Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

8 Senjata Tradisional Betawi Lengkap Beserta Gambarnya

Senjata Tradisional Betawi

Ada 8 senjata tradisional Betawi yang akan kita bahas di kesempatan ini. kedelapan senjata tersebut antara lain golok betawi, keris, belati, badik cangkingan, trisula, toya, pisau raut, dan cunrik.
Senjata Tradisional Betawi


Baca Juga:

Lengkap Senjata Tradisional Riau Beserta Penjelasannya




1. Senjata Tradisional Golok

Golok adalah senjata tradisional Betawi yang paling populer. Senjata ini kerap dijadikan alat kelengkapan keseharian pakaian adat Betawi para kaum pria. Golok diselipkan di ikat pinggang hijau dan dikenakan ketika bekerja atau bepergian untuk sarana perlindungan diri. Berdasarkan kegunaannya, orang Betawi biasanya memisahkan golok yang digunakan untuk kerja (Gablongan) dengan golok simpenan (Sorenan). Golok simpenan hanya digunakan ketika hendak menyembelih hewan atau untuk menjaga diri.
Sementara berdasarkan bentuknya, golok Betawi dibedakan menjadi 3, yaitu golok betok yang pendek, golok ujung turun (ujungnya lancip), dan golok gobang (panjang dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi).

2. Senjata Tradisional Keris

Selain golok, masyarakat Betawi di masa silam juga mengenal keris sebagai salah satu senjata tradisionalnya. Bentuk keris betawi tidak ubahnya seperti keris Jawa pada umumnya, sehingga banyak budayawan yang berkeyakinan bahwa keris Betawi merupakan warisan dari budaya Sunda dan Cirebon.
 

3. Senjata Tradisional Belati

Tidak banyak jenis senjata tikam yang dikenal masyarakat Betawi. Hal ini mengingat adat budaya masyarakatnya yang memang tidak suka dengan perkelahian berlebihan. Kendati begitu, mereka juga mengenal belati sebagai salah satu kelengkapan perkakasnya. Belati berbentuk menyerupai golok, namun ukurannya lebih kecil. Selain itu, bilahnya cenderung lebih tebal dengan ujung yang lancip dan melengkung.
 

4. Senjata Tradisional Badik Cangkingan

Di masa silam, para pemuda betawi yang pergi jauh dari rumah kerap membawa senjata untuk menjaga diri. Senjata berukuran kecil yang mereka bawa berbentuk seperti rencong khas Aceh atau badik khas Sulawesi. Karena kerap dibawa bepergian (dicangking), senjata ini kemudian dinamai badik cangkingan. Untuk saat sekarang, senjata tradisional Betawi ini sudah jarang digunakan.
Senjata Tradisional Betawi

 

5. Senjata Tradisional Trisula

Pengaruh budaya Hindu di pulau Jawa pada masa silam memang meninggalkan banyak benda bersejarah. Salah satunya adalah budaya penggunaan trisula sebagai senjata pada kehidupan masyarakat Betawi.
Trisula betawi sedikit mirip dengan trisula khas Palembang, hanya saja bilah bagian tengah cenderung lebih panjang dan kedua bilah disisi kiri kanan dibuat melengkung ujungnya. Gambar di bawah ini adalah gambar dari senjata tradisional tersebut.

6. Senjata Tradisional Toya

Di masa silam, Betawi memang dikenal memiliki banyak jawara dan perguruan silat. Tak heran bila kita juga dapat menemukan adanya senjata tongkat bernama Toya ini. senjata toya dahulu digunakan sebagai alat latihan bagi murid-murid perguruan silat. Bila digunakan sebagai alat perlindungan diri, toya biasanya dilengkapi dengan gerigi kasar di kedua ujungnya untuk memberikan efek lebih besar pada musuh yang dipukul.
 
 

7. Senjata Tradisional Pisau Raut

Jenis senjata tradisional Betawi selanjutnya adalah pisau raut. Senjata ini bukan digunakan untuk senjata dalam peperangan, melainkan lebih digunakan untuk sarana budaya. Para pengantin pria biasanya menggunakan senjata ini sebagai kelengkapan pakaian pengantin adat Betawi. Pisau raut diselipkan di ikat pinggang depan perut dengan dilengkapi rangkaian bunga melati.
Senjata Tradisional Betawi

8. Senjata Tradisional Cunrik

Ketika bepergian, para kaum wanita Betawi di masa silam juga kerap membawa senjata untuk menjaga diri. Bedanya, senjata tradisional Betawi yang dibawa tidak berbentuk seperti senjata. Ia dibuat menyerupai aksesoris tusuk konde tapi cukup mematikan karena ketajamannya. Senjata ini bernama cunrik. 
 
Searches related to Senjata Tradisional Betawi

  • nama senjata khas jakarta
  • senjata khas jakarta badik
  • senjata tradisional betawi golok
  • badik senjata tradisional dari daerah
  • rumah adat khas betawi
  • tarian tradisional dki jakarta
  • alat musik adat betawi
  • golok betawi asli
 

Post a Comment