Saturday, 21 April 2018

Resep cara Membuat Kueh Bolu Kukus Coklat Keju

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Teman teman mungkin mengira bahwa cara membuat bolu kukus coklat ini susah dan bahan bahan yang dibutuhkannya sulit didapat. Anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar, tentu saja apabila teman teman tahu caranya sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahan bahan yang dibutuhkannya pun relatif lebih mudah dicari daripada resep kue yang lain. Kali ini kita akan membuat Resep Bolu Kukus Coklat Keju yang sederhana. Kalau teman teman ingin mempercantik tampilan dan rasanya, teman teman bisa menambahkan bahan bahan lain seperti kacang, almond, potongan dark coklat dan yang lainnya. Oke, untuk lebih jelasnya silahkan meilhat di bawah ya.

Bahan bahan Resep Bolu Kukus Coklat Keju

  1. Seperti resep kue lainnya, kue bolu kukus coklat juga membutuhkan tepung terigu kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Ayak dahulu kalau perlu supaya tepung yang digunakan benar benar halus.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 5 pcs.
  3. Coklat halus atau coklat bubuk kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Gunakan coklat yang berkualitas baik supaya hasil jadinya benar benar terasa coklatnya.
  4. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Bisa ditambahkan apabila ingin membuat bolu yang terasa manis.
  5. Susu Kental Manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 190-200 ml. Bisa menggunakan yang putih, tetapi sebaiknya menggunakan susu kental manis coklat supaya lebih terasa aroma coklatnya.
  6. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram. Lelehkan dan cairkan dulu supaya mudah untuk dicampur dengan bahan bolu kukus yang lain.
  7. Buttercream untuk olesan bagian atasnya kurang lebih sebanyak 50 gram.
  8. Keju cheddar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 30 gram. Parut keju dengan bentuk memanjang supaya tampilannya lebih bagus.
  9. Pelembut kue atau dikenal juga dengan ovalet atau cake emulsifier kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil supaya kue bolu mengembang sempurna.
  10. Selai strawbery secukupnya untuk mengolesi bagian tengah kue bolunya.

Cara Membuat Bolu Kukus Coklat dengan Keju

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan adonan bolu kukusnya.
  2. Siapkan satu wadah cukup besar dan masukkan telur ayam, ovalet dan gula pasirnya.
  3. Mixer dan kocok semua bahan sampai mengembang dan tercampur rata. Gunakan kecepatan rendah kemudia naik ke level berikutnya supaya hasilnya lebih sempurna.
  4. Masukkan tepung terigu yang sudah ditimbang sebelumnya, susu kental manis coklat (atau putih) dan coklat bubuk kualitas bagusnya.
  5. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan (tidak perlu di mixer, cukup menggunakan pengaduk lain atau spatula).
  6. Cairkan mentega yang sudah dipersiapkan dan masukkan sambil di aduk aduk sampai tercampur dengan adonan lain.
  7. Siapkan loyang persegi panjang yang ingin digunakan. Olesi bagian loyang dengan sedikit mentega lalu beri sedikit tepung supaya kuenya mudah untuk dilepaskan dan tidak lengket.
  8. Siapkan kukusan dengan api sedang. Tuang semua adonan ke dalam loyang lalu tutupi permukaanya dengan kain lalu tutup kukusannya.
  9. Masak dan kukus sampai matang (kurang lebih sekitar 25-35 menit). Jangan lupa sesekali dicek apakah air untuk mengukus bolu nya masih ada atau hampir habis. Tambahkan dengan air panas (jangan menggunakan air dingin) kalau diperlukan.
  10. Angkat dan dinginkan sebenatr lalu potong dan belah kue menjadi dua bagian. Olesi bagian atas satu sisi dengan selain strawbery dan tutup dengan bagian lain.
  11. Olesi bagian atas kue bolu kukus coklatnya dengan butter cream lalu taburi dengan keju parut sampai semua bagian tertutup rata.

Artikel Terkait