Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Lengger, Tarian Tradisional Dari Provinsi Jawa Tengah


Tari Lengger, Tarian Tradisional Dari Provinsi Jawa Tengah

Tari Lengger adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari dari Jawa tengah. Tarian ini dimainkan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan. Tari Lengger ini merupakan pengembangan dari tarian sebelumnya, yakni tari Tayub. Tari Lengger juga merupakan tarian klasik yang telah ada sejak zaman dahulu sampai sekarang .


Sejarah Tari Lengger

Nama Tari Lengger ini sendiri diambil dari kata le yang berarti anak laki-laki dan kata ger yang berarti geger atau ramai. Karena banyaknya para penonton laki-laki yang hadir dalam setiap pertunjukannya. Tarian ini dahulunya dianggap negatif karena gerakan dan juga adegan dalam tarian ini dianggap dapat mengundang birahi. Selain itu juga tidak jarang para penonton yang ikut dalam menari sambil mabuk. Namun tarian ini telah berhasil diubah oleh Sunan Kalijaga dan kemudian menjadikan tarian ini sebagai sarana dakwah yang disisipkan ajaran untuk selalu mengingat kepada Tuhan. Sehingga banyak juga yang mengatakan bahwa nama lengger diambil dari kata eleng atau eling yang berarti ingat, sedangkan kata ngger artinya nak (sebutan untuk seorang anak). Sehingga dapat diartikan menjadi ingatlah nak yaitu seruan untuk menggingat pada kebaikan dan juga untuk mengingat kebesaran Tuhan.

Pertunjukan Tari Lengger

Pertunjukan Tari Lengger
Pertunjukan Tari Lengger

Dalam pertunjukannya, tarian ini umumnya dimainkan oleh 2 (dua) orang yaitu laki-laki dan perempuan. Dalam tarian ini ada beberapa babak, setiap babak biasanya akan dimainkan dalam waktu 10 menit. Keunikan dalam Tari Lengger ini juga terletak pada kostum para penarinya, pada penari wanita biasanya akan menggunakan baju tradisional dengan selendang yang digunakan untuk menari dan penari laki-laki tampil dengan menggunakan topeng.

Pengiring Tari Lengger

Dalam pertunjukannya, Tari Lengger ini biasanya akan diiringi oleh alat musik tradisional seperti gambang, calung, saron, kendang, gong dan alat musk tradisional lainnya.

Busana Tari Lengger

Busana yang digunakan dalam tarian ini, untuk penari wanita biasanya akan menggunakan kemben, kain jarit, mahkota, dan selendang, dipadukan dengan tata rias yang membuat penari terlihat cantik dan menawan. Sedangkan untuk penari pria biasanya hanya menggunakan baju panjang atau menggunakan rompi, kai jarit sepanjang paha, ikat kepala, celana setinggi lutut, dan topeng. Untuk topeng yang digunakan biasanya adalah menggambarkan tokoh yang mereka mainkan.

Perkembangan Tari Lengger

Dalam perkembangannya, tarian ini masih menjadi tarian tradisional yang tetap dilestarikan di Provinsi Jawa Tengah. Tarian ini masih sering ditampilkan dibeberapa tempat di Jawa Tengah seperti di banyumas, wonosobo, dieng, dan lain-lainnya. Tari Lengger ini biasanya ditampilkan diacara hajatan, hari besar, penyambutan para tamu terhormat dan festival budaya di Provinsi Jawa tengah.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment