Thursday, 22 March 2018

Cara Membuat Resep Telur Asin Bebek Ayam Khas Brebes

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga resep masakan telur yang lain, untuk membuat telur asin yang enak dan masir bagian dalamnya membutuhkan telur bebek atau ayam yang berkualitas bagus. Untuk mendapatkan bahan yang bagus cukup mudah kok. Tinggal rendam di dalam wadah berisi air dan telur yang tenggelamlah yang berkualitas bagus karena banyak mengandung manfaat buat tubuh kita. Kalau teman teman menemukan ada telur bebek atau ayam yang melayang, sebaiknya jangan digunakan untuk membuat resep telur asin karena biasanya nanti hasilnya tidak akan tahan lama dan mata telurnya nanti akan jelek kualitasnya.

Tips lainnya yang harus diperhatikan adalah kulit telur harus digosok dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum memulai proses pencampuran dengan bahan lain supaya nanti tampilannya benar benar bersih dan tidak ada bercak bercaknya kotor di cangkang telurnya. Selain itu, gunakan telur bebek atau ayam yang masih fresh karena nanti daya tahannya juga lebih lama. Untuk teman teman penggemar telur asin, dibawah kita berikan dua cara untuk membuatnya sendiri di rumah, yaitu resep telur asin kering dan cara membuat telur asin basah.

Cara Membuat dan Bahan Resep Telur Asin Kering Yang Praktis

  1. Telur Bebek atau Ayam ukuran sedang besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 sampai 15 butir. Bersihkan dengan air hangat dan gosok telur terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan bahan lain.
  2. Bubuk bata merah secukupnya atau kurang lebih sebanyak 800 gram saja.
  3. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 900 gram saja.
  4. Abu gosok secukupnya atau kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  5. Air secukupnya untuk mencampur adonan supaya lembek.
  6. Cara Membuatnya : Buat adonan untuk membungkus telurnya dengan cara mencampur abu gosok 2 bagian, bubuk bata merah 2 bagian dan garam dapur 3 bagian.
  7. Campur bahan bahan diatas sampai rata dan beri sedikit air secukupnya sambil diaduk aduk sampai terbentuk adonan seperti pasta.
  8. Ambil telur kemudian bungkus dengan adonan pasta diatas sampai semua bagian tertutup rata dengan ketebalan secukupnya (0.3 cm -1 cm saja).
  9. Untuk menjaga proses ini, telur bisa dibungkus kembali dengan plastik supaya tidak terlepas adonannya. Ulangi sampai semua telur sudah dibungkus.
  10. Letakkan telur di kuali tanah atau bisa juga menggunakan ember plasti kemudian diamkan kurang lebih selama 16 hari (lebih lama lebih baik dan bagian dalam telur lebih masir).
  11. Setelah waktu pengeraman selesai, keluarkan telur, buang adonan pastanya dan kemudian bersihkan sampai benar benar bersih.
  12. Rebus telur atau kukus sampai matang dan telur asin ala Brebes sudah siap dihidangkan.

Bahan Bahan Dan Cara Membuat Telur Asin Metode Basah Yang Praktis

  1. Telur bebek yang baru dan fresh kurang lebih sebanyak 12-25 butir saja tergantung ukurannya. Jangan lupa pilih telur yang tenggelam kemudian bersihkan dengan air hangat dan gosok supaya pori pori di kulit luarnya terbuka dan tiriskan sampai benar benar kering.
  2. Air yang benar benar bersih (bebas bau, kapur, kaporit) secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 liter saja. Sebaiknya memakai air isi ulang atau air mineral kemasan.
  3. Garam dapur untuk memberikan citarasa asinnya sesuai selera tau kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja.
  4. Cara Membuatnya : Langkah pertama, letakkan telur dalam wadah yang mempunyai tutup, bisa menggunakan ember atau wadah plastik lainnya seperti tupperware.
  5. Ambil wadah lain dan masukkan air bersih beserta garam dapur yang sudah dipersiapkan.
  6. Aduk aduk kedua bahan tersebut sampai benar benar rata. Air bisa sedikit dipanaskan supaya mudah bercampur dengan garam dapurnya, tetapi air hrus sudah benar benar dingin sebelum dicampurkan dengan telurnya.
  7. Masukkan air larutan garam diatas yang sudah dingin ke dalam wadah pertama yang berisi telur sampai semua bagian telur terendam semua. Kalau ada telur yang tidak tenggelam, berikan beban diatasnya, tetapi jangan sampai pecah (bisa berupa air yang dimasukkan plastik untuk membuatnya tenggelam).
  8. Tutup wadah plastik berisi telur diatas dan simpan selama kurang lebih 13 hari sampai 15 hari (bisa lebih lama sampai 21 hari supaya benar benar meresap dan lebih awet).
  9. Setelah waktu pengeraman selesai, rebus telur atau kukus di atas dandang sampai matang dan siap disajikan.

Artikel Terkait