Wednesday, 21 February 2018

Resep Cara Membuat Bajigur Bandung Hanjuang Jahe Spesial

loading...
Minuman tradisional Sunda atau Bandung ini memang pada dasarnya terbuat dari rempah rempah alami tanpa bahan kimia sedikitpun. Hal ini memang salah satu ciri khas resep minuman tradisional dari daerah manapun. Jaman dahulu bahkan hampir semua makanan dan minuman terjaga kualitasnya karena memang menggunakan bahan alami. Selain tanpa bahan pengawet, bahan bahan dan cara membuat bajigur ini juga sangat mudah. Jadi kalau di rumah cuaca dingin atau turun hujan, maka tidak ada salah nya kita menyajikan resep bajigur spesial ini untuk keluarga di rumah.
Minuman hangat memang sangat digemari di Bandung ataupun daerah Sunda lainnya. Mungkin karena memang daerah Bandung, Puncak ataupun sekitarnya memang suhunya lumayan dingin. Maka dari itu banyak sekali variasi minuman hangat yang populer dan terkenal dari daerah Jawa Barat ini. Seperti contoh wedang ronde, sekoteng, badrek dan resep bajigur ini. Nah buat orang awam mungkin agak sulit membedakan antara aneka resep minuman tersebut. Tetapi dari bahan dan cara membuatnya saja sebenarnya masing masing mempunyai ciri khas sendiri sendiri.

Perbedaan Bajigur dan Badrek

Walaupun sama sama khas Bandung atau Sunda, ternyata kedua minuman tradisional tersebut mempunyai perbedaan lho. Meskipun sama sama mempunyai ciri khas minuman yang disajikan saat cuaca dingin tetapi kalau dirasakan ternyata terdapat perbedaan diantara kedua resep minuman tradisional tersebut. Kalau sekilas melihat bahan untuk membuat bajigur atau badrek memang mirip. Tetapi kalau lebih jeli resep bajigur hanjuang yang kita buat ini lebih sedikit menggunakan jahe. Jadi memang kalau dibandingkan tingkat kehangatan antara kedua minuman khas Bandung tersebut berbeda. Selain itu bahan lain seperti santan dan gula merahnya membuat citarasanya lebih enak dan nikmat diminum saat cuaca lagi dingin.

Manfaat Bajigur Buat Kesehatan Tubuh

Selain enak, ternyata resep bajigur ini mempunyai banyak manfaat lho buat kesehatan tubuh. Ya karena memang terbuat dari berbagai rempah alami maka banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari segelas wedang bajigur ini. Walaupun memang cara membuat bajigur Bandung ini sederhana tetapi ini bermanfaat sekali untuk mencegah hipertensi dan masalah pencernaan lho. Selain itu minuman tradisional khas Sunda ini juga bagus untuk mencegah anemia, menjaga kolesterol, mencegah obesitas dan lainnya.

Resep Bajigur Hanjuang

Pada jaman modern seperti saat ini kebanyakan orang memang lebih suka yang praktis. Begitu juga dengan selera makanan dan minuman mereka. Nah salah satunya yaitu bajigur hanjuang ini. Minuman bajigur sachet siap seduh ini memang sangat praktis dan mudah membuatnya. Walaupun biasanya dijual sudah dalam bentun minuman instan, tetapi kita juga bisa membuatnya dengan bahan bahan alami lho. Tentu saja dengan bahan aslinya citarasanya tentu lebih hangat dan khas.

Bahan dan Cara Membuat Bajigur Spesial

Untuk membuat wedang bajigur yang harum dan enak sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Sama seperti juga seperti minuman tradisional lainnya seperti STMJ, Plethok, Sekoteng, Ronde dan lainnya. Bahan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapat. Jadi kita bisa membuat bajigur hanjuang ini sendiri di rumah perlu repot repot membelinya. Supaya lebih mantap rasanya memang sebaiknya menggunakan santan asli dari perasan kelapa. Tetapi tidak ada bisa juga menggunakan santan instan 2 bungkus yang dicampur dengan air sampai sebanyak 1 liter cairan. Untuk jahe bisa menggunakan jahe gajah yang mudah dibeli di penjual sayur. Tetapi kalau suka pedas, bisa diganti dengan jahe merah ataupun jahe emprit yang bentuknya kecil tersebut.
resep cara membuat bajigur
cara membuat bajigur Bandung

Bahan

  1. Bahan utama adalah santan kurang lebih sebanyak 1 liter.
  2. Jahe yang sudah dikupas kemudian dibakar sebentar kurang lebih sebanyak 50 gram atau sesuai selera. Memarkan atau geprek sebelum direbus.
  3. Daun pandan kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  4. Gula merah yang sudah disisir secukupnya atau kurang lebih sebanyak 150 gram.
  5. Kopi bubuk yang aromanya kuat kurang lebih sebnayak 2 sendok kecil.
  6. Kayu manis kurang lebih sepanjang 5 cm.

Bahan tambahan optional

  1. Garam dapur secukupnya sesuai selera (optional kalau dirasa kurang gurih).
  2. Gula pasir secukupnya sesuai selera (optional kalau dirasa gula merahnya kurang manis).

Cara membuat bajigur

  1. Siapkan panci yang terbuat dari stainles dengan api sedang kecil kemudian tuang santan yang sudah dipersiapkan.
  2. Masukkan kayu manis bersama dengan jahe yang sudah dimemarkan dan daun pandang kemudian aduk aduk sampai tercampur rata dan harum baunya.
  3. Masukkan gula merah yang suda disisir kemudian aduk aduk kembali sampai santannya mendidih.
  4. Tes rasa dan kalau dirasa kurang gurih atau manis bisa ditambahkan gula pasir atau garam dapur kemudian aduk kembali.
  5. Setelah matang siap disajikan dan beri hiasan supaya lebih menarik.

Artikel Terkait