Tuesday, 6 March 2018

Cara Memasak Resep Tempura Udang Goreng Ebi Furai ala Resto

loading...

Tips cara membuat resep udang tempura supaya renyah dan empuk

Kumpulan Resep Makanan - Sebenarnya cara membuat tempura udang goreng, ikan dan sayuran ini sederhana dan praktis. Tidak beda jauh dengan cara membuat udang goreng tepung atau resep seafood goreng yang pernah kita berikan sebelumnya. Cuma memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya udang tempura yang kita bikin nanti renyah dan enak seperti tempura di hoka hoka bento. Paling mudah sih kalau kita menggunakan tepung tempura Jepang. Tinggal mencelupkan dengan tepung itu dan menggoreng, jadilah resep tempura udang renyah seperti di hoka hoka bento. Tetapi sayangnya harga tepung tempura ini agak mahal. Selain itu juga agak susah dan sulit untuk membeli tepung tempura yang asli Jepang. Untuk itu kali ini kita akan berikan bahan dan bumbu untuk memasak udang tempura dari bahan-bahan sederhana.
Sebenarnya resep tempura udang dan resep ebi furai itu ada perbedaannya lho. Tidak banyak sih, cuma sedikit beda di adonan tempura yang digunakan untuk membungkus udangnya sebelum digoreng. Kalau resep udang tempura adonannya sedikit encer dan tipis. Kalau resep ebi furai hoka hoka bento lebih kental dan menggunakan bread crumb atau tepung roti. Tampilannya tentu lebih menarik ebi furai karena lebih gendut dan berisi. Kalau rasanya sih lebih krispy tempura udang.

Karena Resep tempura udang ini terbuat dari udang yang digoreng, maka kesegaran udang menjadi salah satu faktor utama. Untuk membuat tempura udang atau ebi furai yang lezat, udang yang dipakai harus segar. Untuk jenis udangnya bisa disesuaikan dengan stok yang ada di rumah saja. Udangnya sendiri harus sudah dibersihkan dari kotoran dan kepala udang. Untuk membuat resep udang tempura dan ebi furainya nanti tidak bengkok saat digoreng, kulit harus dibuang dan sisakan saja kulit di bagian ekornya. Luruskan udang setelah dicuci sampai benar benar lurus dan buat 2 sampai 3 keratan di bagian perutnya supaya nanti tidak bengkok saat digoreng. Supaya renyah, udang yang sudah dibalut dengan adonan tepung tempura harus digoreng di minyak yang sudah panas.

Bahan untuk membuat tempura udang
  1. Bahan utamanya adalah udang galah, windu atau jerbung segar ukuran sedang atau besar kurang lebih sebanyak 400 gram.
  2. Merica halus secukupnya sesuai selera.
  3. Tepung maizena secukupnya sesuai kebutuhan. Bisa juga nanti ditambah dengan tepung panir atau tepung roti yang tidak terlalu kasar supaya lebih tebal.
  4. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  5. Tepung terigu yang sudah diayak halus kurang lebih sebanyak 1 cup (bahan pencelup udang tempura).
  6. Air es kurang lebih sebanyak 1 cup juga. Air harus benar-benar dingin ya (bahan pencelup udang tempura).
  7. Telur ayam ukuran sedang besar dalam kondisi dingin kurang lebih sebanyak 1 butir (bahan pencelup udang tempura).
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempura udang.
Cara membuat tempura udang sederhana
  1. Pertama cuci udang dengan air bersih dan buang kepala dan kulitnya (kecuali kulit bagian ekor dan 1 ruas jari diatasnya) dan tiriskan.
  2. Sayat miring atau kerat beberapa bagian perut udang dan ujung ekor supaya airnya keluar dan tiris.
  3. Luruskan dan rentangkan udang diatas alas talenan kemudian tusuk bagian punggung udangnya dengan tusuk gigi supaya lurus.
  4. Tekan bagan punggung udang dengan lembut supaya benar-benar lurus.
  5. Ambil garam dapur dan taburkan di udang sampai rata (kecuali bagian ekor).
  6. Ambil merica bubuk dan taburkan juga sampai rata kemudian sedikit remas dengan lembut supaya meresap.
  7. Masukkan kedalam kulkas sebentar supaya meresap.
  8. Ambil satu wadah dan tuang air es yang sudah disiapkan.
  9. Tuang telur ayamnya dan kocok sampai tercampur rata.
  10. Ambil wadah lain dan tuang tepung terigunya.
  11. Tuang air telur kedalam tepung sambil diaduk sampai rata. Jaga suhu tetap dingin. Bisa dialasi dengan wadah lain dibawahnya yang berisi es batu supaya tetap dingin.
  12. Panaskan wajan dan beri minyak agak banyak. Tunggu sampai minyak benar-benar panas supaya lebih renyah.
  13. Ambil udang dan taburi dengan tepung maizena sampai rata di seluruh tubuh.
  14. Masukkan udang kedalam adonan tempura basahnya. Untuk membuat tempura lebih gendut, setelah dicelup bisa ditaburi kembali dengan tepung panir.
  15. Masukkan kedalam wajan penggorengan dan masak hingga matang dan berubah warna kecoklatan. Kunci supaya lebih renyah adalah adonan pencelup yang dingin dan minyak goreng yang panas.
  16. Untuk menjaga suhu minyak, jangan terlalu banyak memasukkan udang tempuranya ya.
  17. Angkat dan sajikan bersama saus tempura, mayonise atau saus sambal.

Artikel Terkait