Thursday, 15 March 2018

Resep Cara Memasak Nasi Goreng Kambing Bumbu Spesial Tanpa Bau

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tentu saja selain bumbu nasi goreng kambing dari rempah-rempahnya, cara membuat nasi goreng kambing nya juga harus diperhatikan. Terutama untuk cara mengolah daging kambingnya supaya tidak bau prengus. Hal ini yang biasanya menjadi masalah buat ibu-ibu atau remaja putri yang berniat membuat resep nasi goreng kambing yang enak dan lezat. Karena memang pada dasarnya tekstur daging kambing ini kalau tidak benar mengolahnya malah menimbulkan bau prengus yang tidak enak pada masakan yang kita buat. Untuk itu resep nasi goreng kali ini menggunakan bumbu rempah yang berkhasiat juga untuk menghilangkan bau prengus tersebut. Selain itu, daging kambing yang digunakan tidak boleh dicuci terlebih dahulu. Sebagai gantinya, daging yang sudah kita potong-potong nanti direbus dengan air mendidih. Buang busa dan kotoran yang muncul untuk menggantikan proses mencuci dagingnya.

Mungkin ada diantara kita yang pernah membuat nasi goreng tetapi hasil akhirnya menjadi lembek dan tidak enak dipandang (apalagi dimakan :)). Kebanyakan dari kita yang belum pengalaman memang hanya memperhatikan bumbu nasi goreng nya saja. Padahal nasi yang digunakan untuk resep nasi goreng kambing ini juga harus diperhatikan. Kalau biasanya penjual nasi ini menggunakan nasi yang pera atau agak keras yang berasal dari beras pera. Nah untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan nasi yang dimasak dari semaleman sehingga agak keras dan tidak lembek. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat dan bumbu nasi goreng kambing spesial di bawah ini.

Bahan-bahan Resep Nasi Goreng Kambing Spesial

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah nasi pera kurang lebih sebanyak 3 piring – 4 piring ukuran standar. Bisa juga menggunakan nasi yang sudah dimasak dari hari kemarin, yang penting jangan nasi yang teksturnya lembek.
  2. Daging kambing segar yang belum dicuci kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja. Potong daging kambing bentuk kotak sesuai selera.
  3. Kecap kental manis kualitas bagus secukupnya sesuai selera.
  4. Kayu manis kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  5. Lada halus atau bubuk secukupnya sesuai selera. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera masing-masing.
  7. Daun salam atau juga bisa menggunakan daun bay 1 lembar saja. Cuci bersih sebelum dicampur dengan bumbu lainnya.
  8. Minyak samin secukupnya untuk menumis bumbunya supaya lebih harum dan enak.
  9. Air bersih secukupnya untuk merebus daging kambingnya.

Bahan Bumbu Nasi Goreng Kambing Ala Kebon Sirih Yang Mudah dan Praktis

  1. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 siung saja.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  3. Cabai merah dan cabai rawit yang sudah dicuci bersih secukupnya sesuai selera masing-masing.
  4. Cengkeh kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
  5. Kapulaga kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  6. Jintan halus atau jintan bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  7. Kunyit secukupnya atau bisa juga memakai yang sudah dibuat menjadi bubuk kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing Dengan Bumbu Spesial

  1. Langkah pertama siapkan panci dan isi air secukupnya. Rebus sampai mendidih kemudian masukkan daging kambingnya dan masak sampai setengah empuk. Jangan lupa buang busa dan kotoran yang mengambang supaya bau prengusnya hilang kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Ambil cobek dan haluskan dengan tangan bumbu nasi gorengnya, seperti buah cabai, bawang putih, bawang merah, cengkeh, kapulaga, kunyit, garam dapur sedikit saja dan jintannya sampai benar-benar halus.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak samin secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 gr saja.
  4. Masukkan bumbu nasi goreng kambing yang sudah dihaluskan diatas ke dalam penggorengan bersama dengan kayu manis dan daun salamnya kemudian aduk-aduk sampai tercium bau harum khas.
  5. Masukkan potongan daging kambing yang sudah hampir empuk diatas kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Tambahkan air kaldu bekas rebusan diatas secukupnya (jangan terlalu banyak) kemudian masak kembali sambil sesekali diaduk sampai dagingnya empuk dan airnya mengental.
  7. Tuang nasi pera yang sudah dipersiapkan sebelumnya kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata dengan bumbu dan daging kambingnya.
  8. Tuang kecap manis kental diatas nasi gorengnya bersama dengan lada halus kalau suka kemudian aduk-aduk kembali sampai semua bagian benar-benar rata.
  9. Cek rasa dan tambahkan garam dapur beryodium atau kecap kalau diperlukan kemudian aduk-aduk kembali sampai benar-benar rata dan angkat.

Artikel Terkait