Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kastengel Kraft Kue Keju Renyah Sederhana

Kumpulan Resep Makanan - Tips resep kastengel kraft berikutnya yaitu panggang agak lama dengan api kecil supaya lebih renyah dan matangnya merata sampai di bagian dalam resep kastengel keju kraft ini. Waktu memanggang kastengel ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi oven masing-masing ya. Tips cara membuat kastengel keju kraft supaya gurih tanpa banyak menggunakan keju bisa menggunakan kaldu ayam bubuk juga lho. Untuk tips membuat kue kering keju ini bisa dilihat di bawah ya bunda (dikumpulkan berdasarkan pengalaman beberapa teman).
  1. Pertama dan paling penting bahan untuk membuat adonan resep kastengel kraft keju ini harus pas takarannya.
    Ikuti semua langkah cara membuat kastengel keju kraft ini dengan berurutan ya.
  2. Tepung untuk membuat adonan kue kering lebaran ini sebaiknya di ayak sampai halus sebelum digunakan.
  3. Saat menggiling adonan, sebaiknya menggunakan sarung tangan supaya panas tubuh tidak membuat adonan kastengel keju ini terlalu lembek.
  4. Kuning telur untuk bahan olesan resep kastengel keju kraft sebaiknya dicampur dengan susu kental manis supaya lebih menempel dan tidak mengelupas saat sudah matang.
  5. Kalau tidak ada cetakan kastengel bisa diganti dengan menggiling adonan sampai rata kemudian iris sesuai dengan ketebalan dan panjang yang diinginkan.
  6. Oven yang digunakan sebaiknya dipanaskan dahulu sampai mencapai suhu yang ditentukan supaya nanti merata.
  7. Gunakan api kecil dan pindah posisi loyang ke atas dan kebawah supaya bagian dalam resep kastengel keju kraft ini matangnya merata.
  8. Tunggu sampai kuenya benar benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples lebaran.
Bahan Kastengel Kraft
  • Bahan utama berupa tepung terigu khusus kue kering (saya pakai merek kunci biru) kurang lebih sebanyak 400 gram saja.
  • Keju cheddar kraft yang sudah diparut halus kurang lebih sebanyak 200 gram.
  • Susu bubuk kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Telur diambil bagian kuning nya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Margarin butter kurang lebih sebanyak 300 gram saja (saya pakai merek blueband cake and cookies).
Bahan Olesan Kue kastengel Keju
  • Telur ayam diambil bagian kuningnya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Susu kental manis merek bebas kurang lebih sebanyak 0.25 sendok teh saja.
Bahan untuk topping
  • Keju kraft cheddar yangb sudah diparut besar secukupn ya sesuai selera.
Cara membuat kastengel kraft
  1. Pertama sangrai tepung yang akan digunakan kurang lebih selama 12 menit kemudian ayak dan sisihkan.
  2. Ambil wadah adonan kemudian tuang margarin dan kuning telurnya lalu kocok dengan kecepatan rendah sebentar saja (asal tercampur, kurang lebih cukup 1 menit saja).
  3. Masukkan keju kraft yang sudah diparut kedalam wadah adonan kemudian aduk pakai spatula kayu sampai rata (tidak perlu dimixer lagi).
  4. Tuang susu bubuk bersama dengan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya dan aduk-aduk kembali sampai tercampur rata semua bagian dan bisa dicetak (kalau adonan kelihatan masih agak lembek, bisa ditambahkan tepung lagi).
  5. Ambil adonan secukupnya kemudian giling dengan gilingan kayu sampai didapat ketebalan yang diinginkan (jangan terlalu tebal ya supaya nanti matangnya merata).
  6. Panaskan oven dan set di suhu 125 derajat atau 140 derajat menggunakan api bawah (tergantung dengan oven yang digunakan)
  7. Cetak menggunakan cetakan kastengel atau bisa juga dipotong dengan panjang sesuai selera. Ulangi sampai bahan habis dan tata di atas loyang.
  8. Olesi dengan campuran kuning telur dan susu skm nya dibagian permukaan kue kastengel keju nya kemudian taburi dengan parutan keju.
  9. Setelah itu masukkan loyang kedalam oven dan kecilkan api nya lalu panggang sampai matang atau kurang lebih selama 20 sampai 25 menit.
  10. Saat proses pemanggangan resep kastengel kraft ini sesekali dicek ya dan diatur penempatan loyang dari bawah ke atas supaya matangnya merata.
  11. Setelah matang keluarkan dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples kedap udara.
cara membuat kastengel keju kraft spesial
cara membuat kastengel keju kraft renyah
Walaupun harga jual kue kering lebaran ini pada umumnya mahal, ternyata cara membuat kastengel keju kraft ini lumayan mudah dan simpel bukan. Memang kalau dibandingkan dengan resep kastengel pada umumnya yang menggunakan keju keras, aroma nya memang kalah harum. Tetapi soal rasa resep kastengel keju kraft ini tidak kalah enak dan lembut bukan.

Post a Comment