Wednesday, 2 May 2018

Resep Membuat Empek Empek Palembang Lenjer Asli

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Sebenarnya, tidak hanya resep dari Palembang aja yang disukai masyarakat kita. Ada juga Resep Empek Empek Bangka yang juga mempunyai cita rasa yang unik dan khas. Tetapi dikesempatan ini saya akan mengajak teman teman remaja putri dan ibu ibu semua untuk membuat Resep Empek Empek Palembang yang Enak. Mungkin beberapa diantara kita berfikir kenapa harus membuat sendiri. Toh banyak sekali penjual makanan satu ini yang gampang kita jumpai. Tidak hanya di rumah makan dan restarurant yang ada di Mal. Disekita rumah pun dengan mudah bisa kita jumpai penjual Empek empek Kapal Selam, Empek empek Lenjer dan Empek empek Telur. Tetapi apabila teman teman mempunyai sedikit waktu luang, kenapa kita tidak membuatnya sendiri. Disamping lebih hemat, kita juga bisa memastikan bahwa bahan bahan yang digunakannya benar benar terjamin kualitas, kebersihan dan kandungan gizinya.

Bahan bahan Membuat Resep Empek Empek Palembang Asli

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ikang tengiri yang sudah bebas dari duri kurang lebih 500 gram. Bisa juga menggunakan ikan gabus atau ikan belida apabila tidak ada ikan tengiri.
  2. Tepung Sagu sebanyak 250 gram. Gunakan tepung sagu yang mempunyai kualitas paling bagus supaya hasilnya enak.
  3. Telur ayam. Pilih ukuran sedang besar dan gunakan setengah butir telur saja.
  4. Bawang putih lokal yang ukurannya sedang besar. Kupas kulitnya dan siapkan 80 gram untuk kuah nya dan 6 pcs dihaluskan lebut untuk campuran adonan empek empek.
  5. Gula merah aren sebanyak setengah kilogram.
  6. Cabe Rawit 100 gram atau tergantung selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya.
  8. Asam Jawa kalau ada sedikit saja.
  9. Air bersih matang kurang lebih sebanyak setengah liter.

Cara Membuat Empek Empek Palembang

  1. Ambil wadah untuk adonan Resep Empek Empek nya. Masukkan Daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu supaya bisa tercampur sempurna dengan bahan bahan lainnya.
  2. Masukkan garam dan 6 pcs bawang putih nya kedalam wadah adonan. Campur dengan daging ikannya dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan setengah bagian telurnya dan campur dan aduk lagi dengan bahan bahan lainnya sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  4. Masukkan 250 gram tepung sagunya. Campur dengan semua bahan bahan sebelumnya sampai benar benar rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Ambil sedikit adonan diatas dan buat bentuk memanjang, pendek atau sesuai ide anda sendiri untuk bentuk empek empeknya. Lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Siapkan satu tempat untuk merebus adonan yang sudah dibentuk di aras. Beri air secukupnya dan rebus semua adonan pempeknya dalam air yang mendidih sampai matang.
  7. Siapkan satu wadah lagi untuk membuat kuah cukanya.
  8. Masukkan air matang 0.5 liter, gula merah yang sudah dipotong kecil kecil dan asam jawa secukupnya. Rebus sampai mendidih sambil diaduk aduk supaya tercampur rata.
  9. Masukkan garam secukupnya, bawang putih yang sudah dipotong kecil kecil dan garam sesuai selera. Bisa juga ditambahkan cabai rawit sesuai selera. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur. Angkat kuahnya dan saring.

Artikel Terkait