Saturday, 17 March 2018

Cara Membuat Resep Kue Bawang Gurih

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Kue kering bawang memang salah satu resep cemilan yang sangat populer di negara kita. Oleh karena itu banyak sekali penjual kue bawang ini dengan mudah kita temukan di tengah-tengah kita. Tetapi memang tidak semua penjual tersebut terpercaya. Banyak ditemukan kue kering bawang baik yang bentuk stik ataupun persegi yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Belum lagi banyak diantara resep kue bawang yang dijual tersebut menggunakan bahan penyedap rasa MSG dalam jumlah banyak dan sudah kita ketahui bersama kurang baik buat kesehatan. Apalagi kalau dikonsumsi dalam waktu yang lama dan oleh anak-anak. Untuk itu memang lebih baik kalau kita bikin resep bawang ini sendiri di rumah. Teman-teman tidak perlu khawatir, cara membuat kue bawang renyah dan gurih cukup mudah kok.

Ada dua macam bentuk resep kue bawang ini yang bisa kita buat dengan mudah di rumah. Bentuk seperti cheese stik atau kecil panjang, bentuk garpu dan bentuk persegi empat atau persegi panjang. Tergantung selera masing-masing mengkreasikannya. Untuk bahan-bahan dan cara membuatnya sama kok. Kalau kebetulan orang di rumah suka sekali dengan makanan pedas, resep bawang ini bisa juga ditaburi dengan bubuk cabai yang pedas untuk meningkatkan citarasanya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan-bahan resep kue kering bawang dibawah ini.
loading...

Bahan-bahan Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung serbaguna yang sudah diayak sampai halus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  2. Baking powder kualitas bagus sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil supaya lebih renyah (bisa dihilangkan kalau tidak ada).
  3. Santan yang tingkat kekentalannya sedang kurang lebih sebanyak 50 ml saja.
  4. Tepung tapioka atau tepung sagu kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Ayak sampai halus sebelum digunakan supaya kotorannya tidak terbawa.
  5. Margarine yang bagus kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  6. Telur yang sudah dikocok lepas kurang lebih sebanyak 1 butir saja (ukuran sedang besar).
  7. Daun bawang yang sudah dirajang sampai halus untuk tambahan hiasan secukupnya.
  8. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (bumbu yang dihaluskan).
  9. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (bumbu yang dihaluskan).
  10. Merica halus atau bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja (bumbu yang dihaluskan).
  11. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja (bumbu yang dihaluskan).
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan resep bawangnya.

Cara Membuat Kue Bawang Yang Mudah dan Praktis

  1. Langkah pertama siapkan satu wadah adonan kemudian masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan baking powdernya.
  2. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata kemudian siapkan tempat di tengah adonan untuk menuang telurnya.
  3. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas sebelumnya ke dalam wadah adonan (bagian tengah yang sudah dipersiapkan) kemudian aduk-aduk menggunakan alat bantu spatula sampai semua bagian tercampur rata (kalau ada gumpalan nanti dihaluskan saat menguleni).
  4. Haluskan dan uleg bawang merah, bawang putih, garam dapur dan lada bubuk sampai halus.
  5. Masukkan bumbu resep kue bawang diatas yang sudah dihaluskan ke dalam panci kecil bersama dengan margarin dan santan kemudian masak sambil tetap diaduk sampai mendidih.
  6. Tuang kedalam wadah adonan pertama kemudian aduk-aduk kembali menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  7. Masukkan daun bawang yang sudah dirajang halus kemudian aduk-aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai semua bahan tercampur rata, tidak ada gumpalan tepung dan kalis adonannya.
  8. Tes rasa terlebih dahulu dan tambahkan garam dapur beryodium atau penyedap rasa ayam kalau suka kemudian uleni kembali sampai rata.
  9. Ambil adonan secukupnya kemudian masukkan ke dalam gilingan mie sampai didapat ketebalan yang dinginkan.
  10. Potong adonan yang sudah digiling dengan bentuk memanjang seperti stik atau persegi. Ulangi sampai adonan habis.
  11. Siapkan wajan penggorengan dengan minyak goreng yang cukup banyak.
  12. Masukkan adonan kue yang sudah dibentuk dan masak sampai matang dan berwarna coklat keemasan kemudian tiriskan. Ulangi sampai semua sudah digoreng sempurna.
  13. Tunggu sampai dingin terlebih dahulu kemudian pindah ke dalam toples atau wadah hidangan lainnya supaya renyahnya tahan lama.
Resep Kue Bawang Renyah
Resep Kue Bawang Renyah dan Enak
NOTE : Kalau tidak punya gilingan mie, solusinya adalah adonan bawang dibuat bentuk panjang terlebih dahulu. Kemudian potong lurus menjadi kecil atau kurang lebih sebanyak 16-21 bagian. Setelah itu per potongan kecil dipipihkan dengan tangan atau botol kaca kemudian gunting kecil-kecil lagi. Untuk yang ingin membuat bentuk garpu, setelah adonan jadi ambil sedikit adonan bawangnya kemudian tekan dengan bagian belakan garpu sambil dipipihkan. Setelah itu gulung sehingga berbentuk sesuai yang diinginkan. Untuk yang mau membuat kue bawang pedas, campurkan bubuk cabai secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok teh) saat mencapur adonan di langkah pertama.

Artikel Terkait