Wednesday, 2 May 2018

Resep Memasak Otak Otak Bandeng Ikan Tengiri

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Pada dasarnya, ada dua jenis otak otak yang kita kenal, yaitu otak otak bakar dan resep otak otak goreng. Kedua resep tersebut menggunakan bahan bahan baku dan cara membuat yang hampir sama. Perbedaan besarnya adalah di akhir proses pemasakannya. Buat yang malas untuk membakar, biasanya memang lebih gampang untuk digoreng aja. Tetapi kalau teman teman ingin mendapatkan rasa yang lezat dan enak khas Palembang, sebaiknya memang dibakar dengan menggunakan batok kelapa supaya hasilnya tidak bau dan aroma ikan nya tidak hilang. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail cara membuat otak otaknya dibawah ya.

Bahan bahan Resep Otak Otak

  1. Bahan utama yang sebenarnya diperlukan adalah 500 gram ikan tengiri. Tetapi kalau tidak ada bisa diganti dengan ikan bandeng, ikan kakap atau sesuai selera anda.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 siung.
  3. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 8 siung.
  4. Tepung sagu kualitas bagus sebanyak 50 gram.
  5. Santan kelapa kental sebanyak 50ml. Sebaiknya diambilkan dari perasan buah kelapa yang agak tua.
  6. Cabai merah besar 2-5 pcs. Cuci bersih dan iris tipis tipis. Jumlah nya bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  7. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2 butir. Pecahkan dan ambil bagian putih telurnya saja.
  8. Merica halus atau bubuk sebanyak kutang lebih setengah sendok kecil/teh.
  9. Garam dapar beryodium kurang lebih seanyak satu sendok kecil.
  10. Gula pasir manis sebanyak kurang lebih setengah sendok teh.
  11. Daun pisang yang sudah dibersihkan secukupnya.
  12. Bahan bahan untuk saus kacangnya adalah kacang tanah yang sudah disangrai dan ditumbuk sebanyak 100 gram, gula pasir satu sendok makan, cabai merah dan cabai rawit sesuai selera dan satu setengah garam dapur.

Cara membuat Resep Otak Otak Bandeng Ikan Tengiri

  1. Ambil satu wadah ukuran cukup besar buat tempat adonan. Masukkan 500 gram ikan bandeng atau tengiri dan campur dengan 2 butir putih telurnya. Aduk dan campur kedua bahan tersebut sampai benar benar tercampur rata dan kalis.
  2. Haluskan bawang merah dan bawang putihnya kemudian masukkan kedalam adonan diatas. campur semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung sagu sebanyak 50 gram dan santannya kedalam adonan diatas. Aduk dan campur semua bahan tersebut sampai benar benar rata.
  4. Kemudian masukkan cabai yang sudah dipotong kecil kecil, merica halus, setengah sendok garam dan gula pasirnya. Aduk kemabali semua bahan sampai benar benar tercampur rata. kalau diperlukan bisa menggunakan tangan agar benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan (ingat jangan ditekan saat proses pengadukkannya).
  5. Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan dan beri kurang lebih 1-1.5 sendok makan adonan diatas. Gulung dan bungkus menggunakan tusik gigi.
  6. Bakar diatas panggangan menggunakan batok kelapa atau bisa juga menggunakan wajan teflon sampai matang dan daun pisangnya agak terbakar dan kehitaman.
  7. Utuk membuat sausnya campur dan haluskan kacang sangrai dan cabainya. Kemudian masukkan bahan bahan yang lain dan aduk aduk sampai etrcampur rata.

Artikel Terkait