Saturday, 12 May 2018

Resep Membuat Kueh Carabikang Empuk dan Praktis

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Selain enak, salah satu variasi kue  jajanan pasar yang berbahan dasar tepung beras ini juga mempunya bentuk yang cantik dan sangat menarik mata. Apalagi kalau di atasnya terdiri dari warna hijau segar, coklat dan merah muda. Pasti akan membuat setiap orang yang melihatnya tertarik dan iningin mencicipinya. Memang, kue ini gampang sekali di jumpai di sekitar kita. Selain itu harganya pun cukup terjangkau oleh kantong sebagian besar masyrakat. Tetapi kalau anda mempunya hobi masak dan mempunyai waktu luang, tidak ada salahnya kita mencoba membuat sendiri resep kue carabikang di rumah. Selain bahan bahan nya mudah didapat, cara membuat Resep Carabikang juga cepat dan mudah.

Bahan bahan Resep Carabikang Empuk

  1. Seperti resep kue basah lainnya, Carabikang juga memerlukan 190 gram tepung beras (dibagi 2 bagian, 175 gram untuk adonan utama dan sisanya untuk campuran santannya).
  2. 500 ml Santan kental asli. Sebaiknya menggunakan perasan sendiri dari buah kelapa (kira kira butuh satu setengah butir kelapa, pisahkan menjadi 3 bagian).
  3. 27 gram Tepung Terigu. Pilih yang mempunya kadar protein sedang.
  4. 80 gram Gula pasir putih. Jangan menggunakn gula pasir kuning karena bisa merubah rasa dari hasil akhirnya nanti.
  5. Sekitar seperempat sendok kecil garam dapur beryodium.
  6. 15 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan ukuran sedang. Peras sampai menghasilkan kurang lebih 30 ml air untuk pewarna hijau.
  7. Pasta warna atau pewarna makanan warna merah dan coklat secukupnya.

Cara membuat Kue Carabiang cepat dan mudah

  1. Ambil satu wadah ukuran besar. Masukkan 175 gram tepung bras, 27 gram Tepung terigu, seperempat sendok garam, 310 ml santan dan 80 gram gula pasir. Aduk semua bahan sampai tercampur rata menggunakan sendok besar.
  2. Ambil satu panci kecil untuk merebus 15 gram tepung beras dan 90 ml Santan aslinya. masak dengan api sedang cenderung kecil dan aduk perlahan sampai medidih. Jangan sampai santan pecah.
  3. Masukkan santan yang sudah di rebus kedalam wadah di langkah 1. Masukkan sedikit demi sedikit santannya dan aduk secara perlahan ke dalam adonannya sampai semua bahan tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan yang tertinggal.
  4. Pisahkan sedikit 3 bagian adonan untuk campuran warna yang di gunakan. Campur adonan tadi dengan emnggunakan pewarna hijau, merah dan coklat yang sudah disiapkan di atas.
  5. Siapkan bahan olesan untuk bahan jadinya. Campur 100 ml santan kental dan garam secukupnya.
  6. Siapkan cetakan kue carabikang nya di atas api sedang cenderung kecil. Olesi dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  7. Masukkan 3/4 adonan utama ke dalam cetakan tersebut. Kemudian masukkan adonan berwarna di atasnya.
  8. Masak sebentar dan tunggu sampai timbul lubal lubang kecil di atas kue nya. Cungkil bagian tengah kue dan bagian bawahnya sampai matang untuk memberikan efek merekah yang sempurna.
  9. Olesi kue yang sudah matang dengan bahan olesan di atas untuk menambah bau harum dan rasa gurihnya.
  10. Ulangi semua proses sampai semua adonan habis.

Artikel Terkait