Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

5 Senjata Tradisional Jambi Beserta Gambarnya

Senjata Tradisional Jambi

Sebetulnya masyarakat Jambi memiliki banyak sekali varian senjata tradisional. Perkembangan dan pengaruh kerajaan Melayu dan kerajaan Sriwijaya di masa silam mewariskan pengetahuan akan ragam senjata tersebut. Namun, seiring kemajuan zaman banyak di antara senjata itu kemudian punah. Hingga tersisalah 5 senjata yang kini telah dianggap sebagai warisan senjata tradisional Jambi.
Senjata Tradisional Jambi


Baca Juga:

5 Senjata Tradisional Kalimantan Barat Beserta Gambarnya



1. Senjata tradisional badik tumbuk lada

Yang pertama dan yang paling populer adalah senjata bernama Badik Tumbuk Lada. Senjata tradisional Jambi ini berupa sebuah badik (senjata tikam) dengan keunikan terdapat pada desain gagang, bilah, dan sarungnya. Tidak seperti Badik khas Sulawesi, badik tumbuk lado terkesan lebih sederhana. Tidak terdapat banyak ukiran atau hiasan selain pada bagian gagang atau pegangannya yang dilengkapi motif sederhana. Gambar yang tercantum di atas merupakan gambar penampakan dari senjata tersebut.
Selain sebagai alat untuk melindungi diri ketika berburu atau saat berkelahi, badik tumbuk lado di masa kini juga telah beralih fungsi sebagai identitas bagi masyarakat Jambi.

2. Senjata tradisional keris Jambi

Selain badik tumbuk lado, Jambi juga memiliki senjata tradisional lainnya yang berfungsi sebagai identitas diri. Bila kita memperhatikan logo resmi Provinsi Jambi saat ini, kita akan melihat gambar sebilah keris di bagian tengah logo tersebut. Gambar keris pada logo itu merupakan gambar keris Siginjai.
Dirunut pada sejarahnya, keris Siginjai merupakan keris yang dimiliki seorang Raja Jambi yang bijaksana bernama Raja Rangkayo Hitam. Keris tersebut merupakan alat yang digunakan sang raja untuk melindungi diri. Raja selalu membawanya kemanapun karena keris tersebut selalu disimpan sebagai tusuk kondenya. Tusuk konde yang dalam Bahasa Jambi disebut “Ginjai” menjadi asal usul penamaan senjata tradisional Jambi ini.
Keris siginjai diwariskan secara turun temurun kepada raja yang bertahta. Raja terakhir yang mewarisi senjata ini adalah Sultan Achmad Zainudin yang berkuasa di awal abad 20 M. Gambar di atas adalah gambar keris Ginjai. Panjangnya sekitar 39 cm, berluk atau lekuk 5, dan terbuat dari bahan besi, nikel, emas, dan kayu untuk serangkanya.
Senjata tradisional keris Jambi

 

3. Senjata tradisional sumpit suku Kubu

Suku kubu seperti suku Anak Dalam yang hingga kini masih tetap bertahan hidup di hutan dan menjauhkan diri dari lingkungan luar kerap menggunakan sebuah sumpit ketika berburu. Hewan buruan disumpit menggunakan selongsong panjang yang diisi dengan anak panah beracun. Hewan-hewan buruan seperti rusa, kancil, babi, dan kijang hutan tak akan bisa kabur jauh bila terlukai oleh anak panah beracun tersebut.
Senjata tradisional Jambi sumpit suku Kubu

 

Baca Juga:

Kumpulan Senjata Tradisional Papua Beserta Penjelasannya

 

4. Senjata tradisional tombak Jambi

Tombak memang banyak dikenal oleh sebagian besar suku-suku di nusantara sebagai salah satu senjata yang multi fungsi. Tak terkecuali dengan masyarakat suku Jambi. Kendati begitu, tombak khas Jambi memiliki beberapa keunikan. Di bagian tangkai pegangan paling pangkal tombak ini biasanya ikut diruncingkan, kemudian di tangkai yang dekat dengan mata tombak diberi secama penadah. Bentuk dan penampakan senjata tradisional Jambi ini bisa dilihat pada gambar di atas.
Senjata tradisional tombak Jambi

5. Senjata tradisional pedang Jambi

Senjata tradisional Jambi yang terakhir adalah pedang Jambi. Secara sekilas, pedang Jambi tampak seperti pedang pada umumnya, namun bila diperhatikan lebih seksama, kita akan melihat adanya 2 mata pada bilah pedang ini. keduanya tajam dan dapat melukai. Sangat berbeda dengan pedang pada umumnya yang hanya memiliki 1 mata yang tajam.
 
Searches related to Senjata Tradisional Jambi

  • senjata dari bengkulu
  • senjata tradisional jambi badik tumbuk lada
  • alat musik adat jambi
  • sumpit suku kubu
  • pakaian tradisional jambi
  • senjata badik tumbuk lada
  • tarian tradisional jambi
  • keris jambi

Post a Comment