Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Kumpulan Resep Makanan - Kue Wajik mungkin memang tidak terlalu terkenal dan dikenal oleh anak anak, tetapi sebenarnya kalau mereka sudah merasakan kelezatannya, pasti akan ketagihan. Seiring dengan perkembangan jaman, ada beberapa macam variasi resep kue tradisional ini, seperti resep wajik nangka, wajik hijau yang berasal dari ekstrakan daun pandan, resep wajik ketan hitam dan yang lainnya. Tetapi kali ini kita akan mencoba cara membuat wajik ketan dengan gula merah. Kalau teman teman ingin berkreasi sendiri, teman teman bisa menambahkan sendiri pasta pandan, coklat, isi nangka dan yang lainnya.
Walaupun cara bikin wajik cukup sederhana, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasil jadinya nanti sempurna dan enak. Sebaiknya gunakan buah kelapa dan jangan menggunakan santan instan yang banyak dijual di toko kelontong supaya hasilnya lebih enak dan legit. Seperti Resep Wajik Ketan yang lain, kali ini teman teman harus menggunakan dan memilih tepung beras ketan kualitas yang baik dan tidak berbau apek supaya hasilnya juga lezat dan enak. Karena resep kue wajik kali ini juga menggunakan santan yang direbus bersama dengan bahan abhan lain, jangan lupa tetap mengaduk santan supaya tidak pecah dan hasilnya sempurna. Untuk lebih jelasnya, teman teman bisa melihat cara membuat wajik dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan di bawah ya.

Bahan bahan Resep Wajik Ketan Manis Gula Merah

  1. Seperti namanya, kue wajik membutuhkan bahan utama berupa 500 gram beras ketan kualitas bagus yang utuh dan tidak patah patah. Gunakan beras ketan yang masih bagus dan tidak bau apek.
  2. Buah kelapa ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 buah. Parut daging kelapanya dan peras buat santan kurang lebih sebanyak 700 gram.
  3. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 90-105 gram saja. Bisa juga menggunakan gula yang berwarna agak kekuningan asalkan bersih dari kotoran.
  4. Gula merah jawa kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram untuk memberikan aroma dan rasa manis alami di kue wajik ketannya. Potong menyamping atau sisir sisir gulanya sampai halus supaya mudah saat proses membuat wajik nya nanti. Komposisi gula merah jawa bisa ditambahkan kalau suka manis dan ingin membuat wajik dengan warna lebih coklat tua.
  5. Daun pandan segar ukuran sedang besar kurang lebih sebnayak 4 lembar saja untuk menambah aroma. Jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu sebelum digunakan.
  6. Minyak goreng baru secukupnya untuk mengolesi loyang yang akan digunakan dan pisau untuk memotong supaya tidak lengket.
  7. Daun pisang segar secukupnya. Cuci terlebih dahulu lalu keringkan sebelum dipakai untuk alas loyangnya.

Cara Membuat Wajik Ketan Enak Sederhana

  • Langkah pertama adalah cuci beras ketan yang sudah dipersiapkan sampai benar benar bersih. Cara mencucinya seperti mencuci beras untuk memasak nasi pada umumnya.
  • Siapkan kukusan dengan api sedang dan beri air secukupnya. Masukkan beras ketan yang sudah dicuci diatas kedalamnya dan kukus sampai setengah matang atau kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 22-30 menit lalu angkat dari kompor (tergantung banyaknya beras yang dipakai, dandang kukusan, api kompor dan air yang digunakan). Sesekali percikan air di atas beras ketan supaya tidak kering dan kelembabannya terjaga.
  • Ambil panci buat rebusan yang ukurannya agak besar dan hidupkan dengan api sedang.
  • Masukkan santan yang sudah dipersiapkan diatas dan gula pasir nya. Aduk aduk sampai gula pasir larut sempurna.
  • Masukkan gula jawa yang sudah disisir halus lalu aduk aduk lagi sampai gula merah larut.
  • Karena biasanya gula merah itu mengeluarkan kotoran, setelah gula merah larut maka angkat dulu lalu saring sampai bersih. Baru kemudian direbus lagi dengan api sedang.
  • Masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Sebaiknya daun pandan dibuat simpul atau diikat terlebih dahulu supaya mudah dimasukkan ke dalam panci. Aduk aduk kembali sampai campuran santan dengan bahan lainnya ini kelihatan berminyak dan kental.
  • Ambil beras ketan yang sudah dikukus tadi dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan santan diatas.
  • Tetap diaduk aduk supaya beras ketan dan bahan lainnya tercampur sempurna dan larutannya kelihatan berkurang dan beras ketannya matang.
  • Siapkan loyang atau wadah cetakan plastik lainnya juga boleh.
  • Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan tarus sebagai alas di cetakannya. Beri dan lapisi dengan sedikit minyak supaya tidak lengket. Tuang adonan kue wajik yang sudah matang diatas ke dalamnya lalu ratakan.

Post a Comment