Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Kawah Candradimuka di Banjarnegara Jawa Tengah


Cintaindonesia.web.id - Dalam epos Mahabarata, tokoh Gatotkaca dilahirkan didalam wujud raksasa. Oleh Batara Guru, Gatotkaca yang masih bayi lalu dibawa ke Kawah Candradimuka yang sangat panas. Tubuh Gatotkaca kemudian dicelupkan ke dalam kawah untuk menghilangkan sisi jahat yang ada pada dirinya (sifat raksasa). Panasnya air di kawah ini lalu membuat Gatotkaca menjadi gagah perkasa.

Di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah ada sebuah kawah yang dinamakan sesuai dengan nama kawah tempat penyucian Gatotkaca, yakni Candradimuka. Dinamakan seperti itu, dikarenakan suhu air di kawah ini dapat mencapai lebih 100 derajat Celcius.

Kawah Candradimuka sendiri terbilang masih baru dijadikan sebagai kawasan wisata. Oleh Pemerintah Banjarnegara, lokasi ini baru dipromosikan sebagai tujuan wisata di tahun 2001.

Suasana di Kawah Candradimuka

Di tempat ini, terdapat 3 (tiga) kawah aktif. Tiba di parkir tempat wisata, para pengunjung harus menuruni anak tangga guna mencapai ketiga kawah yang ada disini. Meskipun tidak terlalu jauh, anak tangga menuju ke kawah cukup licin, ditambah lagi dengan kabut yang keluar akibat panasnya kawah yang membuat perjalanan harus ekstra hati-hati.

Para engunjung yang datang ke Kawah Candradimuka ini tidak dikenai biaya tiket. Hanya saja, jalan menuju ke tempat ini tidak terlalu baik. Jalan menuju tempat ini berliku dan juga belum dilapisi aspal.

Tempat ini juga masih belum dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang umumnya ditemukan di tempat-tempat wisata. Tidak ada pos penjaga ataupun kamar kecil serta penjual makanan dan minuman.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment