Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Memasak Ayam Bakar Kecap Pedas Manis Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Bahan bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat masakan ayam bakar pedas manis ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan resep ayam bakar kecap yang sudah pernah kita  berikan di sini. Bahan dan rempah yang digunakan juga tidak berbeda jauh dengan resep ayam bakar kalasan, ayam bakar sunda atau yang lainnya. Cuma memang ada beberapa komposisi bahan dan bumbu resepnya yang ditambah atau dikurangin untuk memberikan citarasa spesial dan berbeda dengan resep masakan ayam yang dibakar yang lain. Asal komposisi jumlah bahan bumbu yang digunakan tepat dan mengikuti tips cara membuat ayam bakar kecap pedas yang kita berikan, seorang remaja putra pun dengan mudah bisa membuat resep masakan ayam spesial untuk menu pergantian tahun nanti.
Seperti juga resep ayam kalasan, ayam bakar taliwang atau resep ayam lainnya, pemilihan daging ayam yang akan digunakan menjadi salah satu faktor penting untuk membuat resep masakan Indonesia ini rasanya enak dan lezat. Selain itu, pemilihan kecap manis atau kecap pedas yang akan digunakan untuk membuat bumbu ayam bakar kecap pedasnya juga harus benar benar diperhatikan. Gunakan kecap kental kualitas bagus supaya rasanya nanti benar benar otentik dan lezat. Karena resep ayam bakar pedas manis ini nanti sudah diolah terlebih dahulu, saat membakar atau memanggang ayamnya tidak perlu terlalu lama. Cukup sebentar saja untuk menimbulkan aroma khas bakaran. Satu tips yang harus diperhatikan untuk membuat ayam bakar yang enak dan lezat yaitu saat proses pembakaran daging ayam sesekali diolesi sisa bumbunya dan dibalik supaya matangnya merata dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging yang paling dalam.

 

Bahan bahan Membuat Resep Ayam Bakar Kecap Pedas

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam yang segar ukuran sedang besar sebanyak 1 ekor. Sebaiknya menggunakan ayam kampung supaya hasilnya lebih joss, tetapi bisa juga menggunakan ayam potong asal kondisinya masih segar.
  2. Daun salam kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  3. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  4. Kecap manis kental kualitas premium. Bisa juga menggunakan kecap pedas manis supaya citarasa lebih pedas.
  5. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.3 liter saja.

 

Bahan Bumbu Ayam Bakar Pedas Manis Kecap

  1. Buah cabai merah keriting segar kurang lebih sebanyak 8-10 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi selera.
  2. Buah cabai merah keriting yang segar secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 7-9 buah.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Kupas kulit bawangnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan diuleg.
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs. Kupas kulit luarnya lalu iris iris supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  5. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa saja. Potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  6. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa. Kupas kulit luarnya sebelum dihaluskan.
  7. Ketumbar supaya aroma dan rasanya lebi gurih kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  8. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa saja.
  9. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

 

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Peda Manis Beserta Tipsnya

  1. Langkah pertama potong ayam yang akan digunakan sebanyak 4-6 potong kemudian cuci bersih dengan air mengalir sampai benar benar bersih.
  2. Haluskan berbagai macam bahan bumbu diatas, seperti jahe, kunyit, kemiri, cabai, lengkuas dan lainnya sampai benar benar halus. Bisa diblender atau disarankan diuleg secara manual supaya aroma dan rasanya nanti keluar.
  3. Ambil satu wadah cukup besar dan masukkan daging ayamnya kemudian lumuri dengan bumbu ayam bakar yang sudah dihaluskan diatas sampai merata dan semua bagian daging ayamnya tertutupi bumbunya.
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai 40 menit supaya bumbunya meresap. Disarankan untuk meletakkan di dalam lemari pendingin supaya kesegaran daging ayamnya terjaga.
  5. Setelah bumbunya meresap, siapkan panci dengan api sedang dan masukkan air bersih, lengkuas, daun salam dan air asamnya. Masak sampai daging ayamnya empuk dan bumbunya meresap ke daging dan menyusut airnya.
  6. Setelah air bumbunya menyusut dan dagingnya empuk, matikan lalu angkat dan tiriskan sebentar.
  7. Siapkan panggangan, oven atau wajan serbaguna. Bakar daging ayam yang sudah dibumbui diatas sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbunya.
  8. Jangan lupa sesekali dibalik supaya matang merata kemudian angkat. Ulangi sampai semua daging ayam bakarnya dibakar.

Post a comment for "Resep Cara Memasak Ayam Bakar Kecap Pedas Manis Spesial"

Loading...
loading...