Tuesday, 27 February 2018

Resep Cara Membuat Brownies Kukus Pandan Lembut Sederhana

loading...

Tips Cara Membuat Resep Brownies Kukus Pandan

Kumpulan Resep Makanan - Seiring dengan perkembangan jaman dan dunia perbakingan, saat ini tentu lebih mudah dan praktis untuk membuat suatu resep kue. Seperti juga resep donat kentang dan resep brownies pandan kukus ini juga. Kalau dahulu mungkin kita melihat orang tua yang membuat masakan dengan aroma pandan pasti harus membutuhkan daun pandan dalam jumlah yang cukup banyak bukan. Selain untuk aromanya juga diambil airnya buat pewarna resep kue basah tersebut. Tetapi sekarang cara membuat kue brownies kukus pandan ini tentu lebih simpel. Kita bisa menggunakan pasta pandan sehingga lebih simpel dan praktis bukan. Tentu pasta pandan yang dipilih harus berkualitas bagus supaya aroma dan rasa pandannya nanti benar benar keluar. Untuk tips membuat kue brownies kukus anti bantat lainnya bisa dilihat dibawah ya.
  1. Gunakan tepung, garam dan bahan kering lainnya yang berkualitas.
  2. Bahan kering seperti tepung, garam dan baking powder harus lembut dan tidak mengumpal. Sebaiknya selalu disaring atau diayak terlebih dahulu. Terutama baking powder karena bisa membuat tekstur di dalam kue nya nanti bantat dan berlubang.
  3. Sebelum loyang isi adonan brownies dimasukkan kedalam panci, pastikan air didalam panci kukusan harus sudah mendidih.
  4. Saat mengukus resep brownies pandan ini sebaiknya menggunakan api sedang saja. Jangan terlalu besar supaya kuenya matang merata.
  5. Selalu alasi tutup panci dengan serbet atau kain yang bersih dan kering ya. Hal ini supaya tetesan uap air kukusan tidak jatuh lagi kedalam loyang adonan dan membuat kuenya nanti bantat dan terlalu encer.
  6. Saat melepas kue dari loyang saat sudah agak dingin ya supaya matangnya merata.
  7. Kalau ingin memberikan topping seperti cream chesse, coklat atau parutan keju tunggu sampai permukaan atau kue nya benar benar dingin ya.
resep brownies kukus pandan sederhana
Resep brownies kukus pandan ini memang spesial dan unik. Pada umumnya kan resep kue brownies itu selalu mempunyai identik dengan warna dan rasa coklat bukan. Seperti brownies amanda dan resep lainnya yang sudah pernah kita posting sebelumnya. Nah supaya tidak bosan kali ini kita akan berikan resep kue brownies pandan kukus spesial yang lembut teksturnya. Pas sekali untuk sajian kue di rumah atau dinikmati bersama dengan semangkuk resep salad buah yang segar. Resep brownies kukus ini terinspirasi dari kumpulan resep kue kukus Ny Liem yang memang sudah sangat populer. Tentu saja dengan sedikit perubahan di bahan dan cara membuat brownies kukus pandan supaya lebih simpel dan praktis.
loading...
Bahan Brownies Kukus Pertama
  • Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Baking powder pilih yang double action supaya mengembang sempurna kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  • Ovalet atau cake emulsifer merek lain kurang lebih sebanyak 8 gram ya.
  • Putih telur ayam kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Telur ayam diambil kuningnya saja kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Vanila halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 130 gram.
  • Susu bubuk dancow atau full cream kurang lebih sebanyak 20 gram.
Bahan Kedua
  • Coklat blok putih kurang lebih sebanyak 80 gram.
  • Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 60 gram.
  • Margarin kurang lebih sebanyak 60 gram juga. Kalau ingin rasanya lebih gurih, margarin bisa diganti dengan mentega juga ya.
  • Pasta pandan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok teh saja.
  • Cream cheese kurang lebih sebanyak 80 gram saja. Kalau enggak ada bisa dihilangkan. Atau bisa diganti juga dengan keju parut tetapi langsung dicampur dengan adonan tidak perlu dilumerkan.
Bahan tambahan
  • Bahan tambahan untuk topping sesuai selera.
  • Bisa menggunakan cream cheese dengan parutan keju atau hanya menggunakan parutan keju juga bisa.
resep cara membuat brownies kukus pandan
cara membuat brownies kukus pandan ekonomis
Cara membuat brownies kukus pandan
  1. Pertama siapkan dulu panci untuk mengukus resep brownies pandan nya dan isi air secukupnya dengan api sedang. Tunggu sampai mendidih sambil menyiapkan bahan lainnya.
  2. Setelah itu cairkan dan lelehkan bahan brownies kukus kedua sampai cair. Tim atau rebus dengan wadah diatas air mendidih kemudian aduk sampai semua bahan mencair dan tercampur. Sisihkan sambil menunggu dingin.
  3. Olesi loyang yang akan dipakai dengan kertas roti atau bisa juga menggunakan sedikit margarin dan taburi dengan sedikit tepung.
  4. Ambil wadah dan masukkan tepung terigu, vanila halus, baking powder dan susu bubuk full cream.
  5. Aduk kemudian ayak dengan saringan sampai halus dan tidak ada gumpalan kemudian sisihkan.
  6. Ambil wadah mixer kemudian masukkan putih telur, kuning telur, ovalet dan gula pasir. Kocok dan mixer sampai adonan brownies tadi mengembang dan kelihatan kental.
  7. Tuang campuran tepung terigu yang sudah diayak tadi sambil diaduk menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Tuang margarin dan bahan lain yang sudah dilelehkan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk kembali dengan spatula sampai semua bahan tercampur rata.
  9. Setelah itu tuang adonan brownies kukus pandan tadi kedalam loyang yang sudah dialasi tadi.
  10. Masukkan loyang tadi kedalam panci kukusan yang sudah mendidih airnya.
  11. Beri kain bersih diatasnya kemudian tutup panci dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama 40 menitan.
  12. Setelah matang leluarkan dan diamkan sebentar supaya uang panasnya keluar.
  13. Setelah itu keluarkan dari loyang dan diamkan sampai benar benar dingin sebelum diberi topping sesuai keinginan.

Artikel Terkait