Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Senjata Tradisional Riau di Lengkapi dengan Gambar dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Riau – Provinsi Riau yang mempunyai beragam budaya dan adat istiadat yang sudah berkembang dari keberadaannya masyarakat Melayu, salah satunya juga memiliki senjata tradisional yang khas dan perlu dilestarikan.
Riau yang merupakan provinsi penghasilkan kekayaan alam terbanyak di Indonesia dari mulai minyak bumi, gas alam, kelapa sawit, karet, hingga perkebunan, juga pernah kehilangan 2.45 juta hektar hutan pada tahun 2009, yang menyebabkan deforestasi hutan.
Nah, jangan sampai terulang kembali hilangnya kekayaan alam di Riau yaitu salah satunya dengan melestarikan senjata tradisional khas Riau. Berikut 4 senjata tradisionalnya:

1. Senjata Tradisional Riau – Keris

Senjata Khas Riau
Keris yaitu senjata tradisional yang telah dipakai sejak berabad-abad lalu. Tidak hanya di Riau saja, keris juga pada umumnya digunakan oleh bangsawan-bangsawan di Asia Tenggara. Keris yang merupakan alat pertahanan diri jarak dekat ini juga menjadi sebuah simbol kehormatan.
Sejak masa kerajaan, keris memang memmpunyai kedudukan sebagai simbol kehormatan. Sebagai bentuk perlindungan juga sebagai kebanggaan. Sampai sekarang, dalam adat dan budaya Melayu Riau, selalu mengikursertakan keris dalam busana mereka sebagai pelengkap turun-temurun.
Jika pakaian keris yang terdapat di pulau Jawa yaitu dengan menyimpan keris yang diselipkan di bagian pinggang belakang, maka di Riau dan masyarakat Melayu umumnya menyimpan keris dalam busana mereka yaitu di depan.

Baca Juga:

Senjata Tradisional Jawa Tengah di Lengkapi dengan Gambar dan Penjelasannya


2. Senjata Tradisional Riau – Beladau

 

Beladau atau pisau belati merupakan salah satu senjata tradisional Riau yang telah dipergunakan oleh masyarakat Melayu dan Indonesia pada umumnya. Beladau sendiri awal dikenal di daerah Sumateradan Kepualauan Riau hingga Mentawai.
Balada ini adalah senjata tradisional sejenis senjata tikam dan senjata sayat yang mempunyai panjang sekitar 24 cm.

3. Senjata Tradisional Riau – Kelewang

Kelewang senjata asli Riau 
Senjata tradisional khas Riau selanjutnya yaitu kelewang. Kelewang yaitu senjata sejenis golok yang sejak jaman dahulu sudah digunakan oleh para prajurit. Namun untuk sekarang, masyarakat Riau menggunakan senjata ini untuk keperluan pertanian.

4.    Senjata Tradisional Riau – Pedang Jenawi

Pedang tradisional Riau
Ternyata pada jaman dulu masyarakat Riau menggunakan senjata pedang untuk berperang. Pedang Jenawi yang merupakan senjata tradisional berupa pedang ini digunakan oleh para pahlawan dan palima perang jaman dulu. Panjang pedang ini sekitar 1 meter.

Baca Juga:

6 Senjata Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambarnya


5.    Senjata Tradisional Riau – Badik Tumbuk Lada

Badik tumbuk lada senjata dari Riau
Badik tumbuk lada merupakan salah satu senjata tradisional dari Riau yang harus dilestarikan.
Demikian penjelasan singkat terkati senjata tradisional yang mudah-mudahan pengetahuan kita semua dan dapat melestarikannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share. Terimakasih.

Searches related to Senjata Tradisional Riau
  • senjata tradisional kepulauan riau dan penjelasannya
  • senjata tradisional riau pedang jenawi
  • keris riau
  • alat musik adat riau
  • senjata tradisional melayu deli
  • senjata tradisional dari jambi
  • senjata tradisional melayu kalimantan barat
  • tarian tradisional riau

Post a Comment