Saturday, 26 May 2018

Artikel Fungsi Alat Musik Tradisional Tuma Kalimantan Barat

loading...
Fungsi Alat Musik Tradisional Tuma Kalimantan Barat. Hampir semua daerah di indonesia memiliki seni musik tradisional yang khusus dan khas. Keunikan tersebut terlihat dari teknik permainannya, penyajian maupun bentuk/instrumen musiknya.

Nah kalimantan barat memiliki alat musik tradisional yang menjadi ciri khasnya, seperti Sapek, Keledik, Tawaq, Tuma dan lain-lain. Berikut adalah penjelasan tentang alat musik tradisional Tuma.

Alat musik Tuma memiliki jenis bunyi atau suara Membranofon yang mana bentuknya mirip seperti gendang panjang. Alat musik ini terbuat dari bahan dasar kayu yang berdiameter 25 centimeter dengan panjang 1 meter sebagai rangkanya dan kulit lembu sebagai membrannya.
 

Cara memainkan Alat musik Tuma

Tuma ini dimainkan dengan cara ditepuk dengan menggunakan telapak tangan sehingga alat musik ini tergolong ke dalam jenis alat musik membranophon (alat musik yang menghasilkan dari getaran kulit yang dipukul).

Fungsi Alat Muski Tuma

Alat musik tradisional ini sering dimainkan sebagai pengiring tarian tradisional bersama dengan jenis alat musik tradisional lainnya.

Artikel Terkait