Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Memasak Sup Ayam Makaroni Bumbu Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga jenis resep sup ayam lainnya, sop ayam makaroni ini juga menggunakan bumbu yang bisa dibilang sangat sederhana, seperti bawang merah, bawang putih dan beberapa sayuran. Kelezatan yang timbul dari resep sup ayam makaroni ini berasal dari kuah kaldu yang dibuat. Untuk itu, pemilihan daging ayam yang digunakan harus diperhatikan. Usahakan menggunakan ayam kampung supaya aroma dan rasanya lebi gurih. Kalau tidak teman teman bisa menggunakan ayam potong yang mempunyai banyak tulang seperti bagian sayap atau dada tulangnya. Untuk cara membuat dan bahan bahan bumbu lengkapnya, teman teman bisa melihatnya di bawah ini.

 

Bahan bahan Resep Sop Ayam Makroni Spesial

Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah sayap ayam ukuran sedang besar sebanyak 3-4 potong. Bisa juga menggunakan bagian ayam yang lain, terutama yang bertulang supaya kaldunya nanti kental, enak dan gurih rasanya.
Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 400 ml saja.
Kol yang kondisinya masih segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1/2 bagian saja. Cuci bersih lalu potong potong kecil sesuai selera.
Buncis segar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-8 pcs saja. Cuci bersih buncisnya lalu iris iris kecil (kurang lebih sepanjang 2 cm saja).
Wortel segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2-3 buah. Kupas kulit luarnya lalu iris iris kecil sesuai selera.
Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 1-2 batang saja. Cuci bersih lalu iris iris kecil sesuai selera.
Kentang ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu iris kotak kotak kecil sesuai selera.
Daun seledri segar sesuai selera. Cuci bersih lalu iris iris halus daun seledrinya.
Makaroni kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 gengaman tangan saja.
Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu sop ayamnya.

 

Bahan Bumbu Sop Ayam Dengan Makaroni

Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja. Kupas kulit bawang merahnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 siung saja. Kupas kulit bawangnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
Kaldu ayam bubuk kualitas bagus secukupnya sesuai selera. Gunakan yang berkualitas untuk menambah citarasa di kuah kaldunya.
Lada putih halus secukupnya sesuai selera.
Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

 

Cara Membuat Sup Ayam Makaroni Yang Mudah Dan Cepat

Langkah pertama cuci bersih sayap ayam yang akan digunakan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotoran.
Haluskan bumbu bumbu yang akan digunakan, seperti bawang merah, bawang putih, kaldu ayam, gula, garam dan lada sampai benar benar halus.
Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Masukkan bumbu sop yang sudah dihaluskan diatas lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
Tuang air bersih yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk aduk supaya tercampur dengan bumbunya sampai mendidih airnya.
Masukkan sayap ayam yang sudah dicuci bersih sebelumnya ke dalam wajan penggorengan diatas lalu masak sampai daging ayamnya matang dan empuk. Jangan lupa sesekali diaduk aduk supaya tercampur dengan bumbu lainnya.
Setelah daging ayamnya matang, masukkan bermacam sayuran yang sudah dipotong sebelumnya, seperti kentang dan wortel kemudian aduk aduk sebentar dan masak sampai matang.
Masukkan makaroninya lalu aduk aduk sebentar sampai makaroninya matang.
Setelah semuanya matang, masukkan potongan daun seledri, daun bawang, kol dan potongan buncisnya kemudian aduk aduk sebentar sampai semua bahan matang.
Cicipi dahulu dan tambahkan garam dapur, gula pasir atau kaldu ayam kalau diperlukan.
Setelah semuanya empuk kemudian angkat dan sajikan di mangkuk hidangan.

Post a comment for "Resep Cara Memasak Sup Ayam Makaroni Bumbu Spesial"

Loading...
loading...