Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Membuat Kueh Klepon Ketan Isi Gula Merah Enak

Kumpulan Resep Makanan - Memang ada dua macam jenis resep kue ini yang dikenal di tengah masyarakat, yaitu Resep Klepon Ketan dan Resep Klepon ubi. Tetapi untuk kali ini saya akan mengajak teman teman untuk belajar membuat Klepon Ketan dengan isi Gula Merah Jawa. Selain cara membuat nya cukup mudah, bahan bahan yang dibutuhkannya pun dengan mudah kita bisa beli di warung warung atau mini mart dekat rumah kita. Selain lebih berhemat, dengan membuat sendiri kita bisa memastikan bahwa kue yang dihasilkan nanti tidak mengandung bahan bahan berbahaya dan tidak menggunakan pewarna kimia yang bisa menggangu kesehatan anggota keluarga. Untuk lebih jelasnya, silahkan meneruskan detrail bahan dan cara membuatnya di bawah.

Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah

  1. Tepung Beras dengan kualitas bagus sebanyak 50 gram. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.
  2. Pasta Hijau Pandan sebanyak kurang lebih 2 sendok kecil atau sendok teh.
  3. Tepung ketan halus sebanyak 250 gram. Lebih baik di ayak dahulu supaya hasilnya nanti lembut.
  4. Gula Merah Jawa sebanyak 190 gram sampai 220 gram. Iris tipis tipis supaya nanti mudah dimasukkan ke dalam adoanan kue klepon nya nanti.
  5. Garam Dapur halus beryodium sebanyak seperempat sendok kecil atau sendok teh.
  6. Air bersih matang sebanyak 280 ml. gram. Bisa ditambahkan atau dikurangi sampai adonan pas.
  7. Daun pandan segar sebanyak 1 lembar. Cuci bersih dahulu sebelum di gunakan.
  8. kapur sirih sebanyak seperempat sendok kecil dan air sebanyak 50 ml untuk membuat air kapur.
  9. Setengah Buah Kelapa (jangan terlalu tua) dan parut.

Cara Membuat Resep Klepon Ketan Enak

  1. Langkah pertama membuat air kapurnya. Campur dan endapkan seprempat sendok kapur sirih dan air nya. Ambil Air Kapurnya sebanyak 2 sendok kecil.
  2. Ambil satu wadah untuk adonan. Masukkan 250 gram Tepung ketan dan Tepung beras sebanyak 50 gram. Aduk rata kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Masukkan 2 sendok pasta pandan dan air kapur nya. Aduk sebentar.
  4. Masukkan air bersih matangnya sedikit demi sedikit sambil diaduk ke dalam adonan tepung di atas. Tambahkan apabila di arasa adonan masih terlalu kental dan susah di bentuk.
  5. Ambil adonan diatas dan bentuk seperti bola lalu pipihkan. Jumlah adonan silahkan disesuaikan dengan besarnya kue yang nanti akan di buat.
  6. Ambil sedikit irisan gula merah. taruh di atas adoanan pipih di atas dan kemudia bentuk bulatan seperti bola. lakukan proses ini sampai adonan rsep Klepon dan gila merah jawanya habis.
  7. Panaskan air untuk merebus adoannay dengan api sedang kecil. Setelah api mendidih, masukkan satu persatu adonan bentuk bila diatas ke dalamnya.
  8. Tunggu sampai adonan melayang di dalam air rebusan nya. Tiriskan sebentar lalu siapkan kukusan.
  9. Ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan parutan kelapa, seperempat sendok kecil agram dan daun pandannya. Aduk dan campur sampai rata dan kukus sebentar.
  10. Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat.
  11. Pastikan semua bagian kulit luar klepon tertutupi kelapa dan hidangkan.

Post a Comment