Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Lumpia Basah Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Tidak seperti Resep Lumpia Semarang yang masih mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan lemak karena mengolahnya dengan cara digoreng, Resep Lumpia Basah khas Bandung yang akan kita buat kali ini lebih sehat karena hanya perlu dikukus untuk menyajikannya. Ini juga menjadikan tekstur kue lumpia basah ini lebih lembut, cuma biasanya memang daya tahannya tidak terlalu lama. Solusinya mungkin dimasukkan ke dalam wadah kedap udara terus dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Tentu saja seperti resep kue lumpia yang digoreng dari Semarang, kelezatan kue basah kali ini tidak hanya tergantung kepada bahan isian yang akan kita gunakan saja, tetapi juga tergantung dari kulitnya. Untuk itu kali ini saya akan memberikan juga resep cara membuat kulit lumpia basah yang mudah tetapi tetap lembut dan enak. Tentu saja, untuk membuat kulit lumpia basah walaupun cara membuatnya sama, tetapi ada sedikit perbedaan di bahan yang digunakan dengan kulit lumpia goreng. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan isian lumpia dan cara membuat resep kulit lumpia di bawah ini.

Bahan dan Cara Membuat Kulit Lumpia Basah Enak Khas Semarang dan Bandung

  1. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kulit lumpianya adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram. Pastikan tepung yang digunakan benar benar halus dengan cara menyaring atau ayak tepung sampai benar benar halus.
  2. Telur ayam biasa ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir saja.
  3. Tepung beras untuk campuran tepung terigunya kurang lebih sebanyak 90-100 gram saja.
  4. Air bersih untuk membuat adonannya kurang lebih sebanyak 750 ml – 800ml saja (sebaiknya menggunakan air matang supaya lebih higenis).
  5. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh saja.
  6. Minyak sayur secukupnya.
  7. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama siapkan wadah untuk adonananya yang ukurannya sedang.
    Masukkan tepung terigu, garam dapur beryodium dan tepung berasnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  9. Tuang 750ml-800ml air bersihnya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk samai habis. Adonan harus benar benar tercampur rata tanpa ada gumpalan gumpalan tepung supaya hasil jadinya pas dan enak.
  10. Siapkan pengggorengan anti lengket atau teflon dan olesi dengan minyak sedikit saja.
  11. Ambil adonan kulit lumpia diatas secukupnya (kurang lebih sebanyak 1.5 sendok sayur aja) lalu tuang dan masak kulitnya sampai matang.
  12. Ulangi sampai semua adonan habis dan dimasak.

Bahan Isian dan Cara Membuat Resep Lumpia Basah

  1. Untuk bahan utamanya kali ini kita pakai udang yang sudah direbus dan matang secukupnya. Janagn lupa potong potong kecil supaya rapi dengan bahan isian yang lain. Bahan ini bisa diganti dengan daging, ayam, abon atau bahan lain sesuai selera.
  2. Wortel segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci sampai bersih lalu kupas kulit luarnya lalu parut kasar atau potong kecil kecil supaya rapi.
  3. Kol atau bisa juga menggunakan tauge secukupnya untuk bahan isiannya.
  4. Rebung atau bambu muda kurang lebih sebanyak 350 gram – 400 gram. Potong rebus kecil kecil memanjang.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulitnya lalu haluskan.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya.
  7. Lada halus atau bubuk secukupnya sesuai selera.
  8. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu dan bahan isian yang lain.

Cara Membuat Lumpia Basah Sederhana

  1. Ambil satu panci, tuang air bersih secukupnya lalu masukkan irisan wortel, kubis, tauge, udang dan rebungnya. Masak sampai kira kira setengah matang.
  2. Siapkan penggorengan lalu beri minyak secukupnya untuk menumis bahan bahan isian.
  3. Masukkan bawang putih halus, garam, gula pasir lalu beri lada secukupnya. Aduk aduk sampai tercium bau harum.
  4. Masukkan bahan isian yang lain yang sudah dimasak setengah matang diatas lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan matang lalu angkat dan sisihkan.
  5. Ambil satu lembar kulit lumpia basahnya lalu beri isian diatas secukupnya. Gulung dan rapikan bagian ujungnya supaya tidak berantakan isinya. Ulangi sampai semua bahan kulit lumpia dan isiannya habis.
  6. Sebenarnya sampai tahap ini sudah bisa disajikan buat hidangan semua anggota keluarga, tetapi lebih baik dan lebih enak kalau di kukus dulu sebentar supaya hangat kurang lebih selama 7 menit sampai 10 menit saja.

Post a comment for "Resep Cara Membuat Lumpia Basah Spesial"

Loading...
loading...