Monday, 14 May 2018

Resep Cara Memasak Cireng Empuk, Renyah

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Ya, dengan harga yang sangat terjangkau kantong dan banyak nya penjual jajanan asli Sunda (Bandung) ini, jajanana aci di goreng ini memang gampang dibeli dan disukai oleh banyak kalangan. Mulai dari anak kecil, ABG bahkan orang dewasa pun banyak yang antri untuk membeli nya. Dengan rasa yang gurih, empuk dan renyah, Cireng Bandung memang membuat orang ketagihan. Seperti Cimol (Aci di gemol atau di comol) jajanan satu ini memakai bahan dasar Tepung Kanci atau tepung Tapioka sebagai bahan utamanya. Ada beberapa macan jenis aci di goreng yang tersedia, mulai dari tanpa isi, dengan isi Oncom atau dengan sambal kacang. Kali ini, kami akan memberikan cara mudah dan cepat membuat resep cireng tanpa isi yang renyah, gurih dan empuk.

Bahan bahan membuat Resep Cireng Renyah

  1. Bahan pembuat utama dari resep satu ini adalah 250 gram Tepung Tapioka atau juga dikenal dengan nama Tepung kanji atau Tepung Aci. Pilih yang bersih dan bebas bau apek.
  2. Satu sendok besar atau sendok makan Tepung Terigu dari merek favorite anda.
  3. Seperempat bubuk merica atau bida ditambah atau dikurangin sendiri sesuai selera
  4. Dua lembar daun seledri dan daun bawang. Pilih yang segar dan warnanya yang menarik.
  5. 200 mililiter (ml) Santan. Bisa juga menggunakan Santan instan yang banyak di jual di toko.
  6. Empat siung bawah putih ukuran sedang. Lebih baik memakai bawang putih lokal supay aroma nya lebih keluar.
  7. 1/4 sendok teh atau sesuai selera garam dan penyedap rasa. Apabila anda penderita darah tinggi, sebaik nya penggunaan garam dan penyedap rasa bisa dikurangi.
  8. Minyak secukup nya untuk menggoreng adonan yang sudah jadi.

Cara membuat Cireng yang mudah

  1. Pertama – tama, siapkan satu wadah yang bersih untuk mencampur satu sendok Terigu dan 250 gram tepung aci nya. Campur menggunakan spatula sampai benar benar tercampur dengan sempurna.
  2. Siapkan penggorengan dan kasih minyak sedikit buat mennumis bawah putih yang sudah di haluskan. Aduk pelan pelan sampai keluar aroma harum khas bawang putih.
  3. kemudian masukkan 200ml santan yang sudah disiapkan di atas ke dalam penggorengan tadi. Aduk pelan pelan tanpa henti sampa mendidih supaya santan tidak pecah.
  4. setelah mendidih, matikan dan masukkan santan nya ke dalam wadah tempat pencampuran tepung di lnagkah pertama.
  5. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil di campur atau di aduk (di uleni). Untuk hasil yang rata, sebaik nya proses ini menggunakan tangan sampai campuran tepung dan santan terasa kalis. Jadi tunggu sampai santan tidak terlalu panas sehingga bisa di aduk dengan tangan.
  6. Bentuk adonan tepung dan santan tadi sesuai selera. Disarankan bentuk nya tidak terlalu tebal sehingga dapat matang dengan sempurna dan tekstur nya empuk dan renyah.
  7. Langkah terakhir masukkan ke penggorengan dengan api kecil. Penggunaan api kecil ini bertujuan supaya adonan tadi dapat tergoreng dengan semurna, empuk, renyah dan tidak gosong.

Artikel Terkait