Monday, 12 March 2018

Resep Cara Membuat Bola Bola Coklat Kacang Keju Oreo

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Cara membuat kue bola bola coklat ini sebenarnya bisa dibuat dengan berbagai macam bahan. Tidak hanya dengan marie regal atau kue bola bola coklat oreo. Kita bisa memanfaatkan biskuit jenis lainnya ataupun cake lainnya. Untuk membuat resep bola bola coklat ini rasanya lezat dan legit, kunci utamanya sebenarnya ada di topping dan coklat batangan yang kita gunakan. Kita bisa menggunakan dark chocolate atau white chocolate yang sudah dilelehkan atau ditim. Untuk cara melelehkan atau tim yang baik, sebaiknya tidak langsung ditaruh di wadah dan dipanaskan dengan api yang menyala. Letakkan coklat batang nya diwadah kemudian taruh diatas panci yang berisi air yang direbus. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat aneka resep kue bola coklat dibawah ini saja ya.

1. Resep Bola Bola Coklat Kacang Yummy

  1. Bahan utamanya berupa biskuit marie regal kurang lebih sebanyak 8-9 pcs saja.
  2. Coklat blok atau coklat batangan merek sesuai selera kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Setengah bagian untuk membuat bola coklatnya, sisanya untuk celupan nantinya.
  3. Susu kental manis merek sesuai selera kurang lebih sebanyak 2 sachet saja (ukuran yang biasa dijual diwarung). Sebaiknya menggunakan rasa coklat, tetapi kalau yang putih juga boleh.
  4. Mentega yang gurih kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja. Supaya mudah tercampur dengan bahan lain, sebaiknya dicairkan terlebih dahulu.
  5. Kacang tanah yang sudah disangrai sampai matang kurang lebih sebanyak 75 gram sampai 100 gram saja. Bisa diganti juga dengan kacang mede kalau suka.
  6. Coklat putih batangan secukupnya untuk bahan toppingnya. Bisa dihilangkan atau diganti dengan parutan keju juga.

Cara Membuat Kue Bola-bola Coklat Kacang

  1. Langkah pertama hancurkan biskuit regalnya sampai benar-benar halus dan sisihkan.
  2. Kacang tanah yang digunakan jangan digoreng pakai minyak ya, harap disangrai kemudian hancurkan dan tumbuk kacang. Tapi jangan sampai halus, cukup kasar saja.
  3. Kemudian tim atau masak coklat batangan dan coklat putihnya sampai lumer kemudian sisihkan. Bagi 2 coklat yang 200 gram sama banyak, 1/2 bagian untuk adonan sisanya untuk celupan dan toppingnya.
  4. Setelah lumer, ambil 1/2 bagian atau 100 gram coklatnya dan aduk sampai rata bersama dengan susu sachet dan mentega yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Tuang marie regal yang sudah ditumbuk sampai halus bersama dengan kacang sangrainya kemudian aduk-aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur rata dan bisa dibentuk.
  6. Ambil adonan tadi secukupnya dan bentuk bulatan-bulatan seperti bola. Ulangi sampia habis.
  7. Ingat, jangan bentuk bolatan terlalu besar ya supaya tampilannya cantik tetapi juga jangan terlalu kecil. Sesuai selera saja.
  8. Setelah adonan terbentuk semua, diamkan di dalam lemari pendingin supaya mengeras selama kurang lebih 1/4 jam.
  9. Ambil bola cokatnya kemudian celupkan di coklat tim sampai rata terus langsung celup juga ke coklat putihnya sampai rata.
  10. Diamkan lagi di lemari pendingin sebentar kemudian siap dihidangkan atau disimpan di toples kedap udara buat stok camilan sehat di rumah.
Resep Bola bola coklat yummy
Resep Bola bola coklat mantap

2. Resep Kue Bola Bola Coklat Oreo

  • Bahan utamanya yang dibutuhkan berupa kepingan oreo rasa coklat secukupnya. Sebaiknya isinya dibuang supaya nantinya tidak tercampur antara rasa coklat dan isinya.
  • Coklat batangan merek sesuai selera secukupnya sesuai selera. Lelehkan atau tim sampai cair ya.
  • Meises atau butiran coklat sesuai selera secukupnya. Bisa memakai yang warna warni atau yang satu warna.
  • Susu kental manis rasa coklat secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Bola Coklat Oreo

  • Langkah pertama hancurkan dengan sendok biskuit oreo yang sudah dipersiapkan sampai benar-benar halus.
  • Masukkan susu kental manis coklatnya kemudian aduk-aduk sampai rata. Jangan terlalu banyak ya, cukup sampai adonan bisa dibentuk bulatan saja.
  • Ambil adonan coklat oreonya satu sendok kemudian bentuk dengan rapi seperti bola. Ulangi sampai adonan habis.
  • Siapkan coklat batangan yang sudah dilelehkan lalu masukkan bola coklat diatas kedalamnya.
  • Kemudian gulingkan adonan diatas kedalam piring berisi coklat butirannya dan bolak-balik sampai rata.
  • Ulangi sampai habis kemudian dinginkan di dalam freezer sampai beku sebelum dihidangkan atau disimpan untuk stok bekal anak-anak sekolah.

3. Resep Bola Bola Coklat Keju

  1. Bahan utamanya sama, yaitu biskuit seperti biskuit kelapa, oreo atau regal sesuai selera.
  2. Susu kental manis atau SKM rasa coklat secukupnya. Untuk merek sesuai selera atau stock yang ada di rumah saja ya.
  3. Mentega atau margarin yang rasanya gurih secukupnya sesuai selera.
  4. Meises atau coklat butiran secukupnya sesuai selera untuk toppingnya. Bisa diganti juga dengan keju parutan kalau suka.
  5. Air matang secukupnya sesuai selera. Jangan terlalu encer ya supaya nanti bagus bentuk bolanya.
  6. Dark coklat atau coklat putih batangan yang sudah ditim secukupnya.
  7. Keju chedar secukupnya sesuai selera. Potong keju kecil kecil kurang lebih sepanjang 1 cm. Bisa juga nanti diparut untuk topping luarnya.

Cara Membuat Kue Bola Coklat Keju

  1. Langkah pertama hancurkan biskuit atau oreo yang sudah dipersiapkan sampai benar-benar halus. Bisa dihancurkan menggunakan sendok atau nanti diblender dengan bahan lain kalau akan membuat dalam jumlah banyak.
  2. Tuang susu kental manis dan air matang yang sudah dipersiapkan kemudian aduk-aduk atau diuleni sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Masukkan mentega yang sudah dipersiapkan sebelumnya kedalam wadah adonan diatas kemudian aduk dan uleni lagi sampai semua bagian tercampur rata.
  4. Ambil adonan secukupnya kemudian tekan sampai pipih dan tipis.
  5. Ambil keju yang sudah dipoting sebelumnya dan letakkan diatasnya kemudian bentuk bulatan seperti bola. Jangan terlalu besar atau kecil ya.
  6. Ulangi sampai habis atau bisa juga dimasukkan sebentar bola coklat kejunya kedalam kulkas.
  7. Lelehkan coklat batangnya. Setelah dingin ambil bola coklatnya kemudian celupkan kedalam coklat yang sudah dilelehkan tadi sampai rata.
  8. Siapkan piring dan letakkan coklat butir atau parutan kejunya.
  9. Gulingkan bola coklat diatas kedalamnya sampai semua bagian tertutup rata.
  10. Ulangi sampai habis kemudian masukkan kedalam freezer sampai beku sebelum dihidangkan.

Artikel Terkait