang Enak dan Sederhana

  1. Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah membuat bubur nya terlebih dahulu.
  2. Bagi 650ml santan kental yang sudah dipersiapkan menjadi dua bagian. Satu bagian dimasukkan ke dalam panci bersama daun pandan supaya aromanya harum lalu masak dengan api sedang kecil. Jangan lupa tetap diaduk aduk supaya santan tidak pecah.
  3. Ambil satu wadah lagi dan tuang bagian santan yang lain dengan tepung beras dan setengah sendok garam. Aduk aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan adonan.
  4. Masukkan dan tuang adonan tepung beras dengan santan diatas ke dalam panci santan yang sedang direbus. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Masak bubur sumsum nya sampai benar benar matang dan tanak (tidak tercium aroma tepung berasnya). Jangan lupa tetap diaduk aduk terus sampai mengental dan biasanya ada letupan letupan di buburnya. Setelah matang lalu angkat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum disajikan.
  6. Sambil menunggu buburnya dingin kita masak saus santannya. Ambil satu panci kecil lalu masukkan santan kentalnya, 1 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih dan disimpul dan sedikit saja garam dapur beryodium. Aduk aduk sampai benar benar matang lalu angkat dan dinginkan.
  7. Untuk memasak gula merahnya hampir sama caranya. Masukkan gula merah yang sudah disisir halus, daun pandan yang sudah disimpul lalu beri air secukupnya (kurang lebih sekitar 100ml-120ml). Aduk aduk sampai semua gula larut dengan airnya. Kalau suka, teman teman bisa juga menambahkan sedikit kayu manis.

Post a Comment