Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Risoles Kentang Enak Renyah

Kumpulan Resep Makanan - Resep risoles kentang ini memang enak, sederhana dan pasti ekonomis karena bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat risoles isi kentang ini juga sedikit dan mudah dibeli di penjual sayur langganan kita. Apalagi kalau kita membeli kulit risoles yang sudah jadi. Jadi tinggal membuat adonan isi sesuai dengan selera lalu menggorengnya dan jadilah jajanan cemilan yang enak buat keluarga di rumah. Mau dibuat teman minum teh di sore, sajian saat ada keluarga atau tamu datang atau acara lainnya, kue risol kentang ini memang tepat.
Tetapi kalau saya sendiri sih lebih senang membuat kulit risoles kentangnya sendiri. Walaupun sedikit lebih ribet, tetapi yang pasti lebih higenis dan sehat. Soalnya kita kan tidak tahu bahan bahan pembuat kulit risol yang banyak dijual di pasaran apakah aman dan sehat buat konsumsi manusia. Walaupun tidak pasti, tetapi banyak penjual nakal yang suka menggunakan bahan bahan yang berbahaya untuk kepentingannya sendiri. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat kulit risoles kentang dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan bahan Resep Risoles Kentang Enak dan Sederhana

  1. Breadcrumb / tepung roti kualitas bagus atau bisa juga memakai tepung panir secukupnya untuk melapisi kulit risolesnya supaya terasa renyah.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1-2 pcs saja untuk mencelup risolnya sebelum ke tepung roti.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung saja. Kupas kulitnya lalu cincang sampai halus supaya aromanya keluar.
  4. Kentang kondisi bagus ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 pcs. Kupas kulit kentangnya lalu potong kotak kotak kecil.
  5. Wortel segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulit luarnya lalu potong kotak kotak kecil.
  6. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih daun bawangnya lalu iris iris kecil sesuai selera.
  7. Tepung terigu biasa sedikit saja untuk bahan isiannya supaya kelihatan lembut.
  8. Gula pasir sesual selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  10. Merica halus kalau suka secukupnya saja.
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng risolesnya nanti.
  12. Margarin secukupnya untuk menumis bumbu isiannya.

 

Bahan bahan Resep Kulit Risoles Renyah Enak dan Empuk

  1. Tepung terigu berprotein sedang kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Jangan lupa ayak tepung protein sedangnya sampai benar halus supaya hasil jadinya nanti empuk dan renyah di luar.
  2. Telur ayam biasa ukuran sedang besar 1 butir saja supaya kulitnya enak dan lembut.
  3. Margarin kualitas bagus yang sudah dilmuerkan sampai cair kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  4. Susu yang sudah dicairkan terlebih dahulu kurang lebih sebanyak 275 ml saja.
  5. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil atau bisa ditambahkan/dikurangi sesuai selera.

 

Cara Membuat Resep Kue Risoles Kentang dan Kulitnya

  1. Pertama kali kita akan membuat kulit risolesnya sebelum membuat isinya.
  2. Siapkan satu tempat bersih dan pecahkan telur ayam kemudian masukkan ke dalam wadahnya beserta 1/4 garam dapurnya. Aduk aduk dan kocok semua bahan sampai tercampur rata supaya tidak ada bagian yang keasinan nantinya.
  3. Masukkan susu cair yang sudah dipersiapkan sebelumnya sedikit demi sedikit kedalam wadah diatas. Jangan lupa sambil diaduk aduk sampai habis supaya adonannya nanti merata sempurna.
  4. Tuang tepung terigu protein sedangnya di tempat berbeda lalu masukkan adonan susu diatas sedikit demi sedikit sampai habis. Jangan lupa saat memasukkan sususnya sambil diaduk aduk supaya adonannnya merata dan sampai kalis. licin.
  5. Tuang margarin yang sudah dilumerkan sebelumnya ke adonan diatas sambil tetap diaduk aduk supaya benar benar rata dan tidak ada gumpalan gumpalan adonan. Jangan lupa cicipi dulu dan tambahkan garam dapur kalau dirasa kurang gurih.
  6. Siapkan teflon atau wajan kecil anti lengketnya dengan api sedang kecil.
  7. Ambil adonan secukupnya lalu dadar tipis tipis sampai matang. ulangi untuk adonan berikutnya sampai habis kemudian sisihkan.
  8. Sekarang kita akan membuat adonan isinya.
  9. Panaskan minyak secukupnya lalu masukkan bawang putih cincangnya dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas bawang putih.
  10. Masukkan potongan kentang kemudian irisan wortelnya dan beri sedikit air bersih kemudian masak sampai matang sambil diaduk aduk supaya matangnya merata.
  11. Masukkan sedikit tepung terigu, gula pasir, garam dapur beryodium, merica bubuk, daun bawangnya lalu aduk aduk sampai matang dan mengental kemudian angkat.
  12. Ambil satu lembar kulit risolesnya dan kemudian beri bahan isiannya diatas seckupnya. Lipat dengan rapi dan tutup sempurna supaya isinya nanti tidak tercecer saat akan digoreng.
  13. Pecahkan telur ayamnya dan aduk aduk sebentar sampai tercampur rata.
  14. Masukkan risoles yang sudah diberi isi diatas dan celupkan ke dalam telur kemudian gulingkan ke breadcrum/tepung rotinya sampai semua bagian tertutup rata.
  15. Ulangi sampai semua adonan dan kulitnya habis.
  16. Siapkan penggorengan dan beri minyak cukup banyak. Tunggu sampai panas dan goreng risoles isi kentang diatas. Jangan lupa dibalik supaya tidak gosong. Masak sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

Post a Comment