Saturday, 12 May 2018

Resep Membuat Kueh Donat Madu Empuk Bandung

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Seperti bahan bahan untuk membuat Kue basah lainnya, Donat Madu Bandung juga menggunakan bahan utama tepung terigu. Tetapi, untuk hasil yang lembut dan empuk, tepung terigu yang di gunakan sebaiknya menggunakan campuran antara 1 bagian tepung terigu protein sedang dan 3 bagian tepung terigu protein tinggi. Selain itu beberapa proses pembuatan Resep Donat Madu juga harus diperhatikan, seperti cara pengadukan yang benar, proses pencampuran bahan bahan nya dan cara menggoreng yang benar supaya hasilnya tidak bengkok dan tetap bundar seperti ban kendaran.

Bahan bahan Resep Donat Madu Empuk

  1. Untuk hasil yang terbaik, siapkan 125 gram Tepung terigu Protein sedang dan 375 gram Tepung Terigu Protein tinggi. Untuk merek, silahkan pilih sendiri tetapi sebaiknya dari merek yang cukup terkenal dan sudah biasa digunakan untuk membuat roti.
  2. 3 butir telur ukuran sedang besar atau 4 butir telur ukuran kecil. Pisah bagian putihnya, soalnya nanti yang digunakan hanya kuning telurnya saja.
  3. 6 Sendok besar atau sendok makan Madu. Usahakan madu asli yang aroma nya masih khas, bukan madu instan.
  4. 100 gram Gula pasir putih yang bersih, jangan memakai gula pasir yang berwarna kekuningan.
  5. 12 gram Fermipan atau ragi instan untuk membuat donat.
  6. 105 gram margarin. Usahakan memakai margarin yang untuk olesan roti supaya hasilnya lebih enak.
  7. Setengah sendok garam dapur beryodium.
  8. Seperempat liter air masak.

Cara membuat Donat Madu Bandung

  1. Campur 125 gram tepung terigu sedang, 375 gram tepung protein tinggi, 100 gram gula pasir, ragi instan, garam dan 105 gram margarin. Campur semua sampai semua bahan tercampur sempurna.
  2. Masukkan madu dan 3 butir kuning telur. campur dan aduk pakai tangan sampai benar benar tercampur dengan rata.
  3. Masukkan 250ml air sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk dengan tangan. Pastikan semua bahan tercampurdengan sempurna dan kalis.
  4. Diamkan adonan donat sekitar setengah jam. Tutupi wadah dengan kain serbet yang bersih.
  5. Ambil adonan donat madu secukupnya. Bentuk adonan dan diamkan lagi selama sekitar 15 menit.
  6. Panaskan penggorengan dengan api sedang cenderung kecil. Masukkan adonan donat satu dan goreng. Jangan lupa untuk mengambil satu sumpit dan letakkan di tengah lubang adonan sambil diputar pelan pelan sampai donat matang dan berwarna kecoklatan.
  7. Ulangi proses penggorengan di atas sampai semua adonan habis.

Artikel Terkait