Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Woleka, Tarian Tradisional Khas Sumba Barat Daya Provinsi NTT


Tari Woleka, Tarian Tradisional Khas Sumba Barat Daya Provinsi NTT

Tari Woleka adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini merupakan tarian selamat datang atau penyambutan. Tari Woleka biasanya ditarikan oleh beberapa penari pria dan wanita dengan gerakan yang sangat khas. Tarian merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini sering ditampilkan diberbagai acara seperti acara penyambutan tamu penting, festival budaya dan juga pertunjukan seni.


Asal Mula Tari Woleka

Tari Woleka ini merupakan tarian tradisional yang berasal dari Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Asal mula dari Tari Woleka ini masih belum diketahui secara pasti, namun menurut beberapa sumber yang ada mengatakan bahwa tarian ini awalnya ditampilkan untuk menyambut dan juga mengiringi para tamu penting atau seorang bangsawan yang datang ke sana.

Pertunjukan Tari Woleka

Tari Woleka ini umumnya dimainkan oleh para penari pria dan wanita. Jumlah para penari biasanya terdiri dari 4 sampai 6 penari wanita dan 2 sampai 4 orang penari pria tergantung konsep dari masing-masing kelompok yang membawakannya. Dalam pertunjukannya, tarian ini diawali dengan formasi penari pria dibarisan depan sedangkan para penari wanita dibelakangnya. Kemudian dilanjutkan dengan formasi yang berubah-ubah sesuai dengan sajian utama dari Tari Woleka.

Untuk gerakan penari pria dan wanita dalam tarian ini biasanya berbeda. Para penari pria biasanya akan menari dengan gerakan yang sangat lincah sambil memainkan pedang yang dibawanya, gerakan tersebut menggambarkan sifat para pria yang jantan, sigap, dan juga gesit. Sedangkan pada penari wanita menari dengan gerakan yang sangat anggun sambil memainkan kain selendang yang kenakannya. Gerakan para penari wanita ini menggambarkan sifat dari wanita yang cantik, anggun, dan juga indah.

Pengiring Tari Woleka

Dalam pertunjukannya, Tari Woleka ini biasanya diiringi oleh alunan alat musik tradisional. Alat musik yang digunakan ialah seperangkat gong yang dimainkan secara bergantian serta teratur sehingga menghasilkan suara yang sangat khas dan merdu. Irama musik yang digunakan biasanya merupakan irama yang bertempo cepat.

Kostum Tari Woleka

Kostum yang digunakan oleh para penari biasanya merupakan pakaian adat. Pada penari wanita biasanya akan menggunakan kain panjang khas dari Sumba yang menutupi bagian tubuh. Pada bagian kepala akan menggunakan ikat kepala yang berhiasan seperti ronce-ronce maupun tabela. Sedangkan pada penari wanita juga akan dilengkapi dengan gelang maupun kalung sebagai pemanis dan juga selendang yang diikatkan pada bagian pinggang yang digunakan dalam menari.

Untuk penari pria biasanya akan menggunakan celana pendek serta kain yang menutupinya. Pada bagian tubuh menggunakan selampang tenun khas dari Sumba. Sedangkan bagian kepala biasanya akan menggunakan ikat kepala yang sering disebut kapauta. Para penari pria juga dilengkapi dengan golok atau pedang khas dari Sumba yang digunakan dalam menari.

Perkembangan Tari Woleka

Dalam perkembangannya, Tari Woleka ini masih terus dilestarikan sampai sekarang. Tarian ini masih sering ditampilkan untuk tarian selamat datang atau penyambutan bagi para tamu penting maupun rombongan wisatawan yang sedang datang ke sana. Selain itu tarian ini juga sering ditampilkan diberbagai acara seperti acara pernikahan, pertunjukan seni dan juga festival budaya.



Patut Kamu Baca:

1 comment

  1. apa nama teknik gerak dalam tarian woleka