Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep CaraMemasak Soto Daging Bening dan Santan Lengkap

Tips Membuat Resep Soto Daging Sapi Gurih dan Lezat

Kumpulan Resep Makanan - Walaupun ada banyak variasinya, padahal sebenarnya bumbu soto daging sapi yang dipakai pada intinya hampir sama, yaitu menggunakan bumbu rempah yang cukup banyak dan berani. Tetapi tidak sebanyak resep masakan gulai lho ya. Memang salah satu kunci cara buat soto daging sapi ini ataupun resep masakan berkuah lainnya memang terletak pada bumbu yang digunakan. Kalau irit bumbu, biasanya rasanya juga kurang lezat dan enak. Berbagai macam bumbu harus berani, dalam artian jangan irit. Walaupun begitu, bumbu yang digunakan dalam cara membuat soto daging santan atau bening harus juga sesuai dengan resep ya. Kalau takarannya tidak pas, biasanya nanti rasanya juga sedikit aneh.
Selain bumbu soto daging bening ataupun soto santan nya, kuah yang enak dan lezat juga tergantung pada daging yang digunakan. Gurih dan lezatnya kuah resep soto bening dan santan nya memang tergatung juga dari daging sapi. Air rebusan atau air kaldu inilah yang dicampur dengan bumbu yang membuat resep masakan soto daging yang kita buat nanti rasanya lezat dan bikin ketagihan. Daging yang digunakan tidak boleh sembarangan lho. Tergantung juga jenis masakan apa yang akan kita buat. Tetapi pada umumnya supaya kuah kaldunya gurih, daging sapi yang dipakai harus sedikit berlemak atau yang biasanya disebut juga daging sandung lamur. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan bumbu dan cara membuat soto daging bening dan santan dibawah ini ya.

1. Resep soto daging bening
Daerah yang terkenal dengan kelezatan jenis ini adalah soto boyolali, soto solo, soto betawi dan lainnya. Kuahnya yang lebih encer daripada yang versi santan memang membuatnya lebih segar. Pas sekali untuk menu resep masakan sehari hari atau buat menu sahur saat puasa. Buat yang tidak terlalu suka dengan kuah yang kental, resep soto daging bening ini pas sekali untuk pilihan sajian hidangan resep masakan sehari hari di rumah.

Bahan soto daging bening
  • Bahan utamanya adalah daging sapi dengan sedikit lemak atau sandung lamur kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Kaldu bubuk instan rasa sapi kurang lebih sebanyak 1 kotak atau blok saja. Bisa dihilangkan atau diganti dengan kaldu sapi non MSG.
  • Lengkuas ukuran sedang besar yang sudah dimemarkan kurang lebih sepanjang 1 jari orang dewasa.
  • Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Batang serai yang sudah digeprek kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar saja.
  • Kunyit yang sudah digeprak kurang lebih sebanyak 2 cm saja.
  • Jahe ukuran sedang besar yang sudah digeprak kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa.
  • Daun bawang yang sudah dirajang kecil kecil secukupnya sesuai selera.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 2.5 liter.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu soto.
  • Garam dapur dan gula pasir secukupnya sesuai selera.

Bahan bumbu soto daging
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs saja.
  • Merica bubuk secukupnya sesuai selera.
  • Ketumbar butiran kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan.

Bahan pelengkap soto
  • Bawang merah goreng secukupnya.
  • Seledri yang sudah dirajang halus secukupnya.
  • Tauge segar secukupnya sesuai selera. Sebaiknya menggunakan tauge pendek.
  • Sambal rawit ataupun sambal lainnya sesuai selera.
  • Kerupuk udang atau putih secukupnya sesuai selera.
  • Soon kalau suka.

Cara membuat soto daging bening
  1. Pertama cuci bersih daging dengan air mengalir kemudian rebus sampai empuk. Supaya cepat bisa menggunakan panci tekanan tinggi atau presto.
  2. Setelah empuk keluarkan kemudian potong potong kotak kemudian sisihkan.
  3. Air bekas rebusan atau air kaldu jangan dibuang ya. Saring dahulu supaya bersih dari kotoran kemudian sisihkan untuk membuat kuah soto daging bening nya.
  4. Ambil ulegan dan haluskan bahan bumbu soto daging diatas sampai halus.
  5. Siapkan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya kemudian masukkan bumbu halus diatas dan aduk-aduk sampai tercium wangi.
  6. Masukkan kunyit, lengkuas yang sudah dimemarkan, batang serai, jahe, kunyit dan daun salamnya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tadi layu.
  7. Masukkan bumbu soto daging tadi kedalam panci berisi air kaldu kemudian rebus kembali bersama dengan daging sapi yang sudah dipotong sampai mendidih.
  8. Tuang garam dapur, gula pasir, kaldu bubuk kalau suka, daun jeruk dan daun bawang kemudian aduk-aduk sampai mendidih beberapa saat dan tercampur rata.
  9. Tes rasa dan tambahkan garam dapur, gula atau kaldu bubuk kalau diperlukan.
resep soto daging bening sapi
resep soto daging bening istimewa

2. Resep Soto Madura
Resep soto madura merupakan alternatif buat teman teman yang suka dengan resep soto daging sapi bening. Bumbunya memang khas sehingga kelihatan lebih kental daripada soto bening biasanya. Perbedaanya terletak pada kemiri yang dipakai untuk bumbu soto daging madura ini. Selain itu kuahnya kelihatan lebih kental karena memang ditambahkan berbagai macam jeroan, seperti babat sapi. Untuk bahan resep dan cara membuat soto daging madura nya bisa dilihat di judulnya ya.

3. Resep soto daging santan
Kalau yang ini dari namanya sudah kelihatan bukan kuahnya lebih kental. Ya, karena menggunakan santan, kuah soto santan ini tentu lebih kental dan terasa lebih legit. Tetapi buat teman teman atau ada anggota keluarga yang sakit maag, sebaiknya lebih berhati-hati ya. Cara membuat soto daging santan ini sebenarnya sama, cuma ada beberapa bahan dan bumbu yang disesuaikan.

4. Resep Empal Gentong
Kalau melihat dari bumbu yang digunakan, sebenarnya resep empal gentong khas Cirebon ini juga termasuk keluarga soto. Kuahnya memang lebih kental dan lebih gurih karena memang menggunakan santan. Pada umumnya sih resep soto daging sapi ini menggunakan daging sandung lamur. Tetapi banyak juga yang menambahkan jeroan sapi supaya kuahnya lebih kental dan legit.
Resep Empal Gentong Cirebon
Resep Empal Gentong Cirebon Enak

5. Resep Soto Betawi
Sesuai namanya, resep soto daging santan ini memang berasal dari daerah Lenong atau Betawi. Perbedaan mendasar soto betawi dari jenis lainnya terletak pada bahan yang digunakan. Bahan bumbu soto betawi menggunakan santan sehingga rasanya lebih lezat dan lebih kental daripadan soto bening. Untuk bumbu apa saja yang digunakan dan cara membuat soto daging betawi nya bisa dilihat di link judulnya ya.
resep soto betawi asli
resep soto betawi enak bumbu asli
6. Coto Makassar
Dari namanya saja pasti teman teman sudah tahu bukan resep soto daging ini berasal dari daerah mana. Ya, selain sop konro nya yang terkenal, Makasar juga punya resep masakan soto yang wajib di coba juga. Perbedaan resep ini dengan resep masakan soto daging dari daerah lain terletak pada kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur di kuahnya. Mungkin mirip dengan soto sokaraja kali ya.

Post a Comment