Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Alat Musik Ritmis Modern dan Tradisional Terlengkap

Pengertian Alat Musik Ritmis

Untuk mengawali pembahasan tentang contoh alat musik ritmis, anda perlu menegetahui apa alat musik ritmis itu sendiri. Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai alat musik ini. SSehingga tidak heran jika bertanya kepada seseorang mempunyai jawaban masing-masing. Namun dengan beberapa pendapat tersebut kami berhasil mengambil kesimpulan.
Perlu anda ketahui, alat musik ritmis adalah alat musik yang digunakan sebagai pengiring alat musik lainnya dan pengatur tempo nada. Sehingga dapat diartikan alat musik ini hanya mempunyai satu nada bahkan juga dapat dikatakan alat musik yang tidak bernada.
Dapat mengambil kesimpulan bahwa pengeritan alat musik ritmisi itu adalah sebuah alat musik yang tidak bernada. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa alat musik ritmis itu berfungsi hanya untuk penggiring lagu. Selain itu, alat musik ritmis ini juga mempunyai fungsi lain yaitu pengetur tempo dan irama sebuah lagu.

Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Dengan perkembangan seni musik yang terdapat di dunia yang begitu pesat. Pada era sekarang ini kita dapat menemukan banyak sekali contoh alat musik ritmis yang ada di sekeliling kita. Adapun beragam contoh tersebut dapat kita kategorikan menjadi jenis alat musik tradisional dan jenis alat musik modern.
Berikut ini kami sajikan sebuah contoh alat musik ritmis berdasarkan penggolongan. Selain itu kami juga menjelaskan bagaimana cara memainkan alat musik ritmis denganbaik dan benar. Sebelum memasuki pembahasan kami harap anda bisa menonton video ini terlebih dahulu.

Alat Musik Kendang

alat musik ritmis kendang
Untuk alat musik yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga bahkan alat musik ini sudah terkenal dinegara kita. Sehingga dapat dipastikan semua orang pasti sudah mengetahui alat musik ini. Banyak orang menyebutnya alat musik ini dengan sebutan kendang.
Namun pada umumnya alat musik ini lebih terkenal dengan sebutan gendang. Gendang merupakan salah satu instrumen dalam gamelan masyarakat Jawa yang digunakan untuk mengiri pagelaran wayang, tari. dan pelengkap dan juga masyarakat Sunda yang salah satu fungsi utamanya yaitu untuk mengatur tempo atau irama.
Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditabuh dengan tangan. Ada beberapa jenis kendang yang pada umumnya diketahui oleh masyarakat diantaranya kendang ciblon atau kendang kebar,kendang ini memiliki ukuran menengah.
Kendang ketipung, pada umumnya ukuran kendang ini lebih kecil dibandingkan dengan kendang lainnya. Dan kendang kalih, kendang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan kendang lainnya. Pada umumnya kendang kalih mempunyai perpaduan pasangan dari kendang ketipung..

Alat Musik Tifa

alat musik ritmis tifa

Alat musik ritmis selanjutnya yaitu tifa, banyak orang yang belum tau betul dengan alat musik ini. Padahal alat musik ini juga bagian terpenting dalam sebuah pertunjukan. Perlu anda ketahui, Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari ujung timur Indonesia yakni Papua.
Pada dasarnya alat musik ritmis tifa ini mempunyai kemiripan dengan alat musik kendang. Hanya saja bentuk tabungnya yang ramping memanjang sehingga ketika memainkannya harus dengan posisi berdiri. Alat musik ini terbuat dari dari kayu pilihan dan kulit hewan, namun ada sedikit perbedaan yang mencolok dari bentuknya saja.
Bentuk tifa itu memanjang dan ramping pada bagian tengahnya. Sedangkan pada gendang itu bagian tengahnya membesar. Cara memainkan tifa ini dipukul samping berdiri seperti hal dengan kendang. Ketika memainkannya juga tidak sembarangan, harus bisa memadukan antara tifa satu dengan lainnya.
Karena Karena pada dasarnya setiap jenis Tifa memiliki suara yang berbeda, sehingga harus dipadukan dengan paduan yang pas agar menghasilkan suatu irama yang baik dan enak didengar. Alat musik tifa ini juga mempunyai beberapa jenis diantaranya tifa jekir, tifa jekir potong, tifa dasar, tifa potong dan tifa bas.
Setiap jenis Tifa memiliki irama suara yang berbeda, Dengan begitu alat musik ini ketika memainkannya harus dipadukan secara bersama untuk menghasilkan sebuah suara yang enak didengar. Pada dasarnya alat musik ini mempunyai nama tersendiri seperti seperti tihal atau tahito yang biasanya digunakan di wilayah-wilayah Maluku bagian Tengah. Sedangkan di pulau Aru, tifa memiliki nama yang berbeda yaitu dengan sebutan titir.

Baca Juga:

Lengkap 10 Contoh Alat Musik Harmonis, Beserta Gambarnya


Alat Musik Rebana

alat musik ritmis rebana

Alat musik ini mungkin sudah tidak asing juga ditelinga masyarakat yaitu rebana. Rebana merupakan gendang kecil yang memiliki bentuk pipih dan bundah. Alat musik ini berasal dari Jawa Timur, namun hampir menyeluruh alat musik ini terdapat disetiap daerah.
Selain terkenal dinegara sendiri, rebana juga sangat sangat di negara Asia Tenggara. Rebana sendiri memiliki bingkai yang berbentuk lingkaran, bingkai ini terbuat dari kayu yang dibubut. Terdapat bagian pada salah satu sisi yang berlapis kulit kambing ini untuk ditepuk saat dimainkan.
Salah satu sisinya ditutup dengan kulit kambing dan bagian inilah yang akan ditepuk dengan tangan. Pada umumnya rebana digunakan ketika ada acara kesenian seperti dalam acara kosidahan. Di negeri kita Indonesia ada beberapa jenis rebana yaitu rebana banjar, rebana bang, jidor, kompang marawis, samroh, dan hadroh.
Dengan banyaknya jenis rebana yang ada, sehingga alat musik ini banyak terdapat di berbagai daerah khususnya Jawa Timur. Seperti yang diokatakan diatas, alat musik ini mereka gunakan untuk mengiringi lagu kasidah dan lainnya.

Alat Musik Kastanyet

alat musik ritmis Kastanyet
Kastanyet merupakan alat musit ritmis yang tergolong sangat unik. Alat musik ini terdiri sepasang kepingan kayu keras yang berbentuk cekung atau gading. Cara memainkan kastanyet adalah dengan cara meletakannya di tangan kiri, lalu tangan kanan menepuk tangan kiri yang memegang kastanyet.
Pada umumnya alat musik ini digunakan untuk mengiringi tarian-tarian yang berasal dari Spanyol. Selain digunakan untuk mengiri tarian alat musik ritmis kastanyet ini biasa dipakai untuk istrumen pekusi. Sepasang tongkat kayu silinder yang di klik bersama-sama untuk membuat suara bernada tinggi clave yang menandai dalam musik latin. Selain terbuat dari kayu alat musik ini banya ditemukan terbuat dari  bahan sintetis.

Alat Musik Timpani

Alat Musik Ritmis Timpani

Timpani atau kettledrum adalah alat musik mempunyai kemiripan dengan alat musik drum, cara memainkan alat musik timpani ini dengan cara dipukul dengan mallet timpani. Alat musik terbuat dari kayu yang memiliki diamerter kurang lebih 2 cm.
Pada ujung dari mallet timpani ini dibalut oleh bola kapas yang terbuat dari bulu kambing atau biri-biri. Bulu tersebut pada umumnya dari negara-negara Eropa. Selain memiliki tekstur yang sangat lembut, bulu tersebut mempunyai kualitas yang bagus. Tabung timpani sendiri terbuat dari fiber atau kuningan yang berbentuk menyerupai mangkok.
Namun ada beberapa pemain timpani yang berpendapat bahwa timpani yang menggunakan bahan logam. Hal tersebut karena logam dapat mengeluarkan efek suara yang lebih jernih dan mantap.
Berdasarkan dengan ukurannya alat musik ini memiliki banyak ukuran. Sesuai diameternya alat musik terdari dari ukuran  yang terkecil adalah 20 inch, 23 inch, 26 inch, 29 inch.  Dan ukuran 33 inch ini ukuran yang paling terbesar dibandingkan dengan lainnya.

Alat Musik Marakas

alat musik ritmis marakas

Marakas termasuk ke dalam alat musik tradisional. Marakas adalah sebuah alat musik ritmis tradisional, suara rincik dan semarak yang dihasilkan oleh marakas ini lebih identik dengan suasana angin laut yang segar di daerah pantai.
Cara memaikan marakas ini cukup dengan menggoyangkannya saja, maka sudah bisa menghasilkan buni. Saat digoyangkan marakas akan menghasilkan bunyi hal ini terjadi karena di dalam marakas terdapat butiran kecil. Marakas juga termasuk jenis alat musik perkusi autophones atau idiophones.
Bunyi yang dihasilkan dari alat musik ritmis marakas terjadi karena terdapat butiran-butiran kecil yang terdapat di dalamnya. Marakas sendiri termasuk ke dalam jenis alat musik perkusi autophones dan juga idiophones. Alat musik ini juga menjadi bagian terpenting dari musik salsa, cuba, charanga, rumba, dan trova ensemble.

Alat Musik Konga

alat musik ritmis konga

Konga adalah alat musik yang mempunyai kemiripan dengan alat musik kendang. Yang membedakan terletak pada bentuknya, bentuk alat musik ini berbentuk memanjang lonjong. Sehingga keunikan tersebut menjadi salah satu ciri khas pada alat musik konga.
Alat musik ritmis tradisional yang satu ini terbuat dari kayu yang pilihan dan melapisi permukaan atasnya menggunakan kulit. Kulit hewannya pun tidak sembarangan, biasanya kulit tersebut menggunakan kulit kerbau atau sapi.
Cara memainkan alat musik konga ini dengan cara dipukul dengan menggunakan kedua tangan. Dengan pukulan sederhana alat musik mampu menghasilkan bunyi yang khas. Untuk menghasilkan bunyi yang bagus, alat musik ini dipandukan dengan alat musik lainnya.
Untuk sebagai penyangga, alat musik ini terbuat dari besi. Penyangga tersebut bertujuan agar posisi konga bisa seimbang ketika dimainkan.

Alat Musik Drum

alat musik ritmis drum

Alat musik selanjutnya ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda, pada umumnya alat musik ini disebut dengan nama drum. Drum adalah alat musik yang dipukul dengan alat bantu berupa tongkat panjang yang dinamakan stick drum. Pada era kuno alat musik ini hanya terdiri dari kulit yang direntangkan pada sebuah penyangga.
Namun di zaman yang sudah modern ini, banyak sekali pabrik yang memproduksi drum yang mempunyai kwalitas lebih bagus. Bahkan di pasaran alat musik satu ini banyak yang terjual bukan terdiri dari kulit saja, melainkan dari plastik yang kokoh.
Di dunia ini banyak jenis drum yang sudah tersebar diberbagai manca negara. Salah satu jenis drum diataranya kendang, timpani, konga dan masih banyak lagi jenisnya. Ketika kita berfikir tentang alat musik drum, pasti pikiran yang pertama bagian-bagian yang terdapat di drum tersebut.
Pada umumnya alat musik drum ini terdiri dari simbal, snare drum dan lainnya. Dari semua bagian tersebut, ketika dimainkan bersama akan menghasilkan suara yang bagus. Pada umumnya alat musik ini dimainkan oleh orang yang sudah profesional. Pemain drum professional tersebut disebut dengan julukan nama drummer.


Baca Juga:

Lengkap 12 Contoh Alat Musik Melodis, Beserta Gambarnya

 

Alat Musik Simbal Tangan

alat musik simbal tangan

Simbal tangan adalah alat musik tradional ini sudah terkenal di kalangan masyarakat. Simbal sendiri dapat dikatakan alat musik kuno karena alat musik ini sudah dimainkan sejak zaman nenek moyang kita. Alat musik yang berbentuk bulat pipih ini terdiri dari dua lempeng yang terbuat dari logam yang cukup keras.
Pada bagian tengah simbal ada bagian yang menonjol, hal ini untuk menghasilkan bunyi yang nyaring. Negara yang paling terkenal dalam pembuatannya yaitu negara Trki. Cara memainkan simbal ini sangat mudah, dari anda mungkin sudah tahu betul dengan cara memainkan alat musik ini.
cara memainkannya dengan cara membenturkannya atau menggesekannya satu sama lain. Pada umumnya simbal tangan ini dipakai pada acara marching band. Selain itu alat musik simbal ini juga menjadi bagian terpenting dalam musik perkusi.

Alat Musik Tamborin

alat musik ritmis tamborin

Tamborin adalah alat musik ritmis yang berasal dari daerah Eropa yang mana pada awalnya dimainkan oleh kelompok musik tentara Turki, Janissaries. Pada umumnya alat musik ini digunakan untuk mengiringi lagu yang berirama riang.
Alat musik ini mempunyai bentuk yang sangat simpel, pada umunya alat musik ini berbentuk setengah lingkaran yang terbuat dari logam. Pada setiap sisinya terdapat logam bulat kecil yang sangat tipis dipasang rangkap yang brtujuan agar menghasilkan bunyi ketika digoyangkan.
Pada zaman dahulu alat musik ini sebagai penambah variasi warna suara dalam pertunjukkan musik. Bahkan hingga alat musik tamborin masih terus dimainkan dalam sebuah band maupun ensembel musik klasik. Selain terbuat dari plastik terdapat juga tamborin yang terbuat dari kulit.
Cara memainkan alat musik tamborin ini sangat mudah, cukup dengan menggoyangkan alat ini. Sehingga nanti akan keluar bunyi. Untuk mendapatkan bunyi yantg bagus, alat musik ini harus diperpadukan dengan alat msuik lainnya.

Alat Musik Triangle

alat musik ritmis triangle

Triangle merupakan salah satu contoh alat musik ritmis modern, sesuai namanya alat musik ini mempunyai tiga sudut. Alat musik ini berbentuk segitiga dan terbuat dari bahan logam. alat musik ini akan menghasilkan bunyi ketika dipukul menggunakan stick pada bagian sisi luar.
Selain itu, alat musik ini juga sering cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan pemukul logam pula. Alat musik triangle termasuk ke dalam kategori alat musik perkusi idiofoni. Triangle dapat menghasilkan suara dari getaran seluruh badannya.

Meskipun penampilan triangle ini sangat sederhana, namun dalam memainkannya tidaklah semudah yang kita bayangkan. Bahkan alat musik ritmis ini meskipun hanya dimainkan sekali dalam beberapa bar namun bisa juga dimainkan dengan atraktif dan variasi. Triangle pada umumnya dimainkan pada musik-musik slow, seperti pop, jazz, atau dangdut.

Demikian pembahasan mengenai alat musik ritmis dan cara memainkannya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Terima kasih !

Post a comment for "Contoh Alat Musik Ritmis Modern dan Tradisional Terlengkap"

Loading...
loading...