Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Bebek Rica Rica Empuk Pedas

Kumpulan Resep Makanan - Salah satu yang menjadi kendala dalam membuat resep masakan rica rica bebek ini adalah membuat daging bebeknya empuk dan tidak alot. Sesuai dengan karakteristik daging bebek yang lebih basah, untuk membuat dagingnya empuk memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, cara membuat rica rica kali ini kita akan menggunakan panci bertekanan tinggi atau panci presto. Selain waktu yang dibutuhkan lebih cepat, dengan menggunakan panci presto daging resep rica rica bebek nya juga teksturnya lebih empuk sampai kedalam.
Selain menggunakan panci presto, untuk membuat masakan rica rica kali ini nikmat dan lezat adalah pemilihan daging bebeknya. Gunakan bebek yang umurnya pas, tidak terlalu tua ataupun muda. Kira kira kurang lebih bebek dengan umur sekitar 3 bulanan. Selain itu, bumbu yang digunakan untuk membuat resep bebek rica rica juga sebaiknya diuleg dengan tangan. Kalau menggunakan blender biasanya biji cabainya akan pecah dan rasanya akan beda. selain itu bawang merah dan putih yang diuleg aromanya juga lebih harum saat ditumis. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep bebek rica rica dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya dibawah ini.

Bahan bahan Resep Bebek Rica Rica Empuk Enak

  1. Sesuai namanya, bahan baku utama yang dibutuhkan adalah bebek yang masih segar ukuran sedang sebanyak 1 ekor (kurang lebih bertnya 1 kg). Cuci bersih dengan air mengalir, buang bagian tunggirnya lalu potong potong menjadi 8 potong atau sesuai selera.
  2. Batang serai kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu memarkan dahulu supaya aromanya nanti keluar dan harum.
  3. Daun jeruk segar supaya aromanya segar dan mengurangi bau amis kurang lebih sebanyak 3 lembar saja. Cuci bersih lalu buang tulang daunnya.
  4. Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  6. Air bersih kurang lebih sebanyak 1/2 liter saja.
  7. Gula jawa secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu rica ricanya.

 

Bumbu Rica Rica Bebek Pedas Enak

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu potong potong kecil supaya mudah saat dihaluskan.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulit bawang lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah dihaluskan.
  3. Buah cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-7 buah. Cuci bersih dan potong potong juga supaya mudah diuleg.
  4. Buah cabai rawit merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 pcs.

 

Cara Membuat Bebek Rica Rica Pedas Enak Empuk

  1. Haluskan bumbu rica ricanya, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan cara diuleg supaya aroma dan rasanya lebih keluar.
  2. Siapkan penggorengn dengan api sedang kecil, beri minyak dan masukkan bumbu halus diatas.
  3. Aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  4. Masukkan dun jeruk yang sudah dihilangkan batang daunnya dan serai yang sudah dimemarkan. Aduk aduk kembali sampai tercampur rata dan matang.
  5. Siapkan panci dan beri air secukupnya. Sebaiknya menggunakan panci bertekanan tinggi atau panci presto supaya daging bebeknya empuk dan enak.
  6. Masukkan bumbu tumisan diatas ke dalam panci beserta daging bebek yang sudah dipotong potong, aduk aduk sebentar kemudian tutup.
  7. Masak sampai dagingnya empuk atau kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit setelah prestonya mendesis.
  8. Selanjutnya buka tutup panci presto dan teruskan memasaknya sampai air di bumbunya mengering dan habis.
  9. Angkat dan tuang diatas piring sajian.

Post a Comment