Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tips Resep Cumi Goreng Tepung Renyah Crispy

Kumpulan Resep Makanan - Daging cumi yang kenyal memang jadi salah satu faktor hasil gorengannya nanti menjadi keras. Untu itu, sebaiknya daging nya agak di empukkan terlebih daulu menggunakan bahan pengempuk daging atau bisa juga sedikit dipukul pukul (jangan terlalu keras karena bisa merusak tekstur dagingnya. Selain itu, daging cumi sebelum dimasak juga bisa di bekukan terlebih dahulu. Teman teman juga bisa merendamnya terlebih dahulu ke dalam susu sebelum digoreng selama kurang lebih 1 jam. Dalam proses membuat Resep Cumi Goreng Tepungnya, sebaiknya juga menggunakan minyak yang benar benar sudah panas dan jangan meggoreng terlalu banyak cumi dalam satu gorengan. Oke, untuk detail bahan bahan yang digunakan dan cara membuatnya silahkan melihat di bawah ya.

Bahan bahan Resep Cumi Goreng Tepung

  1. Daging cumi segar yang sudah dibersihkan dan dibuang tintanya sebanyak 750 gram. Pilih ukuran sedang dan potong dengan lebar sesuai selera (jangan terlalu lebar).
  2. Jeruk Nipis kurang lebih 2 buah ukuran besar. Ambil air perasannya kurang lebih 1 – 1,5 sendok makan.
  3. Telur ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.
  4. Merica halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil. Bisa dihilangkan apabila mau memasak untuk anak anak yang tidak suka pedas.
  5. Kaldu Ayam bubuk atau instan sebanyak kurang lebih satu sendok kecil.
  6. Tepung Terigu halus sebanyak 150 gram
  7. Garam dapur yang beryodium sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh.
  8. Jahe yang sudah dibersihkan dan diparut sebanyak setengah sendok kecil.
  9. Bawah putih lokal satu setengah pcs. Dikupas kulitnya dan diparut alus.
  10. Minyak Goreng secukupnya.

Cara Memasak dan Goreng Resep Cumi Goreng Tepung Spesial

  1. Cumi yang sudah dicuci bersih dipotong sesuai ukuran dan lebar yang diinginkan. Pastikan cumi sudah melalui tips untuk mengempukkan dagingnya diatas.
  2. Ambil satu wadah ukuran sedang. Lumuri daging cumi yang sudh dipotong dengan air perasan jeruk nipisnya. Aduk sampai rata dan pastikan semua bagian daginnya kena air jeruk nipisnya dan diamkan kurang lebih setengah jam.
  3. Ambil satu wadah lagi untuk adonan celupannya.
  4. Masukkan tepung terigu, garam dapur, merica, jahe, bawang putih dan kaldu ayamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai tercampur rata.
  5. Masukkan telurnya dan aduk kembali sampai semua adonan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  6. Masukkan cumi yang sudah dilumuri air jeruk nipis ke dalam campuran tepung diatas. Bolak balikkan sampai semua bagian cumi tertutup rata oleh adonan tepung.
  7. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang.
  8. Tunggu sampai minyak panas dan masukkan cumi tepung diatas. Jangan memasukkan terlalu banyak supaya matangnya merata.
  9. Bolak balik dan goreng kurang lebih sekitar 3 menit. Jangan terlalu lama supaya hasil jadi cumi goreng tepung tidak keras.
  10. Tiriskan sampai benar benar tiris sebelum disajikan.

Post a Comment