Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Jepin, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Barat

Tari Jepin, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Barat

Tari Jepin adalah kesenian tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat yang diadaptasi dari kesenian melayu, agama islam, dan juga budaya lokal. Tarian ini merupakan salah satu media penyebaran dari agama Islam di Provinsi Kalimantan Barat. Tari Jepin merupakan kesenian tari gerak dan lagu yang memiliki arti disetiap gerakannya.

Sejarah Tari Jepin

Menurut beberapa sumber sejarah yang ada. Tari Jepin ini awalnya merupakan kesenian yang menjadi media dakwah didalam penyebaran agama islam pada abad ke-13. Tarian ini pada awalnya ditampilkan di daerah Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Kemudian menyebar dan juga berkembang ke berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Barat.

Pertunjukan Tari Jepin

Gerakan dalam Tari Jepin ini lebih menekankan kepada gerakan kaki dan juga tangan. Dalam pertunjukannya, gerakan diawali dengan salam pembuka. Setelah itu para penari melakukan gerakan yang bertumpu pada gerakan kaki yang bergerak berulang-ulang. Dua kaki para penari bergerak maju-mundur, ke kiri dan ke kanan, dan juga gerakan memutar. Pada awalnya gerakan ini mempunyai beberapa aturan, salah satunya ialah penari tidak boleh terlalu mangangkang dan juga tangan tidak boleh diayunkan terlalu tinggi.

Busana Tari Jepin

Dalam pertunjukannya Tari Jepin ini sering dimainkan oleh para penari laki laki dan perempuan yang dibalut dengan busana khas dari melayu. Dengan baju lengan panjang dan juga celana panjang yang dihiasi balutan kain atau sarung dipinggang mereka. Pada bagian kepala, para penari pria biasanya akan menggunakan penutup kepala seperti peci hitam. Pada penari wanita biasanya dihiasi dengan hiasan pernak-pernik seperti bunga-bunga.

Pengiring Tari Jepin

Pada pertunjukannya, tarian ini diiringi dengan musik tradisional khas melayu seperti alat musik gambus, perkusi, dan juga marawis. Selain diiringi dengan musik, tarian ini juga diiringi dengan lagu yang berupa pantun berisi tentang kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai dalam ajaran islam.

Perkembangan Tari Jepin

Tari Jepin telah ini berkembang ke berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Barat dan menjadi salah satu kesenian daerah di Provinsi Kalimantan Barat. Tarian ini tidak hanya sebagai media penyebaran agama, tetapi juga sebagai kesenian dan juga hiburan. Seiring dengan perkembangannya, tarian ini sudah berkembang dan mempunyai berbagai kreasi baru, seperti Tari Jepin melayu, jepin lembut, jepin kipas dan juga jepin tali bui. Meskipun banyak memiliki kreasi baru, tetapi beberapa tarian tersebut masih tidak meninggalkan dari pakem aslinya.

Tarian jepin dapat kita temukan diberbagai acara adat melayu di Provinsi Kalimantan Barat seperti pernikahan gaya melayu. Selain itu juga tarian ini dapat kita temukan diberbagai acara seperti acara penyambutan tamu besar atau festival budaya.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment